Cara Bikin Video Pake Lagu

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu suka membuat video dengan musik pilihanmu sendiri? Mungkin kamu pernah mengalami kesulitan dalam memilih lagu yang sesuai dengan tema video atau bahkan tidak tahu cara membuat video dengan musik. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan tips lengkap tentang cara bikin video pake lagu dengan mudah dan cepat.

1. Pilih Lagu yang Sesuai dengan Tema Video

Langkah pertama dalam membuat video dengan musik adalah memilih lagu yang sesuai dengan tema video. Jika kamu membuat video tentang perjalanan, pilihlah lagu yang berirama santai dan menenangkan. Jika kamu membuat video tentang pesta, pilihlah lagu yang berirama cepat dan menggelegar. Pilihlah lagu yang dapat meningkatkan suasana dan suasana hati penonton.

Tidak hanya memilih lagu yang tepat, pastikan juga hak cipta terhadap lagu yang akan digunakan. Jangan menggunakan lagu atau musik yang dilindungi hak cipta tanpa izin dari pemilik hak cipta, hal ini bisa menimbulkan permasalahan hukum dan dampak buruk pada channel youtube atau media sosialmu.

2. Tentukan Durasi Video

Setelah menentukan lagu yang akan digunakan, tentukan durasi video yang akan dibuat. Jika lagu yang telah dipilih memiliki durasi yang panjang, maka kamu bisa mengedit lagu tersebut dengan cara memotong atau memendekkannya agar sesuai dengan durasi video yang diinginkan. Pastikan jangan memakai seluruh durasi lagu bila kepanjangan atau terlalu pendek.

3. Gunakan Aplikasi Edit Video

Selanjutnya, kamu harus memilih aplikasi edit video yang sesuai dengan kebutuhanmu. Ada banyak aplikasi edit video yang dapat digunakan, baik gratis maupun berbayar seperti Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro, dan iMovie. Tergantung pada kebutuhan kamu, pilih aplikasi edit video yang tepat untuk mengedit video dan audio lagu.

Untuk aplikasi yang gratis yang bisa kamu gunakan adalah iMovie yang sudah terinstal pada ponsel Apple atau Filmora Go yang bisa kamu download melalui PlayStore atau App Store. Kedua aplikasi tersebut sudah cukup baik dalam pengeditan video meskipun tidak terlalu banyak efek-efek yang tersedia.

4. Siapkan Materi Foto atau Video

Sebelum mengedit video dengan lagu, siapkan dulu materi foto atau video yang akan digunakan. Pilih foto dan video yang berkualitas dan relevan dengan tema video yang akan dibuat. Hindari foto dan video yang buram, kabur dan terlalu gelap. Gunakan foto atau video yang berkualitas agar video yang dihasilkan terlihat profesional dan menarik.

4.1. Pilih Foto atau Video yang Berkualitas

Foto dan video yang buram, kurang cahaya, kabur, atau kurang jelas akan menurunkan kualitas video. Pastikan kamu memilih foto dan video yang berkualitas dan relevan dengan tema video yang kamu buat. Kamu bisa memilih foto dari album ponselmu atau mengambil foto baru yang sesuai dengan tema video.

4.2. Hindari Menggunakan Foto atau Video Berlebihan

Terlalu banyak menggunakan foto atau video dapat menyebabkan video terasa berlebihan dan membosankan. Gunakan foto atau video yang penting dan relevan dengan tema video. Sesuaikan foto atau video dengan lagu yang dipilih agar video terlihat lebih menarik dan menyenangkan.

TRENDING 🔥  Cara Atasi Gusi Bengkak

5. Sambungkan Lagu dengan Video

Setelah semua bahan siap, sambungkan lagu dengan video menggunakan aplikasi edit video yang telah dipilih. Dalam mengedit video, kamu bisa menyesuaikan lagu dengan durasi foto dan video yang ada. Pasangkan foto atau video dengan irama musik yang sesuai agar video terlihat lebih hidup dan menarik.

5.1. Sesuaikan Durasi Lagu dengan Video

Jangan lupa untuk menyesuaikan durasi lagu dengan durasi video agar semua bahan dapat disatukan dengan baik. Kamu bisa memotong atau memendekkan durasi lagu agar sesuai dengan durasi video yang diinginkan. Pastikan kamu tidak memakai seluruh lagu bila terlalu panjang atau terlalu pendek. Buat momen yang tepat dan harmonis antara video dan lagu.

5.2. Tambahkan Efek-efek pada Video

Agar video terlihat lebih menarik dan dinamis, kamu bisa menambahkan efek-efek pada video yang sudah disatukan dengan lagu. Beberapa efek yang bisa dipakai adalah fade in, fade out, transisi, dan efek animasi. Pertimbangkan efek-efek tersebut untuk menyesuaikan dengan tema video kamu.

6. Simpan Video dengan Benar

Setelah mengedit video dengan lagu, jangan lupa untuk menyimpan dan mengekspor video dengan benar agar hasil akhir video terlihat lebih baik. Kamu dapat menyimpan video pada format MP4 atau MOV, atau format lainnya yang didukung oleh aplikasi edit video yang digunakan.

Jangan lupa untuk mengatur resolusi video dan kualitas video. Pilih resolusi dan kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Resolusi video yang umum dipakai adalah 1080p dan 720p sedangkan kualitas video yang umum dipakai adalah High dan Medium. Kamu bisa menyesuaikan kualitas video agar dapat disesuaikan dengan media publikasimu.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah harus menggunakan lagu dengan hak cipta? Tidak, kamu juga bisa menggunakan lagu bebas royalti.
2 Apakah harus membeli aplikasi edit video yang mahal? Tidak, kamu dapat menggunakan aplikasi edit video yang gratis.
3 Di mana bisa mendapatkan foto atau video berkualitas? Kamu bisa mendapatkan foto atau video berkualitas di media sosial atau layanan banci gambar seperti Shutterstock atau Unsplash.
4 Bagaimana cara menyelaraskan lagu dengan video? Kamu bisa menggunakan aplikasi edit video untuk menyelaraskan lagu dengan video. Pastikan durasi lagu sesuai dengan durasi video atau kamu bisa memotong atau memendekkan lagu agar sesuai dengan durasi video.
5 Bagaimana cara mengekspor video dengan benar? Kamu bisa mengekspor video pada format MP4 atau MOV, dan pilih resolusi dan kualitas video yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Pastikan kamu telah menyimpan video dengan benar agar hasil akhir video terlihat lebih baik.

Kesimpulan

Membuat video dengan musik yang tepat akan memberikan pengalaman menarik bagi penonton. Dengan mengikuti tips cara bikin video pake lagu yang telah disebutkan di atas, kamu dapat membuat video dengan musik sesuai dengan tema video kamu. Pastikan kamu memilih lagu bebas hak cipta, aplikasi edit video yang tepat dan foto atau video yang berkualitas. Selamat mencoba!

Cara Bikin Video Pake Lagu