Cara Buat Roti Goreng: Lezat dan Mudah

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak suka dengan roti goreng yang gurih dan renyah? Apalagi jika roti goreng ini dibuat di rumah dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan. Dalam artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana cara membuat roti goreng yang lezat dan mudah untuk dicoba di rumah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat roti goreng, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Ragi instan 1 sendok teh
Gula pasir 2 sendok makan
Garam 1/2 sendok teh
Air hangat 150 ml
Telur 1 butir
Margarin 2 sendok makan
Minyak goreng secukupnya

Tepung Terigu

Tepung terigu adalah bahan utama dalam pembuatan roti goreng. Pastikan kamu memilih tepung terigu yang berkualitas dan cocok untuk membuat roti goreng. Tepung terigu dengan kadar protein yang tinggi lebih cocok untuk membuat roti goreng yang empuk dan kenyal.

Ragi Instan

Ragi instan digunakan untuk mengembangkan adonan roti. Kamu bisa memilih ragi instan merek apa saja, namun pastikan ragi instan masih dalam masa aktif.

Gula Pasir

Gula pasir digunakan untuk memberikan rasa manis pada roti goreng. Kamu bisa menyesuaikan jumlah gula pasir sesuai dengan selera.

Garam

Garam digunakan untuk memberikan rasa gurih pada roti goreng. Pastikan kamu menggunakan garam yang halal dan tidak terlalu banyak karena bisa membuat roti goreng terlalu asin.

Air Hangat

Air hangat digunakan untuk melarutkan ragi instan dan membantu pengembangan adonan roti. Pastikan air yang kamu gunakan tidak terlalu panas atau terlalu dingin agar adonan roti dapat berkembang dengan baik.

Telur

Telur digunakan sebagai bahan pengikat dan memberikan kelembutan pada roti goreng. Kamu bisa menggunakan telur ayam atau telur bebek sesuai dengan selera.

Margarin

Margarin digunakan untuk memberikan aroma dan kelembutan pada roti goreng. Kamu bisa menggunakan margarin atau butter sesuai dengan selera.

Cara Membuat Roti Goreng

Langkah 1: Siapkan Adonan Roti

Langkah pertama dalam membuat roti goreng adalah membuat adonan roti. Campurkan tepung terigu, ragi instan, gula pasir, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata.

Tambahkan air hangat dan telur ke dalam wadah tersebut. Aduk rata menggunakan sendok atau pengaduk adonan. Setelah tercampur rata, tambahkan margarin dan uleni adonan hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dua kali lipat.

TRENDING 🔥  Cara Daftar Prakerja Online Lewat HP Android

Langkah 2: Bentuk Adonan Roti

Setelah adonan roti mengembang, kempiskan adonan dengan cara ditekan-tekan menggunakan tangan. Kemudian, ambil sejumput adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil. Diamkan bola-bola adonan selama kurang lebih 10-15 menit.

Langkah 3: Goreng Roti

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak goreng panas, masukkan bola-bola adonan roti ke dalam wajan dan goreng hingga kecoklatan. Angkat dan tiriskan roti goreng di atas kertas minyak untuk menghilangkan sisa minyak yang berlebihan.

FAQ Roti Goreng

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara membuat roti goreng:

1. Apakah saya bisa menggunakan tepung terigu protein rendah untuk membuat roti goreng?

Bisa, namun roti goreng yang dibuat dengan tepung terigu protein rendah mungkin tidak sekenyal dan seempuk roti goreng yang dibuat dengan tepung terigu protein tinggi.

2. Apakah saya harus menggunakan ragi instan?

Tidak harus. Kamu juga bisa menggunakan ragi fresh atau sourdough sebagai pengembang adonan roti.

3. Berapa lama adonan roti harus diuleni?

Adonan roti harus diuleni hingga kalis dan tidak lengket di tangan. Waktu yang dibutuhkan untuk menguleni adonan roti bisa berbeda-beda, tergantung pada kecepatan pengulenan dan kondisi adonan.

4. Apakah saya bisa menambahkan bahan lain ke dalam adonan roti seperti keju atau cokelat?

Tentu saja. Kamu bisa menambahkan berbagai bahan tambahan ke dalam adonan roti untuk memberikan rasa dan tekstur yang berbeda-beda, seperti keju, cokelat, atau kacang-kacangan.

5. Apakah roti goreng harus dikukus sebelum digoreng?

Tidak perlu. Roti goreng bisa langsung digoreng tanpa harus dikukus terlebih dahulu.

Sekian artikel tentang cara membuat roti goreng yang lezat dan mudah. Selamat mencoba di rumah!

Cara Buat Roti Goreng: Lezat dan Mudah