Cara Bikin Pisang Nugget: Panduan Lengkap

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara membuat pisang nugget yang enak dan mudah di rumah. Pisang nugget merupakan salah satu cemilan favorit banyak orang karena rasanya yang manis dan krispi di luar namun lembut di dalam. Tanpa berlama-lama lagi, berikut panduan lengkap cara membuat pisang nugget.

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pisang nugget, pastikan Anda sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan Jumlah
Pisang raja 4 buah
Tepung roti 150 gram
Tepung terigu 50 gram
Gula pasir 2 sendok makan
Susu bubuk 1 sachet
Susu cair 200 ml
Tepung maizena 50 gram
Minyak goreng secukupnya

Pastikan juga Anda sudah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti wadah, pisau, pengocok telur, dan wajan.

2. Memotong Pisang

Kupas kulit pisang raja dan potong-potong setiap buah pisang menjadi 4 bagian. Setelah itu, letakkan pisang-pisang tersebut di atas piring atau wadah yang bisa masuk ke dalam kulkas. Masukkan dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit, atau hingga pisang yang telah dipotong dingin dan agak mengeras.

3. Membuat Adonan Tepung Roti

Setelah memotong pisang, langkah selanjutnya adalah membuat adonan tepung roti. Campurkan tepung roti, tepung terigu, gula pasir, dan susu bubuk dalam satu wadah. Aduk rata.

4. Membuat Adonan Cairan

Masukkan susu cair ke dalam wadah, kemudian tambahkan tepung maizena. Aduk hingga larut dan tidak bergerindil.

5. Mencelupkan Pisang ke dalam Cairan

Setelah membuat adonan tepung roti dan cairan, langkah selanjutnya adalah mencelupkan potongan pisang ke dalam adonan cairan. Pastikan setiap bagian pisang terlapisi adonan cairan dengan merata.

6. Mencelupkan Pisang ke dalam Adonan Tepung Roti

Setelah mencelupkan pisang ke dalam cairan, langkah selanjutnya adalah mencelupkan ke dalam adonan tepung roti. Pastikan setiap bagian pisang terlapisi adonan tepung roti dengan merata. Tekan-tekan sedikit agar tepung roti menempel dengan baik pada pisang.

7. Menggoreng Pisang Nugget

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak goreng panas, goreng pisang nugget hingga kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

TRENDING 🔥  Cara Mencuci Spons Bedak untuk Hasil Bersih dan Higienis

8. Pisang Nugget Siap Disajikan

Selamat, pisang nugget yang enak dan krispi siap untuk disajikan. Anda bisa menambahkan topping sesuai selera seperti saus cokelat atau keju parut.

FAQ tentang Cara Bikin Pisang Nugget

1. Apakah pisang nugget dapat disimpan untuk dimakan di kemudian hari?

Ya, pisang nugget dapat disimpan dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan untuk menghangatkannya kembali sebelum disajikan.

2. Bahan apa saja yang dapat ditambahkan pada adonan tepung roti?

Anda bisa menambahkan garam, cokelat bubuk, atau rempah-rempah seperti kayu manis atau jahe untuk memberi rasa yang lebih pada adonan tepung roti.

3. Apakah tepung maizena bisa diganti dengan tepung sagu?

Ya, tepung sagu dapat digunakan sebagai pengganti tepung maizena.

4. Bagaimana cara membuat pisang nugget agar krispi di luar namun lembut di dalam?

Pastikan pisang yang digunakan sudah cukup matang dan dipotong menjadi bagian-bagian yang tidak terlalu besar. Gunakan juga tepung roti yang berkualitas untuk membuatnya lebih krispi. Selain itu, pastikan minyak goreng yang digunakan sudah cukup panas sebelum menggoreng pisang nugget.

5. Bisakah pisang nugget dijadikan oleh-oleh?

Tentu saja, pisang nugget yang krispi dan lembut sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman-teman.

Kesimpulan

Buatlah pisang nugget yangenak dan krispi di luar namun lembut di dalam dengan mengikuti panduan di atas. Jangan lupa untuk menikmati pisang nugget yang telah Anda buat dengan saus cokelat atau keju parut. Selamat mencoba!

Cara Bikin Pisang Nugget: Panduan Lengkap