Cara agar HP tidak disadap

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering merasa khawatir bahwa HP-mu sedang disadap? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan 20 cara agar HP-mu tidak disadap. Simak dengan baik ya!

1. Gunakan Kode Keamanan

Setiap HP memiliki fitur kode keamanan yang dapat digunakan untuk mengunci HP-mu dari orang yang tidak dikenal. Pastikan kamu mengatur kode keamanan yang sulit ditebak dan hanya kamu yang mengetahui.

Untuk mengatur kode keamanan di HP android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih keamanan dan privasi.

Untuk mengatur kode keamanan di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih Touch ID & Passcode.

Dengan mengaktifkan kode keamanan, maka HP-mu akan lebih sulit untuk disadap.

Jika kode keamanan-mu sudah diterapkan, pastikan kamu tidak memberitahu kepada orang lain mengenai kode tersebut.

2. Aktifkan Fitur Pemblokiran Panggilan dan SMS

HP-mu juga dilengkapi dengan fitur pemblokiran panggilan dan SMS. Dengan mengaktifkan fitur ini, kamu dapat memblokir nomor yang tidak dikenal dan menghindari panggilan dan SMS dari nomor yang mencurigakan.

Untuk mengaktifkan fitur pemblokiran panggilan dan SMS di HP android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih panggilan atau pesan.

Untuk mengaktifkan fitur pemblokiran panggilan dan SMS di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih telepon atau pesan.

3. Jangan Mudah Percaya

Jangan mudah percaya dengan pesan atau panggilan dari seseorang yang tidak dikenal. Jangan memberikan informasi pribadi atau nomor verifikasi kepada orang yang tidak kamu kenal. Pastikan kamu mengetahui identitas orang yang sedang meminta informasi tersebut.

Jika kamu merasa curiga, sebaiknya abaikan panggilan atau pesan tersebut.

4. Gunakan Aplikasi Keamanan

HP-mu juga dilengkapi dengan aplikasi keamanan yang dapat membantu melindungi HP-mu dari serangan virus atau malware. Pastikan kamu menginstal aplikasi keamanan yang terpercaya dan biasanya dapat diunduh di Play Store atau App Store.

Aplikasi keamanan dapat membantu mencegah HP-mu dari serangan virus atau malware yang dapat membuka akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal.

5. Gunakan VPN

Jika kamu sering menggunakan jaringan internet publik seperti di kafe atau hotel, sebaiknya kamu menggunakan VPN. VPN dapat membantu melindungi privasi online-mu dan mencegah akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal.

Kamu dapat mengunduh aplikasi VPN yang terpercaya di Play Store atau App Store.

6. Pastikan Tidak Ada Aplikasi yang Mencurigakan

Pastikan tidak ada aplikasi yang mencurigakan terpasang di HP-mu. Aplikasi yang mencurigakan dapat membuka akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal.

Untuk memeriksa aplikasi yang terpasang di HP android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi.

Untuk memeriksa aplikasi yang terpasang di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi.

Jika kamu menemukan aplikasi yang mencurigakan, sebaiknya hapus segera.

7. Jangan Menggunakan HP Bekas Orang Lain

Jangan menggunakan HP bekas orang lain karena HP tersebut mungkin sudah dipasang dengan aplikasi yang mencurigakan atau malware yang dapat membuka akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal.

Lebih baik beli HP baru atau gunakan HP yang sudah kamu gunakan sebelumnya.

8. Gunakan Keamanan Sidik Jari atau Face ID

HP-mu juga dilengkapi dengan fitur keamanan sidik jari atau Face ID. Fitur ini dapat membantu melindungi HP-mu dari orang yang tidak dikenal karena hanya kamu yang dapat membuka HP-mu dengan sidik jari-mu atau wajah-mu.

TRENDING 🔥  cara mengobati jempol kaki cantengan secara alami

Untuk mengaktifkan fitur keamanan sidik jari atau Face ID di HP android, pastikan HP-mu sudah dilengkapi dengan fitur tersebut. Untuk mengaktifkan fitur Face ID di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih Face ID & Passcode.

9. Jangan Simpan Informasi Penting di HP

Jangan menyimpan informasi penting seperti nomor PIN atau kata sandi di HP-mu. Jika memungkinkan, sebaiknya kamu mengingat nomor PIN atau kata sandi tersebut atau mencatatnya di tempat yang aman dan terpisah dari HP-mu.

Jangan pernah memberikan informasi penting seperti nomor rekening atau kartu kredit melalui pesan atau panggilan di HP-mu.

10. Aktifkan Mode Pesawat saat Tidak Digunakan

Jika kamu tidak menggunakan HP-mu, sebaiknya aktifkan mode pesawat untuk sementara waktu. Dengan mengaktifkan mode pesawat, maka HP-mu akan tidak dapat diakses oleh orang lain.

Mode pesawat juga dapat membantu menghemat baterai HP-mu karena tidak terkoneksi dengan jaringan internet atau sinyal seluler.

11. Gunakan Aplikasi Chat yang Terenkripsi

Jangan menggunakan aplikasi chating yang tidak terenkripsi karena pesan-mu dapat dibaca oleh orang lain yang memiliki akses ke jaringan yang sama.

Lebih baik menggunakan aplikasi chat yang terenkripsi seperti WhatsApp atau Telegram

12. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah dapat membantu meningkatkan keamanan akun di HP-mu. Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, kamu akan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kode keamanan untuk mengakses akun-mu.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di WhatsApp, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih akun.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah di akun Google, kamu dapat masuk ke akun Google lalu pilih keamanan.

13. Jangan Menggunakan Wi-Fi Tidak Terlindungi

Jangan menggunakan wi-fi yang tidak terlindungi karena wi-fi tersebut dapat dimanipulasi oleh orang yang tidak dikenal dan membuka akses ke HP-mu. Lebih baik menggunakan jaringan internet yang terenkripsi atau menggunakan VPN saat terhubung dengan jaringan internet publik.

14. Jangan Menyimpan Data Penting di Cloud

Jangan menyimpan data penting seperti nomor rekening atau foto rahasia di cloud karena cloud dapat diakses oleh orang yang tidak dikenal jika kamu tidak mengatur keamanan cloud dengan benar.

Lebih baik menyimpan data penting di HP-mu atau memakai aplikasi file manager yang terpercaya dan bisa memakai proteksi password

15. Aktifkan Pembaruan Otomatis

Pembaruan otomatis dapat membantu meningkatkan keamanan HP-mu karena update biasanya mengatasi bug atau celah keamanan. Pastikan kamu mengaktifkan pembaruan otomatis di HP-mu secara otomatis.

Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis di HP Android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih sistem atau pembaruan sistem.

Untuk mengaktifkan pembaruan otomatis di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih umum atau pembaruan perangkat lunak.

16. Hindari Menggunakan HP Bekas

Hindari menggunakan HP bekas karena HP tersebut mungkin sudah dipasang dengan aplikasi yang mencurigakan atau malware yang dapat membuka akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal.

Usahakan beli HP baru agar lebih aman dan terjamin dari segi keamanan data

17. Jangan Mengunjungi Situs yang Tidak Terpercaya

Jangan mengunjungi situs yang tidak terpercaya karena situs tersebut mungkin membuka celah untuk mengakses HP-mu dari orang yang tidak dikenal. Lebih baik mengunjungi situs yang terpercaya dan sudah diketahui

18. Hapus Riwayat Pencarian

Hapus riwayat pencarian atau jejak digital di HP-mu secara berkala. Riwayat pencarian dapat memberikan informasi pribadi dan dapat dibaca oleh orang lain yang memiliki akses ke HP-mu.

Untuk menghapus riwayat pencarian di HP Android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih pribadi atau privasi.

Untuk menghapus riwayat pencarian di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih safari atau pencarian.

19. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Setiap HP memiliki fitur password yang dapat digunakan untuk melindungi HP-mu dari orang yang tidak dikenal. Pastikan kamu mengatur password yang sulit ditebak dan hanya kamu yang mengetahui password tersebut.

Untuk mengatur password di HP Android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih pribadi atau privasi.

Untuk mengatur password di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih touch ID & password.

Dengan mengaktifkan password, maka HP-mu akan lebih sulit untuk disadap.

Jika password-mu sudah diterapkan, pastikan kamu tidak memberitahu kepada orang lain mengenai password tersebut.

20. Backup Data Secara Teratur

Pastikan kamu melakukan backup data secara teratur. Backup data dapat membantu kamu menyimpan data penting dari HP-mu jika terjadi pemadaman atau kerusakan di HP-mu.

TRENDING 🔥  Cara Memasukkan Jari ke Miss V Menurut Islam

Untuk melakukan backup data di HP Android, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih cadangan atau backup dan reset.

Untuk melakukan backup data di HP iPhone, kamu dapat masuk ke pengaturan lalu pilih iCloud atau backup.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah HP bisa disadap? Ya, HP bisa disadap jika sudah dipasang dengan aplikasi atau software yang dapat membuka akses ke HP-mu.
Bagaimana caranya mengetahui apakah HP-mu sudah disadap? Kamu dapat memeriksa riwayat panggilan atau pesan di HP-mu. Jika terdapat nomor atau pesan yang tidak kamu kenal, maka HP-mu mungkin sudah disadap.
Bagaimana cara menghilangkan virus di HP? Kamu dapat menggunakan aplikasi keamanan yang terpercaya atau melakukan reset HP-mu ke pengaturan pabrik. Namun, pastikan kamu sudah backup data penting-mu terlebih dahulu.
Apakah menggunakan VPN aman? Ya, menggunakan VPN dapat membantu melindungi privasi online-mu dan mencegah akses ke HP-mu dari orang yang tidak dikenal. Pastikan kamu menggunakan VPN yang terpercaya dan tidak mencurigakan.
Apakah menghapus riwayat pencarian dapat menjaga privasi online-mu? Ya, menghapus riwayat pencarian atau jejak digital di HP-mu dapat menjaga privasi online-mu dan mencegah orang lain membaca informasi pribadi-mu.

Cara agar HP tidak disadap