Cara Cek Kis Aktif atau Tidak

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu sering mengalami kesulitan saat ingin mengecek kis apakah aktif atau tidak? Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini akan membahas tentang cara mudah untuk mengecek kis aktif atau tidak. Selain itu, artikel ini juga akan membahas beberapa pertanyaan umum seputar kis. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Apa itu KIS?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengecek kis aktif atau tidak, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu kis. KIS atau Katalog Induk Spesies adalah sebuah sistem informasi online yang berisi data mengenai taksonomi spesies, nama ilmiah, dan sinonim. KIS ini sangat membantu para peneliti dan pengamat alam dalam melakukan identifikasi spesies tumbuhan dan hewan.

KIS sendiri dikelola oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan dan Lingkungan Hidup dan dapat diakses melalui website mereka. Namun, untuk dapat mengakses data di dalam KIS, kita memerlukan akun pengguna dan kis yang aktif.

Cara Cek KIS Aktif atau Tidak

Nah, sekarang kita akan membahas tentang cara mengecek kis apakah aktif atau tidak. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengecek kis. Berikut adalah cara-cara tersebut:

1. Mengecek Melalui Website KIS

Cara pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan mengeceknya langsung melalui website KIS. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Gambar
Buka website KIS melalui browser di perangkat kamu
Masukkan username dan password akun pengguna kamu
Klik menu “Katalog Induk Spesies”
Cari spesies yang ingin kamu cek kisnya
Jika ada logo KIS pada sisi kiri spesies, artinya kisnya aktif

Itulah cara pertama yang bisa kita lakukan untuk mengecek kis aktif atau tidak. Akan tetapi, jika kamu kesulitan untuk membuka website KIS, ada cara lain yang bisa kamu lakukan.

2. Mengecek Melalui Aplikasi KIS Mobile

Cara kedua yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi KIS Mobile. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Play Store dan App Store. Berikut adalah cara-cara yang perlu kamu lakukan:

Langkah-langkah Gambar
Unduh aplikasi KIS Mobile di Play Store atau App Store
Masukkan username dan password akun pengguna kamu
Pilih menu “Cek KIS”
Cari spesies yang ingin kamu cek kisnya
Jika ada logo KIS pada sisi kiri spesies, artinya kisnya aktif

Itulah cara kedua yang bisa kita lakukan untuk mengecek kis aktif atau tidak. Jika kamu masih kesulitan, kamu bisa mencoba cara yang ketiga.

3. Menghubungi Admin KIS

Cara ketiga yang bisa kita lakukan adalah dengan menghubungi admin KIS. Kamu bisa menghubungi mereka melalui email atau nomor telepon yang tertera di website mereka. Berikut adalah cara-cara yang perlu kamu lakukan:

TRENDING 🔥  Cara Hotspot HP ke Laptop
Langkah-langkah Gambar
Buka website KIS melalui browser di perangkat kamu
Cari informasi kontak admin
Hubungi admin melalui email atau nomor telepon yang tertera
Sampaikan nama spesies yang ingin kamu cek kisnya
Tunggu balasan dari admin untuk mengetahui status kis spesies tersebut

Jika kamu masih kesulitan untuk mengecek kis aktif atau tidak, kamu bisa mencoba salah satu dari tiga cara di atas. Pastikan kamu memiliki akun pengguna dan kis aktif sebelum melakukan pengecekan.

Pertanyaan Umum Tentang KIS

1. Apakah KIS hanya berisi data mengenai spesies tumbuhan dan hewan saja?

Ya, KIS hanya berisi data mengenai taksonomi spesies tumbuhan dan hewan. Namun, pada beberapa kasus tertentu, ada juga beberapa data mengenai jenis-jenis fungi dan mikroorganisme yang bisa kamu temukan di dalam KIS.

2. Apa saja jenis-jenis kis yang tersedia?

Tipe kis yang tersedia ada dua jenis yaitu kis gratis dan kis berbayar. KIS gratis hanya memberikan akses ke data taksonomi dengan jumlah yang terbatas, sedangkan kis berbayar memberikan akses ke seluruh data yang tersedia di dalam KIS.

3. Bisakah saya mengakses KIS tanpa memiliki akun pengguna?

Tidak, untuk dapat mengakses data di dalam KIS, kamu harus memiliki akun pengguna terlebih dahulu. Kamu bisa mendaftar akun pengguna melalui website KIS.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat akun pengguna di KIS?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat akun pengguna di KIS biasanya hanya memakan waktu beberapa menit saja. Kamu hanya perlu mengisi data diri dan membuat username serta password untuk akun kamu.

5. Apa yang harus saya lakukan jika akun pengguna saya tidak dapat mengakses KIS?

Jika akun pengguna kamu tidak dapat mengakses KIS, kamu bisa menghubungi admin KIS untuk memperoleh bantuan. Pastikan juga bahwa akun pengguna kamu sudah terdaftar dan sudah aktif.

Demikianlah artikel tentang cara cek kis aktif atau tidak. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengecek kis spesies tumbuhan atau hewan yang kamu butuhkan. Jangan lupa untuk selalu memperbarui kis sebagai sumber informasi yang akurat dan terpercaya. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Cek Kis Aktif atau Tidak