Cara Buat Lamaran Kerja Tulis Tangan

>Salam sejahtera untuk Sohib EditorOnline dan para pembaca sekalian. Hari ini kita akan membahas tentang cara membuat lamaran kerja tulis tangan. Mungkin saat ini sebagian besar orang lebih memilih untuk mengirimkan lamaran kerja via email atau online, namun tidak ada salahnya untuk mengetahui cara membuat lamaran kerja tulis tangan yang baik dan benar. Berikut adalah langkah-langkah dan tips dalam membuat lamaran kerja tulis tangan yang dapat membantu Anda dalam mencari pekerjaan.

1. Pahami Perusahaan yang Anda Lamar

Sebelum membuat lamaran kerja, sebaiknya Anda memahami perusahaan yang Anda lamar terlebih dahulu. Mulailah dengan mencari informasi tentang perusahaan, seperti visi, misi, dan nilai-nilai yang dimilikinya. Selain itu, cari tahu juga tentang jenis pekerjaan yang Anda lamar, persyaratan yang dibutuhkan, dan tugas-tugas apa saja yang akan dilakukan. Informasi ini akan membantu Anda dalam menulis lamaran kerja yang sesuai dengan harapan perusahaan.

Setelah memahami perusahaan yang ingin Anda lamar, langkah selanjutnya adalah mengetahui bagaimana format lamaran kerja yang baik dan benar. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat lamaran kerja tulis tangan:

2. Gunakan Kertas Berkualitas Baik

Gunakan kertas yang berkualitas baik, seperti kertas jenis bond atau linen dengan warna yang netral, seperti putih atau krem. Selain itu, pastikan ukuran kertas yang Anda gunakan sesuai dengan standar, yaitu A4 atau Letter.

3. Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar

Pada saat menulis lamaran kerja, gunakan bahasa yang baik dan benar, jangan sampai terdapat kesalahan tata bahasa atau ejaan. Pastikan juga bahwa lamaran Anda menggunakan kalimat-kalimat yang mudah dipahami oleh pembaca. Jangan gunakan bahasa yang terlalu formal atau terlalu santai.

4. Isi Lamaran Kerja yang Akurat

Isi lamaran kerja harus akurat dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Jangan membuat informasi palsu atau mengada-ada, karena hal ini dapat merugikan diri sendiri di kemudian hari.

5. Jangan Memasukkan Foto Terlalu Banyak

Jangan memasukkan foto terlalu banyak dalam lamaran kerja, cukup satu foto saja yang mencerminkan diri Anda secara profesional.

6. Gunakan Penulisan Tangan yang Rapi

Guna memberikan kesan profesional dan rapi, pastikan penulisan tangan Anda tidak cacat atau terlalu tidak rapi.

7. Gunakan Surat Perkenalan sebagai Pendahuluan

Sebaiknya gunakan surat perkenalan sebagai pendahuluan dalam lamaran kerja Anda. Hal ini bisa menampilkan kualitas Anda yang baik dan memberikan pengantar kepada pembaca mengenai isi lamaran kerja.

8. Sampaikan Nama Perusahaan, Alamat, dan Pengirim

Sampaikan nama perusahaan, alamat, dan pengirim dengan lengkap dan jelas. Hal ini sangat penting agar lamaran kerja Anda tersampaikan dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Menyembuhkan Hidung Tidak Bisa Mencium Bau

9. Sampaikan Pengalaman dan Keahlian Anda dengan Jelas

Sampaikan pengalaman dan keahlian Anda dengan jelas dalam lamaran kerja. Hal ini akan memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan dan keterampilan yang Anda miliki.

10. Jangan Mengulang Keterangan yang Sama dengan CV

Jangan mengulang keterangan yang sama dengan CV dalam lamaran kerja. Sebaliknya, gunakan lamaran kerja Anda untuk menjelaskan hal-hal yang tidak tertulis dalam CV, seperti alasan Anda mengajukan lamaran dan bagaimana Anda dapat berkontribusi bagi perusahaan.

11. Tuliskan Bahasa yang Mudah Dipahami

Tuliskan bahasa yang mudah dipahami dalam lamaran kerja. Hal ini akan sangat membantu pembaca dalam memahami isi dari lamaran kerja yang Anda buat.

12. Gunakan Kalimat yang Singkat dan Padat

Gunakan kalimat yang singkat dan padat dalam lamaran kerja, sehingga mudah dipahami oleh pembaca.

13. Jangan Menggunakan Frasa Klise

Jangan menggunakan frasa klise yang terlalu umum dalam lamaran kerja, seperti “saya sangat tertarik untuk bergabung dengan perusahaan Anda”. Sebaliknya, gunakan kalimat yang lebih spesifik dan menunjukkan bahwa Anda memang benar-benar tertarik dengan pekerjaan dan perusahaan tersebut.

14. Gunakan Contoh Kasus atau Proyek

Gunakan contoh kasus atau proyek yang pernah Anda kerjakan sebagai bukti bahwa Anda memang memiliki pengalaman dan keahlian yang relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar.

15. Buat Paragraf dalam 3-4 Kalimat

Buat paragraf dalam 3-4 kalimat agar lamaran kerja lebih mudah dibaca dan dimengerti.

16. Jangan Membuat Lamaran Kerja Terlalu Panjang

Jangan membuat lamaran kerja terlalu panjang, cukup sekitar 1-2 halaman saja. Lamaran kerja yang terlalu panjang dapat membuat pembaca menjadi bosan dan kehilangan minat dalam membaca.

17. Sampaikan Motivasi dan Karakter Anda

Sampaikan motivasi dan karakter Anda dalam lamaran kerja. Hal ini akan memberikan gambaran kepada pembaca mengenai siapa Anda sebenarnya dan bagaimana Anda dapat berkontribusi bagi perusahaan.

18. Sampaikan Harapan Anda dengan Sopan

Sampaikan harapan Anda dengan sopan dalam lamaran kerja. Hal ini akan membuat perusahaan merasa bahwa Anda adalah kandidat yang sopan dan menghargai orang lain.

19. Cek Kembali Lamaran Kerja Anda

Sebelum mengirimkan lamaran kerja, pastikan untuk selalu memeriksa kembali kesalahan ejaan, tata bahasa, dan keterangan yang salah atau tidak akurat.

20. FAQ

1. Apakah benar masih ada perusahaan yang menerima lamaran kerja tulis tangan?

Ya, masih banyak perusahaan yang menerima lamaran kerja tulis tangan, terutama untuk posisi yang membutuhkan keterampilan menulis tangan yang baik dan rapi.

2. Apa saja format yang harus diperhatikan dalam membuat lamaran kerja tulis tangan?

Format yang harus diperhatikan dalam membuat lamaran kerja tulis tangan antara lain gunakan kertas berkualitas baik, gunakan bahasa yang baik dan benar, isilah lamaran kerja dengan informasi yang akurat, dan sampaikan pengalaman serta keahlian Anda dengan jelas.

3. Apakah surat perkenalan wajib disertakan dalam lamaran kerja tulis tangan?

Tidak wajib, namun surat perkenalan dapat membantu memberikan pengantar kepada pembaca mengenai isi lamaran kerja serta menampilkan kualitas diri Anda secara profesional.

Poin Penting Penjelasan
Pahami Perusahaan yang Anda Lamar Sebelum membuat lamaran kerja, sebaiknya Anda memahami perusahaan yang Anda lamar terlebih dahulu.
Gunakan Kertas Berkualitas Baik Gunakan kertas yang berkualitas baik, seperti kertas jenis bond atau linen dengan warna yang netral, seperti putih atau krem.
Gunakan Bahasa yang Baik dan Benar Pada saat menulis lamaran kerja, gunakan bahasa yang baik dan benar, jangan sampai terdapat kesalahan tata bahasa atau ejaan.
Isi Lamaran Kerja yang Akurat Isi lamaran kerja harus akurat dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
Jangan Memasukkan Foto Terlalu Banyak Jangan memasukkan foto terlalu banyak dalam lamaran kerja, cukup satu foto saja yang mencerminkan diri Anda secara profesional.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Website di WordPress

Demikianlah 20 cara buat lamaran kerja tulis tangan yang bisa Anda gunakan sebagai panduan dalam mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat!

Cara Buat Lamaran Kerja Tulis Tangan