Cara Cek Bantuan PKH

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Bagi anda yang belum mengetahui, PKH atau Program Keluarga Harapan adalah program bantuan sosial yang dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia kepada keluarga kurang mampu. Bagi anda yang ingin mengetahui cara cek bantuan PKH, berikut ini adalah panduan lengkapnya.

Apa Itu Bantuan PKH?

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada keluarga miskin atau kurang mampu. Bantuan PKH diberikan dalam bentuk uang tunai dan non-tunai seperti jaminan kesehatan, pendidikan, dan gizi. Tujuan dari program ini adalah untuk mengurangi kemiskinan dan memberikan dukungan kepada keluarga kurang mampu agar dapat hidup layak.

Uang Tunai

Setiap keluarga penerima PKH akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1 juta per tahun. Jumlah ini dapat berubah tergantung pada kondisi ekonomi masyarakat dan kebijakan pemerintah. Uang tunai ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, dan pendidikan.

Non-Tunai

Selain uang tunai, keluarga penerima PKH juga akan mendapatkan bantuan non-tunai seperti jaminan kesehatan, pendidikan, dan gizi. Jaminan kesehatan diberikan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang memberikan layanan kesehatan secara gratis atau dengan biaya yang sangat terjangkau. Pendampingan pendidikan diberikan untuk membantu anak-anak keluarga penerima PKH mendapatkan pendidikan yang lebih baik. Sedangkan bantuan gizi diberikan melalui program Posyandu.

Cara Cek Bantuan PKH

Melalui SMS

Cara cek bantuan PKH yang pertama adalah melalui SMS. Anda dapat mengirimkan SMS dengan format: PKH#NIK#Nomor KK kemudian kirim ke nomor 12323. Nomor NIK dan Nomor KK dapat dilihat pada Kartu Keluarga. Setelah mengirimkan SMS, tunggu beberapa saat hingga anda mendapatkan balasan SMS dari pihak pengelola PKH yang memberitahukan apakah anda terdaftar sebagai penerima bantuan PKH atau tidak.

Melalui Aplikasi

Cara cek bantuan PKH yang kedua adalah melalui aplikasi yang dapat diunduh di Play Store atau App Store. Setelah mengunduh aplikasi tersebut, anda dapat melakukan login dengan menggunakan nomor NIK dan Nomor KK. Setelah berhasil login, anda dapat melihat informasi mengenai bantuan PKH yang diterima oleh keluarga anda.

Melalui Website

Cara cek bantuan PKH yang ketiga adalah melalui website resmi dari Kementerian Sosial. Anda hanya perlu mengunjungi website tersebut dan melakukan login dengan menggunakan nomor NIK dan Nomor KK. Setelah berhasil login, anda dapat melihat informasi mengenai bantuan PKH yang diterima oleh keluarga anda.

Kriteria Penerima Bantuan PKH

Keluarga Miskin

Kriteria pertama untuk menjadi penerima bantuan PKH adalah keluarga yang tergolong miskin. Keluarga miskin adalah keluarga yang memiliki penghasilan di bawah garis kemiskinan atau memiliki aset yang terbatas. Kategori keluarga miskin ini ditetapkan oleh pemerintah berdasarkan data dan survei yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Cangkir

Buruh Tani atau Nelayan

Kriteria kedua untuk menjadi penerima bantuan PKH adalah keluarga yang berasal dari kalangan buruh tani atau nelayan. Keluarga ini memiliki penghasilan yang tidak menentu dan seringkali mengalami kesulitan ekonomi. Oleh karena itu, pemerintah memberikan bantuan PKH sebagai bentuk dukungan kepada keluarga kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Janda yang Tidak Memiliki Penghasilan

Kriteria ketiga untuk menjadi penerima bantuan PKH adalah janda yang tidak memiliki penghasilan. Janda yang ditinggal mati suami akan mendapatkan bantuan PKH sebagai bentuk kompensasi atas hilangnya sumber penghasilan dari suami yang telah meninggal.

FAQ Cara Cek Bantuan PKH

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara mengetahui apakah saya terdaftar sebagai penerima bantuan PKH atau tidak? Anda dapat melakukan pengecekan melalui SMS, Aplikasi, atau Website resmi Kementerian Sosial.
Apa saja kriteria untuk menjadi penerima bantuan PKH? Kriteria untuk menjadi penerima bantuan PKH adalah keluarga miskin, buruh tani atau nelayan, dan janda yang tidak memiliki penghasilan.
Apakah bantuan PKH diberikan dalam bentuk uang tunai? Ya, setiap keluarga penerima PKH akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 1 juta per tahun.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap mengenai cara cek bantuan PKH. Program ini sangat berguna bagi keluarga miskin atau kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Dengan membantu keluarga kurang mampu, diharapkan dapat tercipta masyarakat yang lebih sejahtera dan berkeadilan.

Cara Cek Bantuan PKH