Cara Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kami akan membahas tentang cara mengambil uang di ATM tanpa kartu. Mungkin banyak dari kita yang pernah mengalami kehilangan atau kejadian tidak terduga lainnya yang menyebabkan kita tidak bisa mengambil uang di ATM dengan kartu. Tenang, ada beberapa cara alternatif yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa mengambil uang di ATM. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Menggunakan Aplikasi E-Wallet

Salah satu cara tercepat dan paling mudah untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu adalah dengan menggunakan aplikasi e-wallet seperti OVO, Dana, dan Go-Pay. Dalam aplikasi tersebut, biasanya terdapat menu untuk melakukan penarikan tunai di ATM tanpa menggunakan kartu.

Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Pertama, buka aplikasi e-wallet pilihanmu dan login dengan akunmu. Setelah itu, pilih menu ‘Tarik Tunai’ atau ‘Withdraw’. Kemudian, masukkan nominal uang yang ingin kamu ambil dan lokasi ATM yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu akan diberi kode transaksi yang harus kamu masukkan di mesin ATM. Setelah sukses, kamu bisa langsung mengambil uangmu.

Meskipun mudah, namun biasanya terdapat batas maksimal penarikan tunai dan juga biaya admin yang harus kamu bayar. Pastikan kamu membaca ketentuan dan syarat dari aplikasi e-wallet pilihanmu.

2. Transfer Antar Bank dengan Kode Unik

Cara lain untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu adalah dengan melakukan transfer antar bank dengan menggunakan kode unik. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka aplikasi mobile banking dari bankmu dan melakukan transfer ke rekening bank yang sama dengan kamu. Namun, yang berbeda adalah kamu harus menggunakan kode unik yang sudah ditentukan oleh bankmu.

Setelah kamu melakukan transfer, kamu akan diberi kode unik berupa angka atau huruf yang harus kamu masukkan di mesin ATM untuk mengambil uangmu. Namun, pastikan kamu membaca ketentuan dan syarat dari bankmu, karena setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda mengenai penggunaan kode unik.

3. Menggunakan Fitur Internet Banking

Fitur internet banking dari bankmu juga bisa kamu gunakan untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu membuka website atau aplikasi internet banking dari bankmu dan melakukan beberapa langkah tertentu.

Pertama, login ke akun internet bankingmu dan pilih menu transfer atau tarik tunai. Kemudian, masukkan nominal uang yang ingin kamu ambil dan pilih lokasi ATM yang akan kamu gunakan. Setelah itu, kamu akan diberi kode transaksi yang harus kamu masukkan di mesin ATM. Setelah sukses, kamu bisa langsung mengambil uangmu.

Namun, pastikan kamu telah mendaftar internet banking dan mengaktifkannya sebelumnya. Selain itu, kamu juga harus memasukkan kode OTP atau One Time Password yang dikirimkan oleh bankmu untuk memastikan keamanan transaksi.

4. Menghubungi Layanan Nasabah Bank

Jika kamu tidak memiliki akses ke aplikasi e-wallet atau internet banking, kamu masih bisa mengambil uang di ATM tanpa kartu dengan menghubungi layanan nasabah dari bankmu. Biasanya, layanan nasabah dari bankmu selalu standby 24 jam dan bisa dihubungi melalui telepon.

TRENDING 🔥  Kita Dapat Melatih Ekspresi Saat Mendeklamasikan Puisi dengan Cara

Kamu cukup memberikan informasi identitasmu dan nomor rekeningmu pada petugas layanan nasabah. Setelah itu, petugas akan memberikan kode transaksi yang harus kamu masukkan di mesin ATM untuk mengambil uangmu. Pastikan kamu membawa identitas diri yang sah dan terdaftar di bankmu.

5. Mengunjungi Cabang Bankmu

Jika semua cara di atas tidak berhasil, kamu masih bisa mengambil uang di ATM tanpa kartu dengan mengunjungi cabang bankmu terdekat. Kamu harus membawa identitas diri yang sah dan terdaftar di bankmu serta memberikan informasi akunmu kepada petugas bank.

Petugas bank akan memverifikasi informasi akunmu dan memberikan kode transaksi yang harus kamu gunakan untuk mengambil uangmu di mesin ATM. Namun, pastikan kamu mendatangi cabang bankmu selama jam kerja dan membawa identitas diri yang sah dan terdaftar di bankmu.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah bisa mengambil uang di ATM tanpa kartu? Bisa, ada beberapa cara alternatif seperti menggunakan aplikasi e-wallet, transfer antar bank dengan kode unik, fitur internet banking, menghubungi layanan nasabah, atau mengunjungi cabang bankmu.
Apakah semua bank menyediakan cara alternatif untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu? Tidak semua bank menyediakan cara alternatif seperti ini. Pastikan kamu membaca ketentuan dan syarat dari bankmu.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu? Waktu yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada cara yang digunakan dan juga kondisi mesin ATM. Namun, biasanya tidak terlalu lama selama tidak ada kendala teknis atau kesalahan yang dilakukan.
Berapa biaya yang harus dibayar untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu? Setiap cara alternatif memiliki ketentuan dan biaya admin yang berbeda. Pastikan kamu membaca ketentuan dan syarat dari bankmu atau aplikasi e-wallet pilihanmu.
Apakah aman untuk mengambil uang di ATM tanpa kartu? Sama seperti ketika mengambil uang dengan kartu, pastikan kamu tetap waspada dan hati-hati. Jangan memberikan informasi pribadi atau nomor PIN kepada orang lain dan pastikan kamu berada di lokasi yang aman dan terlihat.

Cara Ambil Uang di ATM Tanpa Kartu