Cara Alami Mengatasi Mengurangi Rasa Sakit Akibat Memar Adalah

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah Anda sering merasa sakit karena memar? Jika iya, artikel ini cocok untuk Anda. Memar memang sangat mengganggu dan menyakitkan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada banyak cara alami untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakit akibat memar. Mari kita lihat 20 cara alami yang bisa Anda coba!

1. Es Batu

Es batu adalah cara mudah dan efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Bungkus es batu dengan handuk dan tempelkan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

Namun, jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu seperti sirkulasi darah yang buruk, jangan menggunakan es batu karena bisa memperburuk kondisi Anda.

2. Kompres Hangat

Setelah 48 jam memar terjadi, kompres hangat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan mempercepat penyembuhan. Gunakan kain hangat atau handuk yang dicelupkan ke dalam air hangat dan tempelkan pada bagian yang memar selama 15-20 menit. Ulangi selama beberapa kali sehari.

3. Minyak Peppermint

Minyak peppermint memiliki sifat anti-inflamasi alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Campurkan beberapa tetes minyak peppermint dengan minyak kelapa atau minyak nabati lainnya dan oleskan pada bagian yang memar. Ulangi beberapa kali sehari.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Ambil gel lidah buaya dan oleskan pada bagian yang memar. Ulangi beberapa kali sehari.

5. Daun Ketumbar

Daun ketumbar memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Tumbuk beberapa daun ketumbar dan tempelkan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

6. Minyak Arnica

Minyak arnica adalah obat herbal yang sudah terkenal untuk mengatasi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Oleskan minyak arnica pada bagian yang memar dan pijat lembut selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari.

7. Jahe

Jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Iris jahe tipis-tipis dan oleskan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

8. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Hancurkan beberapa siung bawang putih dan oleskan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

9. Garam

Garam adalah obat rumah tangga yang murah dan efektif untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Campurkan satu sendok teh garam dengan segelas air hangat dan aduk rata. Celupkan kain ke dalam campuran garam dan tempelkan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

10. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dengan segelas air hangat dan tambahkan satu sendok madu. Minum sehari dua kali selama beberapa hari.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pizza: Panduan untuk Pemula

FAQ:

Pertanyaan Jawaban
Apakah memar bisa sembuh dengan sendirinya? Ya, memar biasanya sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2-4 minggu.
Perlukah saya pergi ke dokter untuk memar? Jika memar Anda parah atau disertai dengan gejala lain seperti demam atau infeksi, sebaiknya segera pergi ke dokter.
Berapa lama saya harus menggunakan es batu atau kompres hangat? Anda bisa menggunakan es batu selama 10-15 menit setiap kali dan ulangi beberapa kali sehari. Untuk kompres hangat, gunakan selama 15-20 menit setiap kali dan ulangi beberapa kali sehari.

11. Teh Chamomile

Teh chamomile memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Seduh beberapa kantung teh chamomile dan dinginkan dalam lemari es. Tempelkan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

12. Kencur

Kencur memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Ambil beberapa potong kencur segar dan hancurkan. Campurkan dengan minyak goreng dan oleskan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

13. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Iris jeruk nipis tipis-tipis dan tempelkan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

14. Lada Hitam

Lada hitam memiliki sifat analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Hancurkan beberapa butir lada hitam dan tambahkan sedikit air. Oleskan pada bagian yang memar dan biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

15. Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Oleskan minyak kelapa pada bagian yang memar dan pijat lembut selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari.

16. Kunyit

Kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit akibat memar. Hancurkan beberapa potong kunyit segar dan oleskan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

17. Madu

Madu memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Campurkan satu sendok makan madu dengan beberapa tetes minyak lavender dan oleskan pada bagian yang memar. Biarkan selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

18. Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih adalah obat herbal yang sudah terkenal untuk mengatasi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Oleskan minyak kayu putih pada bagian yang memar dan pijat lembut selama beberapa menit. Ulangi beberapa kali sehari.

19. Mangga

Mangga mengandung sifat anti-inflamasi dan antioksidan alami yang bisa membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan akibat memar. Potong mangga menjadi irisan tipis dan tempelkan pada bagian yang memar selama 10-15 menit. Ulangi beberapa kali sehari.

20. Akupunktur

Akupunktur adalah teknik pengobatan tradisional China yang dilakukan dengan menusukkan jarum ke titik-titik tertentu pada tubuh. Akupunktur bisa membantu meredakan rasa sakit akibat memar dan mempercepat penyembuhan. Namun, sebaiknya akupunktur dilakukan oleh ahli terpercaya.

Sekian 20 cara alami untuk mengatasi dan mengurangi rasa sakit akibat memar. Pastikan untuk melakukan lebih dari satu cara untuk hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk istirahat yang cukup dan konsumsi makanan dan minuman yang sehat dan bergizi untuk mempercepat penyembuhan. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Alami Mengatasi Mengurangi Rasa Sakit Akibat Memar Adalah