Cara Buat Feed IG Nyambung

>Hello Sohib EditorOnline! Are you tired of having an Instagram feed that looks disorganized and lacking in coherence? Don’t worry, in this article we will provide you with 20 steps to create a feed that is not only visually appealing, but also flows seamlessly from one post to another.

1. Tentukan Tema

Langkah pertama untuk membuat feed IG yang nyambung adalah menentukan tema. Tema ini bisa berupa warna, gaya fotografi, atau jenis konten yang akan diposting. Pastikan tema yang dipilih sesuai dengan merek atau personal branding Anda.

Jika tema yang dipilih sudah jelas, akan lebih mudah untuk menentukan jenis konten apa yang harus diposting dan bagaimana cara menyusun feed dengan baik.

1.1 Pilih Warna

Jika Anda memilih untuk menggunakan warna sebagai tema, pastikan untuk memilih warna yang sesuai dengan image merek Anda. Misalnya, jika brand Anda adalah toko bunga, warna-warna pastel seperti pink dan hijau dapat menjadi pilihan yang tepat.

Setelah memilih warna, pastikan setiap foto memiliki elemen warna yang sama atau similar untuk membuat feed terlihat serasi dan harmonis.

1.2 Gaya Fotografi

Jika Anda memilih gaya fotografi sebagai tema, pastikan untuk tetap konsisten dalam setiap foto yang diambil. Contohnya, gaya minimalis atau konsep back-to-nature. Gaya fotografi yang dipilih harus mencerminkan brand atau personal branding Anda.

2. Sesuaikan Komposisi Foto

Setelah menentukan tema, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan komposisi foto. Pastikan setiap foto memiliki kualitas yang baik dan terlihat seimbang dalam ruang tayang IG.

Anda bisa memanfaatkan fitur frame di IG untuk membuat foto terlihat lebih menarik. Selain itu, pastikan juga untuk memperhatikan keseimbangan warna dan sudut pengambilan gambar.

2.1 Perhatikan Rasio Aspek

Agar feed IG terlihat rapi dan seimbang, pastikan untuk memperhatikan rasio aspek di setiap foto. Jika salah satu foto memiliki rasio yang berbeda-beda, itu akan membuat feed terlihat kacau.

Silakan gunakan aplikasi editing foto seperti VSCO, Lightroom, atau Snapseed untuk memperbaiki rasio aspek tersebut.

2.2 Pilih Komposisi yang Tepat

Komposisi foto juga harus disesuaikan dengan tema yang dipilih. Misalnya, jika tema yang dipilih adalah minimalis, pastikan untuk memilih komposisi yang sederhana dan tidak terlalu banyak elemen.

Sedangkan jika tema yang dipilih adalah back-to-nature, komposisi yang tepat adalah dengan menonjolkan elemen alam seperti pohon atau bunga di sekitar objek yang akan difoto.

3. Gunakan Filter yang Tepat

Filter IG adalah fitur editing foto yang sangat populer dan bisa digunakan untuk menciptakan keserasian pada feed IG. Pastikan untuk memilih filter yang tepat dan tetap konsisten dalam setiap foto yang diunggah.

Jika Anda tidak ingin menggunakan filter, pastikan untuk mengatur koreksi warna atau pencahayaan secara manual agar feed terlihat seimbang.

3.1 Pilih Filter yang Sesuai

Salah satu yang harus diperhatikan saat menggunakan filter adalah memilih filter yang sesuai dengan tema yang dipilih. Misalnya, jika tema adalah minimalis, filter yang tepat adalah yang membuat foto terlihat lebih tajam dan kontras.

Sedangkan jika tema yang dipilih adalah warna-warna pastel, filter yang tepat adalah yang membuat foto terlihat lebih lembut dan cerah.

3.2 Koreksi Warna Secara Manual

Jika Anda tidak ingin menggunakan filter, Anda masih bisa mengatur koreksi warna atau pencahayaan secara manual dengan menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO atau Lightroom. Dengan demikian, feed IG akan terlihat seimbang dan harmonis.

4. Buat Konten yang Unik

Jika ingin feed IG yang nyambung, pastikan juga untuk membuat konten yang unik dan berbeda dari setiap akun lain. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan ide-ide kreatif atau mengambil sudut pandang yang berbeda dalam setiap foto yang diunggah.

TRENDING 🔥  Cara Menghapus Tulisan TikTok

Buatlah feed menjadi lebih menarik dengan mengambil konsep yang baru dan belum pernah dilakukan sebelumnya.

4.1 Kreatif dengan Ide Konten

Untuk membuat feed IG yang nyambung, pastikan untuk memikirkan ide-ide kreatif atau unik dalam setiap foto yang diunggah. Misalnya, membuat foto dengan konsep “then and now” yang menunjukkan perbandingan masa lalu dan sekarang, atau membuat foto-foto dengan konsep huruf dari nama Anda.

Hal ini akan membuat feed IG lebih berbeda dan menarik, dan tentunya akan meningkatkan engagement dari follower.

4.2 Mengambil Sudut Pandang yang Berbeda

Selain ide-ide kreatif, mengambil sudut pandang yang berbeda juga dapat meningkatkan keunikan dari konten yang diunggah. Misalnya, mengambil foto dari sudut pandang yang tidak biasa atau menampilkan objek dengan cara yang berbeda.

Ini akan membuat feed terlihat lebih menarik dan memberikan nilai tambah bagi follower yang melihatnya.

5. Gunakan Hashtag

Hashtag adalah salah satu cara untuk meningkatkan peluang agar postingan terlihat oleh orang yang belum menjadi follower kita. Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan tema dan konten yang diunggah.

Gunakan hashtag yang populer, namun jangan terlalu banyak menggunakan hashtag agar feed terlihat profesional dan tidak terlihat spammy.

5.1 Hashtag yang Relevan

Pastikan untuk menggunakan hashtag yang relevan dengan konten yang diunggah. Misalnya, jika postingan adalah tentang bunga, gunakan hashtag yang berkaitan dengan bunga seperti #flower atau #flowerstagram.

Ini akan meningkatkan peluang agar postingan terlihat oleh orang yang sedang mencari informasi yang berkaitan dengan konten tersebut.

5.2 Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Hashtag

Terlalu banyak menggunakan hashtag akan membuat feed terlihat spammy dan tidak profesional. Gunakan hashtag dengan bijak, dan pastikan untuk tidak menggunakan lebih dari 15-20 hashtag pada setiap postingan.

Dengan begitu, feed IG akan terlihat lebih rapi dan mudah dipahami oleh follower.

6. Perhatikan Waktu Unggah

Waktu unggah juga mempengaruhi kesuksesan feed IG yang nyambung. Pastikan untuk mengunggah postingan pada waktu yang tepat agar mendapat engagement yang maksimal dari follower.

Perhatikan juga waktu unggah pada hari-hari tertentu seperti weekend atau hari libur nasional, saat orang-orang memiliki lebih banyak waktu untuk berselancar di IG.

6.1 Waktu Unggah yang Tepat

Waktu unggah yang tepat adalah saat follower sedang aktif di IG. Misalnya, pada jam-jam tertentu seperti pagi hari atau malam hari.

Untuk mengetahui waktu yang tepat, Anda bisa melakukan trial and error dengan mengunggah pada berbagai waktu dan melihat engagement yang diterima dari setiap postingan.

6.2 Hari-Hari Tertentu

Hari-hari tertentu seperti weekend atau hari libur nasional juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunggah postingan. Hal ini karena pada hari-hari tersebut, orang-orang memiliki lebih banyak waktu untuk berselancar di IG dan melihat postingan Anda.

7. Buat Jadwal Konten

Jika ingin feed IG yang nyambung, pastikan juga untuk membuat jadwal konten. Dengan membuat jadwal konten, Anda akan lebih mudah untuk mempersiapkan konten dan mengunggahnya secara konsisten.

Setiap konten yang diunggah harus memiliki kesinambungan dengan konten sebelumnya, sehingga feed terlihat seimbang dan harmonis.

7.1 Buat Jadwal Konten Mingguan

Buatlah jadwal konten mingguan yang mencakup tema, jenis konten, dan waktu unggah. Dengan demikian, Anda akan lebih mudah untuk mengatur dan mempersiapkan konten yang akan diunggah selama seminggu kedepan.

7.2 Buat Konten yang Berkaitan

Konten yang diunggah harus berkaitan dengan tema dan memiliki kesinambungan dengan konten sebelumnya. Misalnya, jika tema yang dipilih adalah warna pastel, pastikan setiap foto memiliki elemen warna pastel yang sama atau similar.

Hal ini akan membuat feed terlihat lebih harmonis dan nyambung.

8. Berinteraksi dengan Follower

Interaksi dengan follower juga sangat penting dalam membangun feed IG yang nyambung. Pastikan untuk merespon setiap komentar atau DM yang diterima dari follower dan berinteraksi dengan mereka secara aktif.

Hal ini akan meningkatkan engagement dan membangun hubungan yang baik antara Anda dan follower.

8.1 Merespon Setiap Komentar atau DM

Setiap komentar atau DM yang diterima dari follower harus direspons dengan baik. Pastikan untuk menjawab setiap pertanyaan atau komentar dengan sopan dan ramah.

Ini akan meningkatkan kepercayaan dan membuat follower merasa dihargai oleh Anda.

8.2 Berinteraksi dengan Follower Secara Aktif

Berinteraksi dengan follower juga harus dilakukan secara aktif. Anda bisa membuat story atau IG Live untuk berkomunikasi dengan follower dan membangun hubungan yang lebih baik.

Hal ini akan membuat follower merasa dekat dan terhubung dengan Anda, dan tentunya meningkatkan engagement pada feed Anda.

9. Hilangkan Foto yang Tidak Sesuai

Jika ada foto yang tidak sesuai dengan kesinambungan feed, sebaiknya dihapus agar feed terlihat lebih rapi dan konsisten.

Hal ini juga akan memberikan kesempatan untuk menciptakan konten yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tema yang dipilih.

9.1 Hapus Foto yang Tidak Sesuai

Jangan ragu untuk menghapus foto yang tidak sesuai dengan kesinambungan feed. Pastikan untuk memilih foto yang tidak memiliki kesinambungan dengan konten sebelumnya, atau yang tidak sesuai dengan tema yang dipilih.

Dengan demikian, feed IG akan terlihat lebih rapi dan konsisten.

TRENDING 🔥  Cara Verifikasi Nomor HP: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

9.2 Ciptakan Konten yang Berkualitas

Setelah menghapus foto yang tidak sesuai, pastikan untuk menciptakan konten yang lebih berkualitas dan sesuai dengan tema yang dipilih. Hal ini akan meningkatkan kesinambungan dan membuat feed terlihat lebih menarik untuk diikuti.

10. Jangan Terlalu Sering Selfie

Jangan terlalu sering mengunggah selfie atau foto diri sendiri, terutama jika Anda menggunakan feed IG untuk merepresentasikan merek atau personal branding Anda. Konten yang diunggah harus mencerminkan merek atau personal branding, bukan hanya tentang diri sendiri.

10.1 Gunakan Foto yang Berkaitan dengan Branding

Pastikan untuk memilih foto yang berkaitan dengan branding. Misalnya, jika merek Anda adalah toko bunga, pastikan untuk mengunggah foto-foto bunga atau produk yang dijual, bukan hanya tentang diri sendiri.

Ini akan meningkatkan kesinambungan dan membuat feed terlihat lebih profesional.

10.2 Gunakan Foto dari Sudut yang Berbeda

Menggunakan foto dari sudut yang berbeda juga dapat membuat feed terlihat lebih menarik daripada selfie atau foto diri. Misalnya, mengambil foto produk dari sudut yang berbeda atau menggunakan foto-foto dari sumber lain yang berkaitan dengan tema yang dipilih.

11. Gunakan Elemen yang Sama

Salah satu cara untuk membuat feed IG yang nyambung adalah dengan menggunakan elemen yang sama di setiap foto yang diunggah. Misalnya, menggunakan elemen warna yang sama atau similar, atau menggunakan elemen komposisi yang serupa dalam setiap foto.

11.1 Gunakan Elemen Warna yang Sama

Pastikan untuk menggunakan elemen warna yang sama atau similar di setiap foto. Ini akan membuat feed terlihat lebih seimbang dan harmonis.

Anda bisa menggunakan aplikasi editing foto seperti VSCO atau Lightroom untuk memperkuat elemen warna pada foto yang diunggah.

11.2 Gunakan Elemen Komposisi yang Serupa

Elemen komposisi yang serupa juga dapat membuat feed terlihat lebih nyambung. Misalnya, menggunakan frame atau bentuk yang sama dalam setiap foto atau mengambil sudut pandang yang serupa dalam setiap foto yang diunggah.

Ini akan membuat feed terlihat lebih seimbang dan menarik.

12. Jangan Bergantung pada Filter

Jangan terlalu bergantung pada filter saat mengedit foto. Terlalu banyak filter yang digunakan akan membuat feed terlihat tidak alami dan kurang professional.

Gunakan koreksi warna dan pencahayaan secara manual jika memungkinkan, atau gunakan aplikasi editing foto yang lebih professional seperti VSCO atau Lightroom.

12.1 Gunakan Koreksi Warna dan Pencahayaan Secara Manual

Gunakan fitur koreksi warna dan pencahayaan secara manual jika memungkinkan. Ini akan membuat hasil lebih alami dan profesional.

Anda juga bisa menggunakan aplikasi editing foto yang lebih advanced seperti VSCO atau Lightroom untuk menciptakan efek yang lebih dramatis pada foto yang diunggah.

12.2 Gunakan Filter Moderat

Gunakan filter dengan bijak dan moderat. Terlalu banyak filter akan membuat feed terlihat tidak alami dan kacau.

Cobalah untuk menggunakan filter yang lebih natural dan soft, dan pastikan untuk tidak menggunakan filter yang sama pada setiap foto yang diunggah.

13. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Foto dari Internet

Jangan terlalu banyak menggunakan foto dari internet. Foto yang diunggah harus original dan sesuai dengan merek

Cara Buat Feed IG Nyambung