Cara Bikin Donat Tanpa Kentang

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu suka donat tetapi tidak suka kentang? Jika iya, maka artikel ini cocok untuk kamu. Di sini, kamu akan mempelajari cara membuat donat tanpa kentang dengan mudah dan sederhana. Kamu bisa mencoba resep ini di rumah dan menikmati donat yang lezat dan pulen tanpa rasa kentang. Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini!

Mengapa Tanpa Kentang?

Sebagai bahan utama dalam pembuatan donat, kentang memang sering digunakan sebagai pengganti atau campuran dengan tepung terigu. Namun, ada beberapa alasan mengapa kita ingin membuat donat tanpa menggunakan kentang:

  1. Rasa kentang yang terlalu dominan dalam donat
  2. Untuk varian donat yang berbeda
  3. Tidak suka rasa kentang
  4. Menjaga asupan karbohidrat dari kentang

Nah, jika alasan tersebut sama dengan yang kamu rasakan, maka kamu bisa mencoba resep donat tanpa kentang berikut ini.

Bahan-bahan

Bahan Jumlah
Tepung terigu 500 gram
Gula pasir 100 gram
Ragi instan 11 gram
Telur 2 butir
Susu cair full cream 200 ml
Margarin 100 gram
Garam 1/2 sendok teh
Air 100 ml

Bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan di toko-toko bahan kue atau pasar tradisional terdekat. Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa langsung memulai proses pembuatan donat tanpa kentang dengan langkah-langkah berikut.

Langkah Pembuatan

1. Menyiapkan Bahan dan Alat

Sebelum memulai, pastikan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah disiapkan. Alat yang dibutuhkan antara lain wadah besar, mixer atau pengaduk, oven, dan cetakan donat.

2. Mencampur Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam ke dalam wadah besar. Aduk hingga merata.

3. Menambahkan Bahan Basah

Tambahkan telur, susu cair, dan air ke dalam campuran bahan kering tadi. Aduk menggunakan mixer atau pengaduk hingga adonan tercampur rata.

4. Menambahkan Margarin

Tambahkan margarin ke dalam adonan. Aduk kembali hingga margarin tercampur rata dengan adonan. Pastikan adonan tidak lengket di tangan.

5. Mengistirahatkan Adonan

Tutup adonan dengan menggunakan kain atau plastik wrap. Biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 30 menit atau hingga adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran awalnya.

6. Membentuk Donat

Setelah adonan mengembang, ambil sejumput adonan dan bentuk sesuai keinginan. Kamu bisa membuat donat dengan menggunakan cetakan donat atau secara manual.

TRENDING 🔥  Cara Cek Penerima Bantuan BPJS

7. Menggoreng Donat

Goreng donat dengan menggunakan minyak dalam wajan atau penggorengan. Goreng hingga donat berubah warna menjadi cokelat keemasan. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara membuat adonan donat yang tidak lengket?

Untuk membuat adonan yang tidak lengket, pastikan kamu menggunakan tepung terigu yang tepat dan mengikuti takaran yang tepat pada resep. Jangan juga terlalu sering dan terlalu lama mengaduk adonan.

2. Mengapa adonan donat harus diistirahatkan?

Adonan donat harus diistirahatkan supaya gluten dalam tepung terigu bisa lebih meresap dan mengembang. Hal ini akan menghasilkan donat yang lebih lezat, empuk, dan pulen.

3. Apa yang bisa digunakan sebagai pengganti kentang dalam pembuatan donat?

Sebagai pengganti kentang, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti labu, singkong, atau ubi jalar. Namun, pastikan takaran penggunaannya sesuai dengan resep yang ada.

4. Berapa lama donat bisa disimpan?

Donat yang sudah dingin dan kering bisa disimpan dalam wadah kedap udara atau kantong plastik selama kurang lebih 2-3 hari. Namun, untuk hasil terbaik, sebaiknya kamu menyajikan donat segera setelah dihasilkan.

5. Apa saja variasi rasa donat yang bisa dibuat?

Terdapat banyak variasi rasa donat yang bisa kamu buat, seperti donat cokelat, donat stroberi, donat kacang, donat keju, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menambahkan bahan tambahan sesuai selera untuk menciptakan varian donat yang berbeda.

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara membuat donat tanpa kentang. Semoga artikel ini bisa membantu untuk menciptakan donat yang enak dan pulen tanpa mengandung rasa kentang. Selamat mencoba di rumah!

Cara Bikin Donat Tanpa Kentang