Cara Buat Tape Singkong

>Halo Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel saya tentang cara membuat tape singkong. Tape singkong adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Rasanya manis dan khas dengan tekstur yang kenyal. Banyak orang menyukai tape singkong sebagai camilan atau makanan penutup. Di artikel ini, saya akan membahas langkah-langkah cara membuat tape singkong dengan mudah dan sederhana.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan semua bahan yang dibutuhkan tersedia. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Singkong 1 kg
Gula pasir 250 gram
Ragi tape 1 sendok makan
Air matang 1 liter

Langkah-langkah

1. Persiapan singkong

Pertama-tama, kupas singkong dan potong-potong kecil. Cuci bersih dengan air dan rendam singkong dalam air selama 1-2 jam. Kemudian tiriskan dan jemur singkong di bawah sinar matahari sampai kering.

2. Pembuatan air ragi

Siapkan air matang dalam panci dan tambahkan 1 sendok makan ragi tape. Aduk rata dan diamkan selama 15-20 menit sampai ragi larut dalam air.

3. Pencampuran singkong dan gula

Setelah singkong kering, masukkan dalam wadah dan campurkan dengan gula pasir. Aduk rata dan pastikan semua singkong tercampur dengan gula.

4. Penambahan air ragi

Tuangkan air ragi ke dalam wadah yang berisi campuran singkong dan gula. Aduk rata sampai semua singkong terendam dalam air ragi.

5. Fermentasi tape singkong

Tutup wadah rapat-rapat dengan plastik dan biarkan singkong difermentasi selama 2-3 hari. Proses fermentasi dapat memakan waktu lebih lama jika suhu ruangan terlalu dingin. Pastikan wadah diletakkan di tempat yang hangat dan tidak terkena sinar matahari langsung.

6. Cek kematangan tape singkong

Setelah 2-3 hari, buka plastik dan cek kematangan tape singkong. Jika sudah kenyal dan memiliki warna kekuningan, artinya tape singkong sudah matang dan siap disajikan.

FAQ

1. Apa yang bisa saya lakukan jika tape singkong saya terlalu asam?

Jika tape singkong terlalu asam, tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit dan aduk rata. Diamkan dalam beberapa jam dan cek rasa lagi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Surat untuk Sahabat

2. Apakah tape singkong dapat disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, tape singkong dapat disimpan dalam wadah tertutup di dalam kulkas selama 2-3 minggu.

3. Apa yang harus dilakukan jika tidak ada ragi tape?

Jika tidak ada ragi tape, Anda dapat menggunakan tape ketan atau ragi roti sebagai penggantinya. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda.

4. Bisakah tape singkong dibuat tanpa gula?

Ya, tape singkong dapat dibuat tanpa gula. Namun, rasanya tidak akan se-manis tape singkong biasa.

5. Apakah tape singkong cocok untuk orang yang sedang diet?

Tape singkong mengandung banyak gula dan karbohidrat, sehingga tidak cocok untuk orang yang sedang diet rendah karbohidrat atau diabetes.

Sekian artikel dari saya tentang cara membuat tape singkong. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba membuat tape singkong sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Buat Tape Singkong