Cara Buat Pertanyaan di IG yang Lagi Hits

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu ingin tahu cara membuat pertanyaan di Instagram yang lagi hits? Di artikel ini, saya akan membahas langkah-langkah membuat pertanyaan yang menarik dan menarik perhatian pengikutmu. Mari kita mulai!

1. Kenali Audience

Sebelum membuat pertanyaan di Instagram, kamu harus memahami audience atau pengikutmu. Siapa mereka dan apa yang mereka sukai? Apa topik favorit mereka? Dengan memahami audiencemu, kamu dapat membuat pertanyaan yang menarik dan relevan.

Untuk mengetahui audiencemu, perhatikan komentar dan respons mereka pada postinganmu. Juga, jangan ragu untuk bertanya langsung kepada mereka melalui direct message atau kuis sederhana.

Berikut cara membuat kuis sederhana:

Langkah Keterangan
1 Pilih topik kuis yang sesuai dengan nichemu
2 Buat pertanyaan dan pilihan jawaban
3 Bagikan di stori Instagram dan ajak pengikutmu untuk berpartisipasi
4 Umumkan pemenang dan berikan hadiah sederhana, seperti shoutout ke akun mereka

2. Kreatifitas adalah Kunci

Pertanyaan yang unik dan kreatif akan menarik perhatian pengikutmu. Jangan takut untuk membuat pertanyaan yang beda dari yang lain, misalnya berkaitan dengan momen yang sedang viral atau meme. Hal ini akan membuat pengikutmu tertarik untuk melihat lebih lanjut.

Untuk menambah kreativitasmu, jangan ragu untuk belajar dari akun-akun Instagram yang sukses dalam membuat pertanyaan menarik. Kamu bisa mendapatkan inspirasi dari cerita mereka dan mencoba membuat pertanyaan dengan gayamu sendiri.

3. Menggunakan Hashtag

Hashtag yang tepat sangat membantu agar pertanyaanmu lebih mudah ditemukan oleh pengguna Instagram lain. Kamu bisa menggunakan hashtag yang berkaitan dengan topik atau nichemu, misalnya #foodie, #travel, atau #fashion.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan hashtag karena akan terlihat spammy dan mengganggu audiencemu.

4. Perhatikan Waktu Posting

Waktu posting juga memengaruhi seberapa banyak interaksi yang kamu dapatkan dari pertanyaanmu. Umumnya, waktu posting yang baik adalah di pagi hari atau malam hari ketika audiencemu aktif di Instagram.

Jangan lupa juga untuk mengatur pertanyaanmu dengan waktu yang tepat. Misalnya, pertanyaan tentang makanan tidak cocok diposting di tengah malam.

5. Ajak Pengguna Lain untuk Berpartisipasi

Pengguna Instagram akan lebih senang berpartisipasi dalam pertanyaanmu jika kamu mengajak mereka secara langsung. Misalnya, kamu bisa menambahkan kalimat “Ayo share pendapatmu!” di akhir pertanyaanmu.

Atau, kamu juga bisa mengajak pengguna untuk menominasikan teman-temannya untuk menjawab pertanyaanmu.

6. Gunakan Emoji

Emoji dapat menambah kesan playful dan friendly pada pertanyaanmu. Tapi, jangan terlalu banyak menggunakan emoji karena akan mengganggu audiencemu dan membuat pertanyaanmu terlihat tidak serius.

Pilih emoji yang relevan dengan pertanyaanmu dan jangan tambahkan emoji yang tidak ada kaitannya.

7. Pertanyaan Open-Ended

Pertanyaan open-ended atau terbuka akan memunculkan diskusi yang lebih banyak dibandingkan dengan pertanyaan ya atau tidak. Pertanyaan seperti “Apa pendapatmu tentang…?” atau “Bagaimana pengalamanmu ketika…?” akan memicu audiencemu untuk memberikan jawaban yang lebih panjang.

Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan insight yang lebih dalam tentang audiencemu dan membangun relasi yang lebih kuat dengan mereka.

8. Pertanyaan Yes or No

Meskipun pertanyaan open-ended lebih baik, pertanyaan ya atau tidak juga bisa berguna dalam beberapa situasi. Pertanyaan semacam “Apakah kamu pernah…?” atau “Apakah kamu setuju dengan…?” dapat memicu respon cepat dari pengikutmu.

Gunakan pertanyaan ya atau tidak hanya ketika kamu ingin mendapatkan respon cepat atau ketika pertanyaanmu terkait dengan topik yang polos.

TRENDING 🔥  Cara Mengembalikan Postingan IG yang Terhapus

9. Pertanyaan A/B Test

Jika kamu bingung untuk memilih antara dua opsi, kamu bisa membuat pertanyaan A/B test. Misalnya, kamu bertanya “Kopi atau Teh?” atau “Pizza atau Burger?”

Dengan pertanyaan ini, kamu bisa mengukur preferensi audiencemu dan mengetahui topik apa yang lebih menarik bagi mereka.

10. Beberapa Jawaban

Memberikan beberapa pilihan jawaban pada pertanyaanmu dapat membantu audiencemu lebih mudah menjawab pertanyaanmu. Namun, jangan memberikan terlalu banyak pilihan karena akan membuat pertanyaanmu terlalu rumit.

Cukup berikan 2-4 pilihan yang relevan dengan pertanyaanmu dan sesuai dengan audiencemu.

11. Pertanyaan Multi-Part

Pertanyaan multi-part atau bertingkat akan membuat pertanyaanmu lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan dari audiencemu. Misalnya, kamu bertanya “Apa tempat wisata favoritmu di Bali?” lalu diikuti dengan “Apa yang kamu suka dari tempat wisata itu?”

Pertanyaan multi-part juga membantu audiencemu untuk memikirkan jawaban dengan lebih dalam dan memberikan pendapat yang lebih lengkap.

12. Gunakan Polling

Instagram menyediakan fitur polling di stori yang bisa kamu gunakan untuk membuat pertanyaanmu lebih interaktif. Kamu bisa menyertakan dua pilihan jawaban dan meminta pengikutmu untuk memilih salah satunya.

Fitur polling juga membantu kamu untuk mengetahui preferensi audiencemu dan mengukur keterlibatan mereka dengan pertanyaanmu.

13. Sertakan Gambar atau Video

Gambar atau video dapat membantu membuat pertanyaanmu lebih menarik dan mudah dimengerti. Misalnya, kamu mengunggah foto makanan dan bertanya “Apakah kamu pernah mencoba makanan ini?”

Atau, kamu juga bisa membuat video pendek sebagai pengantar pertanyaanmu dan menjelaskan lebih detail tentang topik yang kamu bahas.

14. Pertanyaan Tren

Pertanyaan tentang tren atau viral saat ini dapat menarik perhatian audiencemu. Misalnya, kamu bertanya “Kamu lebih suka aplikasi TikTok atau Instagram Reels?” atau “Apa pendapatmu tentang meme baru ini?”

Dengan pertanyaan tentang tren, kamu juga dapat menunjukkan bahwa kamu up-to-date dan mengikuti perkembangan terbaru di dunia sosial media.

15. Pertanyaan Kontroversial

Memancing kontroversi bisa menjadi cara untuk membuat pertanyaanmu lebih menarik dan meningkatkan keterlibatan audiencemu. Namun, kamu harus berhati-hati agar tidak menyinggung audiencemu atau mengeluarkan opini yang sensitif.

Jangan membuat pertanyaan yang terlalu kontroversial atau menghina kelompok tertentu. Ingatlah untuk selalu menghargai pendapat audiencemu meskipun berbeda dengan pendapatmu.

16. Pertanyaan Personal

Pertanyaan yang bersifat personal dapat membantu kamu membangun relasi yang lebih kuat dengan audiencemu. Misalnya, kamu bertanya “Apa hobi favoritmu?” atau “Apa cita-citamu di masa depan?”

Dengan pertanyaan personal, kamu dapat mengenal audiencemu lebih dalam dan membuat mereka merasa dihargai sebagai individu.

17. Jadikan Pertanyaan sebagai Konten Utama

Salah satu cara untuk membuat pertanyaanmu lebih menonjol adalah dengan menjadikannya sebagai konten utama. Misalnya, kamu membuat serangkaian pertanyaan dalam satu postingan atau membuat seri pertanyaan dalam beberapa postingan.

Dengan menjadikan pertanyaan sebagai konten utama, kamu dapat meningkatkan keterlibatan audiencemu dan membuat mereka kembali ke akunmu untuk melihat pertanyaan-pertanyaanmu selanjutnya.

18. Pertanyaan di Live Instagram

Jika kamu memiliki banyak pengikut di Instagram, kamu bisa membuat pertanyaan di live Instagram. Kamu bisa menjawab pertanyaan pengikutmu secara langsung dan membuat mereka merasa dekat denganmu sebagai public figure.

Untuk membuat pertanyaan di live Instagram, kamu bisa meminta pengikutmu untuk mengirimkan pertanyaan melalui direct message atau membuat polling di stori sebelum live dimulai.

19. Pertanyaan dengan Kontes

Memberikan hadiah atau kontes kecil bisa menjadi cara untuk meningkatkan keterlibatan audiencemu dengan pertanyaanmu. Misalnya, kamu bisa memberikan hadiah sederhana seperti shoutout ke akun mereka atau merchandise kecil.

Untuk membuat pertanyaan dengan kontes, kamu perlu membuat pertanyaan yang sesuai dan menarik bagi audiencemu. Jangan lupa untuk menjelaskan persyaratan kontes dan deadline yang jelas.

20. Gunakan Insight Instagram

Instagram menyediakan fitur insight yang dapat membantumu untuk mengevaluasi performa pertanyaanmu. Kamu bisa melihat berapa banyak orang yang melihat pertanyaanmu dan berapa banyak yang menjawabnya.

Dengan insight Instagram, kamu bisa mengetahui jenis pertanyaan apa yang lebih menarik bagi audiencemu dan memperbaiki strategimu ke depannya.

FAQ

1. Apa itu pertanyaan di Instagram?

Pertanyaan di Instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna Instagram untuk membuat pertanyaan dan meminta jawaban dari pengikutnya. Pertanyaan ini dapat dibuat melalui stori Instagram atau postingan Instagram.

TRENDING 🔥  Cara Gurah Suara dengan Bawang Putih

2. Bagaimana cara membuat pertanyaan di Instagram?

Untuk membuat pertanyaan di Instagram, kamu bisa menggunakan fitur stori Instagram atau membuat postingan Instagram. Di kedua opsi tersebut, kamu akan menemukan opsi untuk membuat pertanyaan.

3. Apa manfaat dari membuat pertanyaan di Instagram?

Membuat pertanyaan di Instagram dapat meningkatkan keterlibatan audiencemu dengan akunmu dan membantu kamu memperbaiki strategimu di platform ini. Pertanyaan juga dapat membantu kamu untuk mengetahui preferensi dan pendapat audiencemu.

4. Berapa banyak postingan pertanyaan yang sebaiknya dibuat dalam satu hari?

Secara umum, sebaiknya kamu membuat satu atau dua postingan pertanyaan dalam satu hari. Namun, kamu juga bisa menyesuaikan frekuensi postingan tergantung dari niche atau topikmu.

5. Bolehkah saya membayar pengikut untuk menjawab pertanyaan saya?

Tidak, tidak dianjurkan untuk membayar pengikutmu untuk menjawab pertanyaanmu. Hal ini tidak fair dan dapat merusak kredibilitas akunmu.

6. Bagaimana saya bisa mengevaluasi performa pertanyaan saya di Instagram?

Instagram menyediakan fitur insight yang dapat membantumu untuk mengevaluasi performa pertanyaanmu. Kamu bisa melihat statistik tentang berapa banyak orang yang melihat pertanyaanmu, berapa banyak yang menjawabnya, dan seberapa banyak pengikutmu tertarik dengan kontenmu.

Itulah 20 cara membuat pertanyaan di Instagram yang lagi hits. Semoga artikel ini membantu kamu untuk meningkatkan keterlibatan audiencemu dan membangun relasi yang lebih kuat dengan mereka. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan audiencemu dan membuat pertanyaan yang menarik dan relevan untuk mereka. Terima kasih Sohib EditorOnline untuk membaca artikel ini!

Cara Buat Pertanyaan di IG yang Lagi Hits