Cara Bikin Filter Instagram: Tips dan Trik Terbaru

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu seorang pengguna aktif Instagram? Jika iya, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan filter yang ada di Instagram. Filter memang menjadi salah satu fitur yang sangat populer di Instagram, terutama di kalangan pengguna yang ingin membuat feed Instagram-nya terlihat lebih menarik dan keren. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara bikin filter Instagram sendiri. Simak sampai habis ya!

Pendahuluan

Sebelum memulai, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu filter Instagram. Filter adalah efek yang bisa kamu gunakan untuk mempercantik foto atau video yang akan kamu posting di Instagram. Dengan menggunakan filter, kamu bisa membuat feed Instagram-mu terlihat lebih konsisten dan menarik. Ada banyak sekali jenis filter yang tersedia di Instagram, dari yang sederhana sampai yang kompleks.

Namun, bagaimana jika kamu ingin membuat filter Instagram sendiri? Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan Spark AR Studio, sebuah platform khusus untuk membuat filter Instagram. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi pembuat filter Instagram lainnya, seperti Canva atau VSCO. Berikut ini adalah langkah-langkah cara bikin filter Instagram menggunakan Spark AR Studio.

Cara Bikin Filter Instagram Menggunakan Spark AR Studio

Langkah 1: Daftar ke Spark AR Studio

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar ke Spark AR Studio. Kamu bisa mengunjungi website resminya di https://sparkar.facebook.com/ dan klik tombol “Download Spark AR Studio” di halaman utama. Setelah itu, kamu tinggal mengikuti langkah-langkah pendaftaran yang diminta oleh Spark AR Studio.

Langkah 2: Buka Spark AR Studio dan buat projek baru

Setelah kamu berhasil mendaftar, kamu bisa membuka Spark AR Studio dan membuat projek baru untuk filter Instagram-mu. Pilihlah jenis projek yang sesuai dengan kebutuhanmu, misalnya untuk membuat filter wajah atau filter objek.

Langkah 3: Tambahkan objek atau masker ke dalam scene

Setelah membuat projek baru, kamu bisa mulai menambahkan objek atau masker ke dalam scene. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan tools yang ada di Spark AR Studio, seperti object library atau face tracker. Kamu juga bisa mengimpor objek atau masker dari sumber lain, seperti file 3D atau gambar.

Langkah 4: Atur efek atau animasi yang kamu inginkan

Selanjutnya, kamu bisa mengatur efek atau animasi yang kamu inginkan untuk filter Instagram-mu. Kamu bisa menggunakan tools animasi atau timeline editor yang ada di Spark AR Studio untuk melakukan ini. Pastikan efek atau animasi yang kamu buat sesuai dengan tema filter Instagram-mu.

Langkah 5: Export filter dan upload ke Instagram

Setelah kamu selesai membuat filter Instagram-mu, kamu bisa mengexportnya ke dalam format file Spark AR dan menguploadnya ke Instagram. Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan menu export dan upload yang ada di Spark AR Studio. Pastikan filter Instagram-mu sudah diuji coba terlebih dahulu sebelum kamu menguploadnya ke Instagram.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Preset untuk Hasil Foto Lebih Menawan

Tips dan Trik Membuat Filter Instagram Yang Menarik

Setelah kamu mengetahui cara bikin filter Instagram menggunakan Spark AR Studio, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu gunakan untuk membuat filter Instagram-mu terlihat lebih menarik dan keren. Berikut ini adalah beberapa di antaranya.

1. Tentukan tema filter Instagram-mu

Pertama-tama, tentukan terlebih dahulu tema filter Instagram-mu. Apakah kamu ingin membuat filter Instagram untuk wajah atau objek? Apakah kamu ingin membuat filter Instagram yang memiliki warna-warna cerah atau yang memiliki warna-warna gelap? Pastikan kamu sudah menentukan tema filter Instagram-mu sebelum mulai membuatnya.

2. Gunakan warna-warna yang menarik

Warna adalah salah satu elemen penting dalam membuat filter Instagram. Usahakan untuk menggunakan warna-warna yang menarik dan serasi dengan tema filter Instagram-mu. Misalnya, jika kamu membuat filter Instagram dengan tema musim gugur, gunakanlah warna-warna yang lembut seperti kuning atau oranye.

3. Buat efek atau animasi yang unik

Jangan takut untuk bereksperimen dengan efek atau animasi yang unik. Semakin unik dan menarik efek atau animasi yang kamu buat, semakin besar pula kemungkinan orang-orang untuk menggunakan filter Instagram-mu. Namun, pastikan efek atau animasi yang kamu buat sesuai dengan tema filter Instagram-mu.

4. Cek filter Instagram-mu sebelum menguploadnya

Sebelum kamu mengupload filter Instagram-mu ke Instagram, pastikan kamu sudah cek filter Instagram-mu terlebih dahulu. Usahakan untuk menguji coba filter Instagram-mu di berbagai kondisi cahaya dan sudut pandang. Hal ini akan membantu kamu menemukan dan memperbaiki kesalahan atau bugs pada filter Instagram-mu.

5. Promosikan filter Instagram-mu

Setelah kamu selesai membuat dan mengupload filter Instagram-mu, jangan lupa untuk mempromosikannya di akun Instagram-mu. Kamu juga bisa meminta bantuan teman-temanmu untuk mempromosikan filter Instagram-mu agar lebih banyak orang yang menggunakannya. Jangan lupa juga untuk menggunakan hashtag yang relevan agar filter Instagram-mu lebih mudah ditemukan oleh orang-orang.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus membayar untuk menggunakan Spark AR Studio? Tidak, Spark AR Studio adalah platform gratis yang bisa digunakan oleh siapa saja.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat filter Instagram? Waktu yang dibutuhkan untuk membuat filter Instagram tergantung pada kompleksitas dari filter yang ingin dibuat. Namun, dengan menggunakan Spark AR Studio atau aplikasi pembuat filter Instagram lainnya, kamu bisa membuat filter Instagram dalam waktu yang relatif singkat.
Apakah saya bisa menggunakan aplikasi pembuat filter Instagram lainnya selain Spark AR Studio? Tentu saja, ada banyak sekali aplikasi pembuat filter Instagram lainnya yang bisa kamu gunakan. Beberapa contohnya adalah Canva, VSCO, atau Fotor.
Apakah saya bisa mengubah filter Instagram yang sudah saya buat? Tentu saja, kamu bisa mengubah filter Instagram yang sudah kamu buat dengan menggunakan Spark AR Studio atau aplikasi pembuat filter Instagram lainnya. Namun, pastikan kamu sudah cek dan uji coba filter Instagram-mu sebelum mengubahnya.

Cara Bikin Filter Instagram: Tips dan Trik Terbaru