Bagaimanakah Cara Menentukan Pikiran Pokok?

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah kamu sering merasa bingung ketika harus menentukan pikiran pokok? Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dibahas cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk menentukan pikiran pokok dengan mudah. Yuk, simak pembahasannya!

Pengertian Pikiran Pokok

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita bahas terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan pikiran pokok. Pikiran pokok adalah inti dari suatu bacaan yang ingin disampaikan oleh penulis. Pikiran pokok bisa berupa ide utama, tema, atau pesan yang ingin disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Setiap bacaan memiliki pikiran pokok yang berbeda-beda. Oleh karena itu, penting bagi pembaca untuk bisa menentukan pikiran pokok dengan benar agar bisa memahami isi dari bacaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menentukan pikiran pokok.

Membaca Secara Cermat

Salah satu cara yang paling efektif untuk menentukan pikiran pokok adalah dengan membaca secara cermat. Carilah kata-kata atau kalimat yang sering muncul dan memiliki hubungan erat dengan bacaan tersebut. Kata-kata atau kalimat tersebut kemungkinan besar merupakan bagian dari pikiran pokok.

Contohnya, jika kamu membaca sebuah artikel tentang manfaat olahraga, kata-kata seperti “sehat”, “aktivitas fisik”, dan “mencegah penyakit” kemungkinan besar merupakan bagian dari pikiran pokok.

Memahami Konteks

Memahami konteks juga sangat penting dalam menentukan pikiran pokok. Cobalah untuk mendapatkan gambaran umum tentang isi bacaan dan tujuan penulis dalam menuliskannya. Dengan memahami konteks, kamu bisa lebih mudah menentukan pikiran pokok yang ingin disampaikan oleh penulis.

Mencari Tanda-Tanda Khusus

Tanda-tanda khusus seperti judul, subjudul, dan kutipan juga bisa membantu kamu untuk menentukan pikiran pokok. Judul biasanya memberikan gambaran umum tentang topik yang akan dibahas dalam bacaan. Subjudul dan kutipan seringkali menyajikan informasi penting yang terkait dengan pikiran pokok.

Melakukan Ringkasan

Setelah membaca bacaan secara keseluruhan, cobalah untuk membuat ringkasan dari setiap paragraf. Dari ringkasan tersebut, kamu bisa menentukan kesimpulan atau pikiran pokok dari masing-masing paragraf. Selanjutnya, cobalah untuk mengkombinasikan pikiran pokok dari setiap paragraf untuk mendapatkan pikiran pokok dari keseluruhan bacaan.

Membuat Mind Map

Membuat mind map juga bisa membantu kamu untuk menentukan pikiran pokok dengan lebih mudah. Tuliskan kata-kata atau kalimat yang sering muncul dalam bacaan di tengah-tengah kertas. Selanjutnya, buat cabang-cabang yang terhubung dengan kata atau kalimat tersebut. Cabang-cabang tersebut mewakili ide-ide yang terkait dengan pikiran pokok. Dari mind map tersebut, kamu bisa mendapatkan gambaran umum tentang pikiran pokok dari bacaan.

TRENDING 🔥  Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami

Frequently Asked Questions (FAQ)

Pertanyaan Jawaban
Apa itu pikiran pokok? Pikiran pokok adalah inti dari suatu bacaan yang ingin disampaikan oleh penulis.
Apa yang harus dilakukan untuk menentukan pikiran pokok? Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain membaca secara cermat, memahami konteks, mencari tanda-tanda khusus, membuat ringkasan, dan membuat mind map.
Apa pentingnya menentukan pikiran pokok? Menentukan pikiran pokok sangat penting karena bisa membantu pembaca memahami isi dari bacaan dengan lebih baik.

Bagaimanakah Cara Menentukan Pikiran Pokok?