Cara Bikin Peyek Renyah dan Gurih

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat peyek yang renyah dan gurih? Artikel ini akan memberikan informasi yang lengkap tentang cara membuat peyek yang lezat dan renyah. Peyek adalah salah satu makanan ringan yang paling populer di Indonesia. Peyek dapat dibuat dari berbagai macam bahan, seperti kacang tanah, teri, dan udang. Namun, pada artikel ini, kita akan membahas cara membuat peyek dari kacang tanah.

Bahan-Bahan

Sebelum kita mulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat peyek kacang tanah yang renyah dan gurih.

Bahan Jumlah
Kacang tanah 250 gram
Tepung beras 100 gram
Tepung terigu 50 gram
Bawang putih (haluskan) 1 siung
Ketumbar (haluskan) 1 sendok teh
Kemiri (haluskan) 2 butir
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Air matang 100 ml
Minyak goreng secukupnya

Setelah kamu memiliki semua bahan-bahan di atas, sekarang kita dapat memulai proses pembuatan peyek.

Langkah 1: Rendam Kacang Tanah

Langkah pertama dalam membuat peyek kacang tanah yang renyah dan gurih adalah merendam kacang tanah dalam air selama kurang lebih 2 jam. Hal ini bertujuan untuk merendahkan kadar air pada kacang tanah dan memastikan agar kacang tanah tetap renyah saat digoreng.

Langkah 2: Buat Adonan Tepung

Selagi kacang tanah sedang direndam, kita dapat mempersiapkan adonan tepung. Campurkan tepung beras, tepung terigu, bawang putih yang sudah dihaluskan, ketumbar yang sudah dihaluskan, kemiri yang sudah dihaluskan, garam, gula, dan air matang dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Langkah 3: Goreng Kacang Tanah

Setelah kacang tanah direndam selama 2 jam, tiriskan airnya dan keringkan kacang tanah menggunakan handuk. Kemudian, goreng kacang tanah dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Goreng kacang tanah hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Tiriskan kacang tanah yang sudah digoreng dari minyak secara merata. Biarkan sejenak hingga dingin.

Langkah 4: Campurkan Kacang Tanah dengan Adonan Tepung

Setelah kacang tanah dingin, campurkan kacang tanah dengan adonan tepung. Pastikan seluruh kacang tanah terlapisi dengan adonan tepung secara merata.

Langkah 5: Goreng Peyek

Panaskan minyak goreng dalam jumlah yang cukup dalam sebuah wajan. Setelah minyak goreng mulai panas, masukkan kacang tanah yang sudah tercampur dengan tepung dalam wajan. Goreng kacang tanah hingga warnanya berubah menjadi kecoklatan dan terlihat renyah. Setelah matang, angkat peyek kacang tanah dan tiriskan. Peyek kacang tanah siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ukuran Foto 4x6 di Word

FAQ

1. Apakah peyek kacang tanah bisa bertahan lama?

Jawab: Peyek kacang tanah dapat bertahan lama selama disimpan dalam wadah yang kedap udara. Kamu juga dapat menambahkan sedikit garam pengawet agar peyek kacang tanah tetap tahan lama.

2. Apakah bahan-bahan untuk membuat peyek kacang tanah mudah didapat?

Jawab: Ya, bahan-bahan untuk membuat peyek kacang tanah sangat mudah didapat dan murah. Bahan-bahan tersebut dapat ditemukan di supermarket atau pasar tradisional.

3. Bisakah peyek kacang tanah dibuat tanpa tepung terigu?

Jawab: Ya, kamu dapat mengganti tepung terigu dengan tepung ketan atau tepung tapioka.

4. Apa yang membuat peyek kacang tanah menjadi renyah?

Jawab: Peyek kacang tanah menjadi renyah karena kandungan air pada kacang tanah sudah terbuang saat direndam dan karena adonan tepung yang menempel pada kacang tanah kering dan renyah saat digoreng.

5. Bisakah peyek kacang tanah diolah menjadi varian rasa lain?

Jawab: Ya, kamu dapat menambahkan bahan-bahan lain seperti cabai bubuk atau bawang putih bubuk ke dalam adonan tepung untuk menciptakan varian rasa yang berbeda.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat peyek kacang tanah yang renyah dan gurih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat peyek kacang tanah yang lezat dan siap disajikan sebagai camilan. Selamat mencoba!

Cara Bikin Peyek Renyah dan Gurih