Cara Cek BLT Bansos

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda sedang mencari cara untuk mengecek BLT Bansos? Pada artikel ini, kami akan membahas secara rinci cara untuk mengecek BLT Bansos dan jawaban atas beberapa pertanyaan umum terkait BLT Bansos. Semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Apa itu BLT Bansos?

BLT Bansos adalah bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Bantuan ini berbentuk uang tunai yang diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan terdaftar dalam database Kemensos.

BLT Bansos dibagi menjadi dua jenis, yaitu BLT Dana Desa (DD) dan BLT Non-Tunai (NT). BLT DD diberikan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah desa, sedangkan BLT NT diberikan kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perkotaan.

Siapa yang Berhak Menerima BLT Bansos?

Untuk dapat menerima BLT Bansos, seseorang harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang ditetapkan pemerintah. Kriteria tersebut adalah:

Kriteria BLT DD BLT NT
Penduduk desa atau kelurahan Ya Ya
Tidak menerima Program Keluarga Harapan (PKH) Ya Ya
Tidak menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Ya Tidak
Memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) Ya Ya
Tidak menerima bantuan sosial lainnya Ya Ya
Punya penghasilan di bawah Rp 2,4 juta per bulan Ya Tidak

Bagaimana Cara Cek BLT Bansos?

Berikut adalah cara untuk mengecek BLT Bansos:

1. Cek di Aplikasi PeduliLindungi

Aplikasi PeduliLindungi adalah aplikasi yang dibuat oleh pemerintah Indonesia untuk memantau dan mengendalikan penyebaran COVID-19. Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek status penerima BLT Bansos. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Download aplikasi PeduliLindungi di Google Play Store atau App Store
  2. Buka aplikasi PeduliLindungi dan pilih menu “Layanan BLT”
  3. Masukkan NIK dan nomor handphone Anda, lalu klik “Cek Penerima BLT”
  4. Anda akan menerima pesan yang memberitahukan apakah Anda berhak menerima BLT Bansos atau tidak

2. Cek di Situs Kemensos

Anda juga dapat mengecek status penerima BLT Bansos melalui situs resmi Kemensos. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka situs Kemensos di https://eform.bansos.kemensos.go.id
  2. Pilih “Cek Penerima Bantuan”
  3. Masukkan NIK dan nomor handphone Anda, lalu klik “Cari Data”
  4. Jika Anda berhak menerima BLT Bansos, akan muncul notifikasi yang memberitahu besarnya bantuan yang akan diterima

3. Cek di Kantor Desa atau Kelurahan

Selain melalui aplikasi dan situs resmi Kemensos, Anda juga dapat mengecek status penerima BLT Bansos dengan mendatangi kantor desa atau kelurahan terdekat. Anda dapat mengajukan permohonan dan mengecek status penerimaan dengan membawa KTP dan KK.

TRENDING 🔥  Cara Kayang: Panduan Lengkap untuk Sukses Bertani Ayam

Pertanyaan Umum tentang BLT Bansos

1. Apa saja dokumen yang dibutuhkan untuk menerima BLT Bansos?

Untuk menerima BLT Bansos, Anda harus memiliki dokumen-dokumen pendukung seperti KTP dan KK. Jika Anda tidak memiliki dokumen-dokumen tersebut, Anda dapat mengurusnya di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil setempat.

2. Berapa jumlah bantuan yang diberikan dalam BLT Bansos?

Besaran bantuan dalam BLT Bansos berbeda-beda tergantung dari program yang diterima, wilayah, dan kondisi ekonomi dari penerima. Besaran bantuan untuk BLT DD dan BLT NT juga berbeda-beda. Namun, bantuan yang diberikan minimal adalah Rp 300.000 dan maksimal adalah Rp 1.200.000.

3. Apakah penerima BLT Bansos bisa mendapatkan bantuan sosial lainnya?

Tidak, penerima BLT Bansos tidak bisa menerima bantuan sosial lainnya seperti BPNT, PKH, dan Program Sembako. Jika terbukti menerima bantuan sosial lainnya, maka penerima BLT Bansos akan didiskualifikasi dan harus mengembalikan bantuan yang sudah diterima.

4. Kapan waktu pendaftaran untuk BLT Bansos?

Waktu pendaftaran untuk BLT Bansos dibuka secara berkala dan tergantung dari kebijakan pemerintah. Anda dapat mengecek informasi terbaru mengenai waktu pendaftaran di situs resmi Kemensos atau media sosial Kemensos.

5. Bagaimana jika sudah mendaftar tapi belum mendapatkan bantuan?

Jika sudah mendaftar tapi belum mendapatkan bantuan, Anda dapat mengecek status penerimaan melalui aplikasi PeduliLindungi atau situs resmi Kemensos. Jika status Anda sudah ditolak, Anda dapat mengajukan banding dengan membawa dokumen-dokumen pendukung ke kantor desa atau kelurahan terdekat.

Kesimpulan

BLT Bansos adalah bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19. Untuk mengecek status penerimaan BLT Bansos, Anda dapat menggunakan aplikasi PeduliLindungi, situs resmi Kemensos, atau mendatangi kantor desa atau kelurahan terdekat. Penting untuk memastikan bahwa Anda memenuhi kriteria penerimaan dan tidak menerima bantuan sosial lainnya. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mengetahui cara untuk mengecek BLT Bansos.

Cara Cek BLT Bansos