Cara Bikin Nugget Ayam yang Enak

>Hello Sohib EditorOnline! Saya senang sekali bisa berbagi resep cara bikin nugget ayam yang enak dengan Anda. Nugget ayam menjadi makanan favorit banyak orang karena praktis dan rasanya yang enak. Namun, tidak semua nugget ayam yang dijual di pasaran memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu, saya ingin berbagi resep yang bisa membuat Anda menghasilkan nugget ayam yang sangat enak di rumah.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang Anda butuhkan untuk membuat nugget ayam enak cukup sederhana. Anda bisa menggunakan bahan-bahan berikut:

Bahan Jumlah
Ayam fillet 500 gram
Tepung terigu 150 gram
Telur 2 butir
Susu cair 200 ml
Keju parut 100 gram
Bawang putih 3 siung
Garam secukupnya
Merica secukupnya
Panir atau tepung roti secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat nugget ayam enak:

1. Potong ayam fillet menjadi kecil-kecil

Untuk menghasilkan nugget ayam yang enak, potong ayam fillet menjadi kecil-kecil seukuran dengan ukuran nugget yang Anda inginkan.

2. Haluskan bawang putih

Bawang putih harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum dicampur ke dalam adonan ayam. Haluskan bawang putih dengan menggunakan blender atau ulekan.

3. Campurkan ayam fillet dengan bahan lainnya

Siapkan wadah dan campurkan ayam fillet yang telah dipotong kecil-kecil dengan bawang putih yang telah dihaluskan, tepung terigu, telur, susu cair, keju parut, garam, dan merica. Aduk semua bahan dengan menggunakan tangan hingga semua bahan tercampur rata.

4. Diamkan adonan selama 15 menit

Diamkan adonan selama 15 menit untuk menghasilkan tekstur nugget yang lebih padat dan empuk.

5. Giling adonan nugget

Setelah adonan di diamkan, giling adonan nugget dengan menggunakan food processor atau blender hingga diperoleh adonan nugget yang halus dan padat.

6. Bentuk adonan menjadi nugget

Setelah adonan nugget sudah siap, bentuklah adonan menjadi bentuk nugget yang diinginkan. Kemudian, celupkan dalam telur, dan gulingkan ke dalam tepung panir atau tepung roti.

7. Goreng nugget ayam hingga kecokelatan

Panaskan minyak goreng dalam wajan, kemudian goreng nugget ayam hingga kecokelatan. Setelah itu, tiriskan dan nugget ayam siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Kirim File dari Laptop ke HP

FAQ

1. Apakah tepung roti bisa diganti dengan tepung panir?

Iya, Anda bisa menggunakan tepung panir sebagai pengganti tepung roti. Namun, tepung panir akan memberikan tekstur yang lebih renyah dibandingkan dengan tepung roti.

2. Apakah saus cabai bisa digunakan sebagai saus pelengkap nugget ayam?

Tentu saja. Saus cabai bisa menjadi saus pelengkap nugget ayam yang enak. Namun, jika Anda ingin membuat saus yang lebih spesial, Anda bisa mencari resep saus yang lain.

3. Apakah nugget ayam bisa disimpan dalam freezer?

Iya, Anda bisa menyimpan nugget ayam dalam freezer selama tiga bulan. Sebelum dimasukkan ke dalam freezer, nugget ayam harus dimasukkan ke dalam wadah tertutup atau plastik yang kedap udara.

4. Bagaimana cara membuat nugget ayam agar rasanya tidak hambar?

Untuk menghindari rasa hambar pada nugget ayam, tambahkan sedikit garam dan merica pada adonan. Namun, jangan terlalu banyak menambahkan bumbu karena akan membuat rasa nugget menjadi terlalu kuat.

5. Apakah nugget ayam bisa dibuat tanpa menggunakan telur?

Iya, Anda bisa membuat nugget ayam tanpa menggunakan telur. Namun, telur membantu mengikat adonan nugget dan membuat tekstur nugget menjadi lebih padat.

Kesimpulan

Demikianlah resep cara bikin nugget ayam yang enak. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat nugget ayam yang enak dan sehat di rumah. Selamat mencoba!

Cara Bikin Nugget Ayam yang Enak