Cara Cari Topik – Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Salam hangat untuk Sohib EditorOnline! Jika kamu seorang penulis atau content creator, pasti seringkali merasa kesulitan mencari topik yang menarik untuk diangkat dalam artikel atau video. Nah, artikel ini akan membahas cara-cara untuk mencari topik secara efektif. Yuk, simak pembahasannya!

1. Menentukan Tema Utama

Langkah pertama dalam mencari topik adalah menentukan tema utama. Misalnya, jika kamu ingin menulis artikel tentang travelling, maka tema utamanya adalah travelling. Hal ini akan memudahkanmu untuk menemukan topik-topik yang terkait dengan tema tersebut.

Setelah menentukan tema utama, kamu bisa melakukan riset tentang topik-topik yang sedang tren atau populer seputar tema tersebut. Kamu bisa menggunakan beberapa tools online seperti Google Trends, BuzzSumo, atau Ahrefs untuk mengetahui topik yang sedang trend.

Kamu juga bisa mencari topik yang belum banyak diangkat oleh content creator lain, sehingga kamu bisa menjadi orang pertama yang membahas topik tersebut. Ini bisa menjadi keuntungan untukmu, karena bisa menarik perhatian banyak pembaca atau penonton.

Intinya, menentukan tema utama adalah langkah awal yang penting dalam mencari topik yang menarik.

2. Membaca Berita Terkini

Berita terkini bisa menjadi sumber inspirasi untuk menemukan topik yang menarik. Kamu bisa membaca berita dari berbagai sumber, baik itu surat kabar, portal berita online, atau media sosial.

Misalnya, jika kamu menemukan berita tentang fenomena baru di dunia travelling, seperti tempat wisata yang sedang hits atau kebijakan baru dari pemerintah terkait perjalanan, maka kamu bisa mencari tahu lebih dalam tentang topik tersebut dan membuat artikel yang berkaitan dengan hal tersebut.

3. Mengikuti Trend di Media Sosial

Selain membaca berita, kamu juga bisa mengikuti trend di media sosial untuk mencari topik yang menarik. Kamu bisa mencari hashtag terkait dengan tema yang sedang kamu angkat, lalu melihat apa yang banyak dibicarakan oleh pengguna media sosial.

Misalnya, jika kamu ingin menulis tentang travelling, maka kamu bisa mencari hashtag seperti #jalanjalan, #travelling, atau #exploreindonesia. Lalu, kamu bisa melihat foto-foto atau cerita-cerita pengguna media sosial terkait dengan hashtag tersebut. Ini bisa menjadi sumber inspirasi yang baik untuk kamu.

4. Melihat Pertanyaan yang Sering Diajukan

Salah satu cara untuk mencari topik adalah dengan melihat pertanyaan yang sering diajukan oleh pembaca atau penontonmu. Kamu bisa melihat komentar di artikel atau video sebelumnya, atau membuat survei untuk mengetahui apa yang menjadi perhatian pembaca atau penontonmu.

Dari sini, kamu bisa membuat artikel atau video yang menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, atau membahas topik yang berkaitan dengan pertanyaan tersebut.

5. Membaca Buku atau Jurnal Terkait

Jika kamu ingin menulis artikel yang akurat dan ilmiah, maka kamu bisa membaca buku atau jurnal terkait dengan tema yang sedang kamu angkat. Ini bisa membantumu untuk menemukan topik yang belum banyak diangkat oleh content creator lain.

Di samping itu, membaca buku atau jurnal juga bisa meningkatkan pengetahuanmu tentang topik yang sedang kamu bahas, sehingga kamu bisa menulis artikel yang lebih berkualitas.

6. Membuat Mind Map atau Brainstorming

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencari topik adalah dengan membuat mind map atau brainstorming. Kamu bisa menuliskan tema utama di tengah, lalu menuliskan topik-topik yang terkait dengan tema tersebut di sekitarnya.

Dari sini, kamu bisa memilih topik yang menarik dan menulis artikel atau video yang berkaitan dengan topik tersebut.

7. Menjadi Observator Aktif

Menjadi observator aktif bisa membantumu untuk menemukan topik yang menarik. Kamu bisa mengamati hal-hal di sekitarmu atau mencari inspirasi dari kehidupan sehari-hari.

TRENDING 🔥  Cara Menghapus Next Page di Word

Misalnya, kamu bisa menulis tentang pengalaman travellingmu atau mengamati tren fashion di kota tempat tinggalmu. Ini bisa menjadi sumber inspirasi yang baik untuk menemukan topik yang menarik.

8. Mencari Niche yang Belum Banyak Diisi

Jika kamu ingin menjadi content creator yang sukses, maka kamu harus mencari niche yang belum banyak diisi oleh content creator lain. Ini akan membuatmu menjadi content creator yang spesialis dan unik.

Kamu bisa mencari niche yang belum banyak diisi melalui riset online atau melalui pengalamanmu sendiri. Misalnya, jika kamu suka memasak, kamu bisa mencari resep-resep yang belum banyak diangkat oleh koki lain.

9. Mengenal Target Audience

Untuk membuat artikel atau video yang sukses, kamu harus mengenal target audiencemu. Kamu harus tahu siapa yang akan membaca atau menonton karya-karyamu, apa yang menjadi kebutuhan atau minat mereka, dan bagaimana cara menyampaikan pesanmu secara efektif.

Dengan mengenal target audiencemu, kamu bisa menemukan topik yang relevan dan menarik bagi mereka. Ini akan membuatmu menjadi content creator yang disukai dan dihargai oleh penggemarmu.

10. Menggunakan Google Suggest atau Auto-Complete

Google Suggest atau Auto-Complete bisa menjadi sumber inspirasi yang baik untuk menemukan topik yang menarik. Kamu bisa mengetikkan kata kunci terkait dengan tema yang sedang kamu angkat di Google, lalu melihat saran-saran yang muncul di bawahnya.

Dari sini, kamu bisa menemukan topik yang berbeda atau yang belum banyak diangkat oleh content creator lain.

11. Menggunakan Alat Analisis Konten

Ada banyak alat analisis konten yang bisa membantumu untuk menemukan topik yang menarik. Salah satu alat tersebut adalah Ahrefs atau SEMrush.

Dengan menggunakan alat-analat tersebut, kamu bisa mengetahui topik-topik yang sedang populer atau yang banyak dicari oleh pengguna internet. Kamu juga bisa melihat topik-topik yang belum banyak diangkat oleh content creator lain, sehingga kamu bisa membuat artikel atau video yang unik.

12. Membaca Blog atau Website Terkait

Membaca blog atau website yang terkait dengan tema yang sedang kamu angkat bisa membantumu untuk menemukan topik yang menarik. Kamu bisa melihat topik-topik yang sedang dibahas oleh blogger atau website tersebut, lalu membuat artikel yang berkaitan dengan topik tersebut.

13. Melakukan Survei

Jika kamu ingin mengetahui apa yang menjadi kebutuhan atau minat target audiencemu, maka kamu bisa melakukan survei. Survei bisa dilakukan melalui platform online seperti Google Forms atau SurveyMonkey.

Dari sini, kamu bisa mengetahui topik yang relevan dan menarik bagi target audiencemu.

14. Menggunakan Tool Google Keyword Planner

Google Keyword Planner bisa menjadi alat yang efektif untuk menemukan topik yang menarik. Kamu bisa mengetikkan kata kunci terkait dengan tema yang sedang kamu angkat di Google Keyword Planner, lalu melihat keyword-keyword yang paling banyak dicari oleh pengguna internet.

Dari sini, kamu bisa membuat artikel atau video yang berkaitan dengan keyword-keyword tersebut.

15. Menggunakan Matrix Prio

Matrix Prio adalah alat yang bisa membantumu untuk menentukan topik yang paling penting atau yang harus diutamakan. Kamu bisa menuliskan topik-topik yang sudah kamu temukan, lalu menilai setiap topik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu seperti relevansi, popularitas, atau tingkat kesulitan.

Dari sini, kamu bisa menentukan topik yang paling penting dan membuat artikel atau video yang berkaitan dengan topik tersebut.

16. Menggunakan Google Analytics

Google Analytics bisa menjadi alat yang efektif untuk mengetahui topik yang populer di blog atau websitemu. Kamu bisa melihat statistik mengenai jumlah pengunjung, lalu melihat artikel atau video yang paling banyak dikunjungi.

Dari sini, kamu bisa mengetahui topik yang populer dan membuat artikel atau video yang berkaitan dengan topik tersebut.

17. Menggunakan Social Media Listening

Social media listening bisa menjadi alat yang efektif untuk mengetahui apa yang dibicarakan oleh pengguna media sosial seputar tema atau topik yang sedang kamu angkat. Kamu bisa menggunakan berbagai alat seperti BuzzSumo, Hootsuite, atau Mention.

Dari sini, kamu bisa mengetahui topik yang sedang tren dan membuat artikel atau video yang berkaitan dengan topik tersebut.

18. Menyediakan Ruang Konsultasi dengan Pembaca atau Penonton

Jika kamu ingin mengetahui apa yang menjadi kebutuhan atau minat pembaca atau penontonmu, maka kamu bisa menyediakan ruang konsultasi. Kamu bisa membuat grup di media sosial atau email list, lalu mengajak pembaca atau penontonmu untuk berdiskusi atau bertanya mengenai topik yang mereka inginkan.

Dari sini, kamu bisa mengetahui topik yang relevan dan menarik bagi target audiencemu.

TRENDING 🔥  Cara Mengisi Gopay Lewat Dana

19. Melakukan Observasi Terhadap Kompetitor

Melakukan observasi terhadap kompetitor bisa membantumu untuk mengetahui topik yang sedang dibahas oleh content creator lain. Kamu bisa melihat blog atau website kompetitormu, lalu mencari tahu topik-topik apa yang dibahas oleh mereka.

Dari sini, kamu bisa menemukan topik yang belum banyak diangkat oleh kompetitormu atau membuat artikel atau video yang lebih unik.

20. Menemukan Topik Baru Melalui Percobaan

Jangan takut untuk mencoba tema atau topik baru yang belum pernah kamu tulis sebelumnya. Kamu bisa menulis artikel atau video tentang topik baru, lalu melihat bagaimana respon dari pembaca atau penontonmu.

Dari sini, kamu bisa mengetahui topik yang menarik dan relevan bagi target audiencemu.

FAQ

1. Apa itu tema utama?
Tema utama adalah topik besar yang ingin kamu bahas dalam artikel atau video. Misalnya, tema utama tentang travelling.
2. Apa itu niche?
Niche adalah topik yang spesifik atau terfokus. Misalnya, niche tentang resep makanan vegetarian.
3. Apa itu Google Suggest atau Auto-Complete?
Google Suggest atau Auto-Complete adalah fitur dari Google yang menampilkan saran-saran kata kunci terkait dengan kata kunci yang kamu ketikkan di kotak pencarian.
4. Apa itu Matrix Prio?
Matrix Prio adalah alat yang digunakan untuk menentukan prioritas dalam suatu proyek atau pekerjaan. Kamu bisa menilai setiap topik berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, lalu menentukan topik yang paling penting atau harus diutamakan.
5. Apa itu social media listening?
Social media listening adalah proses untuk memantau dan menganalisis percakapan yang terjadi di media sosial seputar brand, topik, atau industri tertentu.

Itulah 20 cara untuk mencari topik secara efektif. Semoga artikel ini bisa membantumu dalam menemukan topik yang menarik dan relevan. Selamat mencoba!

Cara Cari Topik – Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline