Cara Bikin Abstrak: Panduan Lengkap Untuk Sohib EditorOnline

>Salam hangat untuk Sohib EditorOnline, sebuah abstrak adalah ringkasan singkat dari sebuah artikel, tesis, atau makalah yang memberikan gambaran umum tentang topik yang dibahas. Abstrak biasanya terdiri dari pendahuluan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan yang dijelaskan dalam beberapa kalimat. Buat Sohib EditorOnline yang sedang kesulitan dalam membuat abstrak, kami telah menyiapkan panduan lengkap tentang cara bikin abstrak yang tepat dan mudah diikuti.

1. Mengapa Pentingnya Membuat Abstrak?

Sebelum kita membahas cara bikin abstrak, penting untuk memahami mengapa membuat abstrak itu penting. Abstrak membantu pembaca untuk memahami isi dari sebuah artikel atau makalah. Dengan membaca abstrak, pembaca dapat menentukan apakah makalah tersebut relevan dengan topik yang diinginkan atau tidak.

Abstrak juga digunakan oleh para akademisi dan jurnal ilmiah untuk menyeleksi makalah yang akan dipublikasikan. Dalam beberapa kasus, abstrak dapat menjadi satu-satunya bagian yang dibaca oleh para editor jurnal ilmiah, sehingga penting untuk membuat abstrak yang baik dan menggambarkan isi makalah secara akurat.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Seberapa penting membuat abstrak dalam sebuah makalah? Abstrak sangat penting karena dapat membantu pembaca untuk memahami isi dari sebuah makalah dalam waktu yang singkat. Abstrak juga digunakan oleh para editor jurnal ilmiah untuk menyeleksi makalah yang akan dipublikasikan.
Seberapa panjang abstrak yang ideal? Abstrak yang ideal biasanya terdiri dari 150-250 kata, tergantung pada variasi jurnal atau konferensi yang memuat artikel tersebut. Namun, pastikan untuk mengecek ketentuan dari jurnal atau konferensi yang dipilih.
Apakah isi dari abstrak harus sama persis dengan isi makalah? Ya, isi dari abstrak harus sama persis dengan isi makalah. Abstrak harus memberikan gambaran umum tentang topik yang dibahas dalam makalah.

2. Menentukan Fokus Abstrak

Sebelum mulai menulis abstrak, tentukan fokus atau topik utama dari makalah yang akan diabstrak. Hal ini akan membantu dalam menentukan informasi apa saja yang harus disertakan dalam abstrak.

Perhatikan juga format abstrak yang dibutuhkan oleh jurnal atau konferensi yang akan menjadi target publikasi makalah tersebut. Beberapa jurnal atau konferensi memiliki format yang berbeda untuk abstrak, seperti jumlah kata yang diperbolehkan, bahasa yang digunakan, atau struktur yang harus diikuti.

3. Membuat Pendahuluan

Pendahuluan pada abstrak harus memberikan latar belakang informasi tentang masalah yang dibahas dalam makalah. Tujuannya adalah untuk memberikan konteks dan mendefinisikan topik yang dibahas.

Contoh:

Makalah ini membahas tentang pengaruh penggunaan media sosial pada kesehatan mental remaja. Dewasa ini, penggunaan media sosial semakin berkembang dan telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari remaja. Namun, beberapa studi menunjukkan bahwa penggunaan media sosial dapat berdampak negatif pada kesehatan mental remaja.

4. Menjelaskan Metode Penelitian

Bagian ini menjelaskan metode penelitian yang digunakan dalam makalah. Jangan terlalu detail dalam menjelaskan metode penelitian, cukup sertakan informasi yang relevan dan penting untuk dipahami oleh pembaca.

Contoh:

Penelitian ini menggunakan metode observasional untuk mengumpulkan data dari 100 remaja yang menggunakan media sosial secara aktif. Setiap responden mengisi kuesioner yang diadaptasi dari General Health Questionnaire untuk mengukur tingkat kecemasan, depresi, dan stres.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Oralit Ukuran 1 Gelas

5. Memberikan Hasil Penelitian

Bagian ini memberikan hasil penelitian yang telah dilakukan. Sertakan fakta atau angka yang relevan untuk mendukung hasil penelitian tersebut.

Contoh:

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70% remaja yang menggunakan media sosial secara aktif mengalami tingkat kecemasan yang lebih tinggi dari remaja yang jarang menggunakan media sosial. Selain itu, 80% remaja yang menggunakan media sosial secara aktif mengalami tingkat depresi yang lebih tinggi dari remaja yang jarang menggunakan media sosial.

6. Menyajikan Kesimpulan

Bagian terakhir pada abstrak adalah kesimpulan. Kesimpulan harus menggambarkan secara singkat hasil penelitian dan menyimpulkan topik yang dibahas dalam makalah.

Contoh:

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial secara aktif dapat berdampak negatif pada kesehatan mental remaja, terutama dalam hal kecemasan dan depresi. Penemuan ini dapat menjadi sumber informasi bagi orangtua, guru, dan tenaga kesehatan dalam membantu remaja mengelola penggunaan media sosial.

7. Mengedit Abstrak

Setelah menulis abstrak, pastikan untuk mengedit dan merevisi abstrak tersebut. Jangan ragu untuk meminta pendapat dari teman atau kolega yang ahli dalam bidang yang sama. Pastikan bahwa abstrak tidak salah eja atau tidak jelas dalam penjelasannya.

Pastikan juga bahwa abstrak memiliki struktur yang baik, jelas dan mudah dipahami. Hal ini dapat membantu dalam memudahkan pembaca untuk memahami isi dari makalah yang dibahas dalam abstrak.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Seberapa sering abstrak perlu diubah atau diperbarui? Abstrak hanya perlu diubah atau diperbarui jika ada informasi terbaru yang diperoleh setelah makalah dipublikasikan. Namun, pastikan untuk mengecek ketentuan dari jurnal atau konferensi yang dipilih.
Apakah perlu menyertakan kutipan dalam abstrak? Sebaiknya tidak, karena abstrak hanya merupakan ringkasan singkat dari makalah yang dibahas. Kutipan dapat disertakan dalam isi makalah.
Apakah perlu menyertakan daftar referensi dalam abstrak? Tidak, karena abstrak hanya merupakan ringkasan singkat dari makalah yang dibahas. Daftar referensi dapat disertakan dalam isi makalah.

8. Kesimpulan

Dalam membuat abstrak yang baik, pastikan untuk menentukan fokus atau topik utama dari makalah yang akan diabstrak, menjelaskan dengan singkat metode penelitian dan hasil penelitian, serta memberikan kesimpulan yang singkat. Pastikan abstrak memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami. Terakhir, jangan lupa untuk merevisi dan mengedit abstrak sebelum mengirimkannya ke jurnal atau konferensi.

Semoga panduan kami tentang cara bikin abstrak ini dapat membantu Sohib EditorOnline dan pembaca kami dalam membuat abstrak yang tepat dan efektif untuk makalah mereka.

Cara Bikin Abstrak: Panduan Lengkap Untuk Sohib EditorOnline