Cara Bikin Tongseng Sapi – Resep Tongseng Sapi Lezat

>Hello Sohib EditorOnline! In this article, we will be discussing a popular Indonesian dish, tongseng sapi. Tongseng sapi is a flavorful stew made with beef or mutton, vegetables, and a mix of various spices. It is a dish that is loved by many and is perfect for any occasion. In this article, we will be sharing a step-by-step guide on how to make tongseng sapi, along with some tips and tricks to make it even more delicious. Let’s get started!

Siapkan Bahan-Bahannya

Sebelum memasak tongseng sapi, pastikan semua bahan sudah disiapkan dengan baik. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Daging sapi 500 gram
Santan 500 ml
Jahe 2 cm, memarkan
Bawang putih 5 siung, cincang halus
Bawang merah 5 siung, cincang halus
Sereh 2 batang, memarkan
Daun salam 3 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Cabe merah 10 buah, iris serong
Gula merah 50 gram
Garam secukupnya
Air secukupnya

Anda juga bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan kentang sesuai selera.

Cara Memasak Tongseng Sapi

1. Rebus Daging Sapi

Pertama-tama, rebus daging sapi dalam air yang cukup hingga empuk. Setelah empuk, angkat dan potong-potong sesuai selera.

2. Tumis Bumbu

Siapkan wajan, tumis jahe, bawang putih, dan bawang merah hingga harum. Tambahkan sereh, daun salam, dan lengkuas. Masukkan potongan daging sapi dan aduk rata.

3. Tambahkan Santan

Tuang santan ke dalam wajan dan aduk rata. Tambahkan irisan cabe merah, gula merah, dan garam. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur dengan baik.

4. Masak Hingga Matang

Biarkan tongseng sapi mendidih dan santan mengental. Masak hingga semua bahan matang dan bumbu meresap ke dalam daging. Angkat dan sajikan.

Tips Memasak Tongseng Sapi

1. Pilih Daging yang Bermutu

Pilih daging sapi yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang lebih lezat. Daging yang empuk dan tidak berbau adalah tanda daging yang baik.

2. Potong-potong Daging dengan Benar

Potong daging sapi dengan ukuran yang sama agar memudahkan saat dimasak. Potong dengan arah serat agar daging tidak keras saat dimakan.

3. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Air

Tongseng sapi sebaiknya dimasak dalam jumlah air yang sedikit agar cita rasa lebih kuat dan kental.

TRENDING 🔥  Cara Mengurus Tanah yang Belum Bersertifikat

4. Tambahkan Sayuran Sesuai Selera

Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel dan kentang untuk menambahkan variasi dan kandungan gizi dalam tongseng sapi.

FAQ

Apa Bedanya Tongseng dengan Gulai?

Tongseng dan gulai keduanya adalah masakan khas Indonesia yang menggunakan santan. Perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan. Tongseng menggunakan bumbu yang lebih banyak, seperti jahe, lengkuas, dan sereh, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat.

Dapatkah Tongseng Sapi Disimpan?

Ya, tongseng sapi bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, aromanya akan berbeda dan dagingnya bisa menjadi lebih keras setelah disimpan.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Tongseng Terlalu Pedas?

Jika tongseng terlalu pedas, Anda bisa menambahkan santan atau gula merah untuk menetralkan rasa pedas. Anda juga bisa menambahkan irisan tomat atau mentimun segar untuk menyeimbangkan rasa pedas.

Berapa Lama Memasak Tongseng Sapi?

Waktu memasak tongseng sapi sekitar 1-2 jam tergantung pada jenis daging yang digunakan. Daging yang empuk akan membutuhkan waktu memasak yang lebih singkat sedangkan daging yang lebih keras membutuhkan waktu memasak yang lebih lama.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Santan Pecah?

Jika santan pecah, Anda bisa menambahkan sedikit tepung sagu atau tepung maizena untuk mengikat santan kembali.

Penutup

Demikianlah cara bikin tongseng sapi yang lezat dan gurih. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa membuat tongseng sapi yang sempurna di rumah. Jangan lupa untuk menambahkan sayuran dan bahan lainnya sesuai selera. Selamat mencoba!

Cara Bikin Tongseng Sapi – Resep Tongseng Sapi Lezat