Penyebaran Bengkuang

>Hello Sohib EditorOnline, welcome to this journal article about “Bengkuang Berkembang Biak dengan Cara” in relaxed Indonesian language. In this article, we will discuss how to propagate bengkuang plants through various methods.

Berbiji

Bengkuang juga dikenal sebagai yam bean, jicama atau singkong Thailand. Tanaman ini dapat diperbanyak secara generatif melalui benih yang dihasilkan. Pada umumnya, biji bengkuang diambil dari polong berwarna cokelat yang terdapat di pohon bengkuang. Biji-biji ini kemudian dijemur selama satu atau dua hari agar kering, sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Sebelum menaburkan biji, terlebih dahulu perlu menyiapkan lahan yang cukup. Pertama, membersihkan lahan dari gulma dan sampah tertentu. Kedua, membajak tanah agar struktur tanah menjadi lembut dan mudah ditumbuhi. Jangan lupa untuk memberikan pupuk kandang atau pupuk organik lainnya pada lahan yang telah dibajak. Hal ini akan membantu mempercepat pertumbuhan bibit bengkuang.

Setelah semua persiapan selesai dilakukan, biji-biji bengkuang dapat ditanam di dalam tanah. Penanaman biji-biji ini sebaiknya dilakukan pada musim hujan, karena bibit bengkuang membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya. Selain itu, bibit sebaiknya ditandurkan pada ketinggian 2-3 cm dari permukaan tanah. Hal ini dilakukan agar bibit bengkuang dapat tumbuh dengan baik.

Setelah sekitar 2 minggu penanaman, bibit bengkuang akan tumbuh dan daunnya akan mulai nampak. Jangan lupa untuk memberikan pupuk secara teratur agar pertumbuhan bengkuang semakin optimal.

Berkarang

Metode lain untuk memperbanyak bengkuang adalah dengan cara stek. Stek adalah cara memperbanyak tanaman dengan menempelkan bagian batang, daun atau akar tanaman ke dalam media tanam sehingga tumbuh akar baru.

Caranya, pilihlah batang yang sehat dan berukuran besar. Kemudian, potonglah batang tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran sekitar 10-15 cm. Setelah itu, buatlah lubang tanah di lokasi yang telah dibersihkan dan tambahkan pupuk organik.

Tempelkan masing-masing bagian batang yang telah dipotong tersebut ke dalam lubang tersebut, sampai sekitar 2/3 bagian tertancap di dalam tanah. Setelah itu, tutuplah lubang dengan tanah dan tutup dengan plastik untuk menjaga kelembapan. Setelah beberapa waktu, nantinya akan muncul tunas dan akar baru.

Stecklinge

Metode terakhir adalah dengan cara Stecklinge. Stecklinge adalah teknik memperbanyak tanaman dengan cara memotong batang atau cabang dan menanamnya di tanah agar tumbuh menjadi ranting baru.

Caranya, pilihlah batang atau cabang yang sehat dan belum berbunga. Kemudian, potonglah batang atau cabang tersebut menjadi beberapa bagian dengan ukuran sekitar 20-30 cm. Setelah itu, simpan potongan tersebut dalam air selama beberapa jam agar menghasilkan akar baru.

Setelah akar baru muncul, anda dapat menanam potongan batang atau cabang tersebut di dalam lubang tanah yang telah dipersiapkan. Jangan lupa untuk menyiraminya secara teratur dan memberikan pupuk organik agar pertumbuhan bengkuang semakin optimal.

TRENDING 🔥  Cara Mengkafani Jenazah Laki-Laki
Pertanyaan Jawaban
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk bibit bengkuang tumbuh? Bibit bengkuang membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu untuk tumbuh setelah ditanam di dalam tanah.
Apakah bengkuang hanya dapat diperbanyak secara generatif? Tidak. Bengkuang juga dapat diperbanyak secara vegetatif dengan cara stek atau Stecklinge.
Apakah perlu memilih waktu tertentu untuk menanam biji bengkuang? Iya. Penanaman biji bengkuang sebaiknya dilakukan pada musim hujan, karena bibit bengkuang membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhannya.

Dengan mengetahui beberapa cara untuk memperbanyak bengkuang, diharapkan dapat membantu para petani atau pecinta tanaman untuk mengembangkan kebun bengkuang mereka dengan lebih mudah dan efisien.

Penyebaran Bengkuang