Cara Cek Windows di Laptop: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah bingung seperti apa cara cek sistem operasi Windows yang terpasang di laptop Anda? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap dengan 20 langkah mudah yang dapat Anda ikuti.

1. Membuka Control Panel

Pertama-tama, Anda perlu membuka Control Panel. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menekan tombol Windows pada keyboard Anda dan mencari “Control Panel”. Alternatifnya, Anda dapat menemukan Control Panel melalui menu Start di pojok kiri bawah layar Anda.

1.1. Menggunakan Tombol Windows

Jika Anda ingin menggunakan tombol Windows pada keyboard, cukup tekan tombol tersebut dan ketik “Control Panel” di kolom pencarian. Setelah itu, klik pada hasil pencarian yang muncul untuk membuka Control Panel.

1.2. Menggunakan Menu Start

Jika Anda lebih suka menggunakan menu Start, klik pada tombol Start di pojok kiri bawah layar Anda. Setelah itu, cari “Control Panel” di antara aplikasi yang terdaftar. Klik pada Control Panel untuk membukanya.

1.3. Tampilan Control Panel

Setelah membuka Control Panel, Anda akan melihat beberapa kategori yang terdaftar. Pada kategori “System and Security”, klik pada opsi “System”.

2. Mencari Informasi Sistem

Setelah masuk ke dalam kategori System, Anda akan melihat informasi lengkap tentang sistem operasi Windows yang terpasang di laptop Anda. Informasi yang ditampilkan mencakup versi Windows, tipe sistem, spesifikasi hardware, dan status aktivasi.

3. Mengetahui Versi Windows

Bagian paling atas dari informasi sistem menampilkan versi Windows yang terpasang di laptop Anda. Versi Windows dapat berupa “Windows 7”, “Windows 8”, “Windows 10”, atau versi lainnya.

3.1. Mengetahui Edisi Windows

Selain versi, Anda juga dapat mengetahui edisi Windows yang terpasang di laptop Anda. Edisi Windows umumnya mencakup “Home”, “Professional”, atau edisi lainnya.

3.2. Mengetahui Tipe Sistem

Tipe sistem juga merupakan bagian penting dari informasi sistem. Tipe sistem menunjukkan apakah Anda menggunakan sistem operasi 32-bit atau 64-bit.

4. Mengetahui Spesifikasi Hardware

Berikutnya, Anda dapat mengetahui spesifikasi hardware dari laptop Anda. Ini termasuk prosesor, RAM, dan jenis sistem. Informasi spesifikasi hardware akan membantu Anda menentukan apakah laptop Anda cukup kuat untuk menjalankan program tertentu.

4.1. Mengetahui Jenis Prosesor

Prosesor adalah bagian paling penting dari spesifikasi hardware. Anda dapat mengetahui jenis prosesor yang terpasang pada laptop Anda. Informasi ini berguna saat Anda ingin memperbarui atau meng-upgrade laptop Anda.

TRENDING 🔥  Cara Mengembalikan Akun Mobile Legends (ML) yang Dibanned

4.2. Mengetahui Kapasitas RAM

RAM adalah bagian penting dari laptop Anda. Informasi tentang kapasitas RAM yang terpasang pada laptop Anda akan membantu Anda mengetahui seberapa besar kapasitas program yang dapat dijalankan.

4.3. Mengetahui Jenis Sistem

Terakhir, Anda dapat mengetahui jenis sistem yang digunakan oleh laptop Anda. Informasi ini berguna untuk menentukan kompatibilitas program yang ingin Anda instal pada laptop.

5. Mengetahui Status Aktivasi

Terakhir, Anda dapat mengetahui status aktivasi Windows yang terpasang pada laptop Anda. Status aktivasi menunjukkan apakah Windows telah diaktivasi dan apakah lisensi yang digunakan sah atau tidak.

FAQ tentang Memeriksa Windows di Laptop

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa mengetahui versi Windows tanpa membuka Control Panel? Ya, Anda dapat mengetahui versi Windows dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard, ketik “winver” di kotak dialog, dan tekan enter.
Apakah saya bisa mengetahui spesifikasi hardware tanpa membuka Control Panel? Ya, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z atau Speccy untuk mengetahui spesifikasi hardware pada laptop Anda.
Bagaimana saya bisa mengetahui apakah Windows saya asli atau tidak? Anda dapat memeriksa status aktivasi Windows pada Control Panel. Jika status aktivasi menunjukkan “Windows telah diaktivasi”, maka Windows Anda tidak asli.

Demikianlah panduan lengkap cara cek Windows di laptop. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sohib EditorOnline dan pembaca lainnya!

Cara Cek Windows di Laptop: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline