Bagaimana Cara Memainkan Perahu Kertas?

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kalian pernah memainkan perahu kertas? Permainan ini merupakan salah satu permainan yang sering dimainkan oleh anak-anak di seluruh dunia. Permainan yang terbilang sederhana namun cukup menyenangkan.

Apa itu Perahu Kertas?

Perahu kertas adalah permainan yang terbuat dari kertas dan membentuk perahu. Permainan ini sangat populer di seluruh dunia dan biasanya dimainkan oleh anak-anak. Cara memainkannya terbilang sederhana dan tidak membutuhkan alat bantu yang rumit.

Sejarah Perahu Kertas

Perahu kertas pertama kali ditemukan pada masa Dinasti Tang di Cina pada abad ke-7. Tepatnya pada tahun 610 Masehi. Awalnya perahu kertas digunakan sebagai media pengiriman pesan rahasia. Namun pada akhirnya perahu kertas menjadi permainan yang populer di kalangan anak-anak.

Pada masa sekarang, perahu kertas masih menjadi permainan yang populer dan disukai oleh anak-anak di seluruh dunia. Selain karena mudah dimainkan, perahu kertas juga dapat menjadi sarana untuk mengasah kreativitas dan ketelitian.

Cara Memainkan Perahu Kertas

Cara memainkan perahu kertas terbilang sangat sederhana. Kalian hanya membutuhkan selembar kertas yang dapat dibengkokkan dan ditekuk menjadi perahu kertas.

Langkah Pertama

Siapkan selembar kertas persegi dengan ukuran yang seragam. Ukuran dapat disesuaikan dengan keinginan kalian. Namun, umumnya ukuran yang digunakan adalah 15×15 cm.

Langkah Kedua

Lipat kertas menjadi dua secara diagonal sehingga membentuk segitiga. Pastikan lipatan tersebut terdesak dengan baik.

Langkah Ketiga

Pulangkan kedua sisi segitiga hingga bertemu di tengah dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik.

Langkah Keempat

Lipat kedua atas ke bawah dan tekan lipatan tersebut. Kemudian buka kembali lipatan tersebut.

Langkah Kelima

Lipat kedua sisi yang terdapat pada lipatan sebelumnya ke tengah hingga membentuk sebuah segitiga kecil. Pastikan kedua sisi tersebut terdesak dengan baik.

Langkah Keenam

Pulangkan kedua sisi segitiga kecil yang terdapat pada lipatan sebelumnya hingga bertemu di tengah dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik.

Langkah Ketujuh

Lipat bagian bawah kertas ke atas hingga bertemu dengan lipatan sebelumnya dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik.

Langkah Kedelapan

Balikkan kertas sehingga lipatan terakhir yang kalian lakukan berada di atas. Tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik.

Langkah Kesembilan

Lipat kedua sisi kertas ke tengah dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik. Pastikan bagian bawah kertas tetap lurus.

Langkah Kesepuluh

Pulangkan kedua sisi kertas hingga bertemu di tengah dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik. Pastikan bagian bawah kertas tetap lurus.

TRENDING 🔥  Cara Buat Abon Ayam

Langkah Kesebelas

Lipat kedua sisi kertas hingga bertemu di tengah dan tekan lipatan tersebut agar terdesak dengan baik. Pastikan bagian bawah kertas tetap lurus.

Langkah Terakhir

Tekuk kedua sisi kertas ke arah bawah dan tarik bagian bawah kertas hingga membentuk sebuah perahu.

Cara Bermain Perahu Kertas

Setelah kalian berhasil membuat perahu kertas, selanjutnya kalian perlu mengetahui cara memainkannya. Berikut adalah cara memainkan perahu kertas:

Langkah Pertama

Cari kolam atau sungai yang cukup luas untuk memainkan perahu kertas. Pastikan tempat tersebut aman untuk dimainkan.

Langkah Kedua

Letakan perahu kertas yang telah kalian buat pada air dan biarkan perahu tersebut mengapung.

Langkah Ketiga

Tiuplah perahu kertas hingga perahu tersebut bergerak maju. Lakukan secara bergantian hingga salah satu perahu kertas mencapai garis finish.

Langkah Keempat

Jika perahu kertas kalian terbalik atau terdampar, maka kalian dapat membetulkannya dan memulai dari awal.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah perahu kertas hanya dapat dimainkan oleh anak-anak? Tidak. Perahu kertas dapat dimainkan oleh siapa saja, baik anak-anak maupun dewasa.
2. Dapatkah perahu kertas dimainkan di air tawar? Ya, perahu kertas dapat dimainkan di air tawar maupun air laut.
3. Bisakah perahu kertas dimainkan sendiri? Ya, perahu kertas dapat dimainkan sendiri atau dengan teman.
4. Bagaimana cara memenangkan permainan perahu kertas? Kalian dapat memenangkan permainan perahu kertas dengan cara membuat perahu kertas yang paling cepat sampai di garis finish.
5. Apakah perahu kertas dapat dimodifikasi? Ya, kalian dapat memodifikasi perahu kertas sesuai dengan keinginan kalian.

Demikianlah cara memainkan perahu kertas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Bagaimana Cara Memainkan Perahu Kertas?