Cara Cepat Menurunkan Demam

>Hello Sohib EditorOnline! Demam adalah kondisi di mana suhu tubuh menjadi lebih tinggi dari suhu normal. Hal ini terjadi akibat respon dari sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi atau penyakit lainnya. Namun, demam yang terus-menerus dapat menyebabkan komplikasi serius pada kesehatan. Oleh karena itu, penting untuk menurunkan demam dengan cara yang benar dan efektif.

Apa Saja Penyebab Demam?

Penyebab utama demam adalah infeksi bakteri atau virus. Namun, bisa juga disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti dehidrasi, reaksi obat, kondisi autoimun, atau bahkan kanker. Untuk mengetahui penyebab demam, periksakan diri pada dokter.

Infeksi Bakteri atau Virus

Demam yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus seringkali menyertai gejala lain seperti sakit kepala, sakit tenggorokan, pilek, batuk, dan sakit otot. Beberapa infeksi yang paling umum adalah flu, demam berdarah, atau infeksi saluran kemih.

Dehidrasi

Kurangnya cairan dalam tubuh dapat menyebabkan demam. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak memiliki cukup cairan untuk mengatur suhu tubuh. Kondisi ini dapat terjadi ketika orang tidak cukup minum air atau terlalu banyak berkeringat.

Reaksi Obat

Beberapa obat dan vaksin dapat menyebabkan demam sebagai efek samping. Misalnya, vaksin influenza dan vaksin hepatitis B dapat menyebabkan demam ringan pada beberapa orang. Juga, antibiotik seperti penicillin dan sulfonamides dapat menyebabkan reaksi alergi yang menyebabkan demam.

Cara Cepat Menurunkan Demam

Agar demam tidak semakin parah, maka perlu dilakukan penurunan suhu tubuh. Berikut adalah beberapa cara cepat menurunkan demam:

Minum Banyak Cairan

Ketika demam, tubuh dapat kehilangan cairan yang cukup. Minumlah banyak air, jus atau minuman elektrolit, supaya tubuh tetap terhidrasi dan suhu tubuh bisa menurun.

Mandi Air Hangat

Salah satu cara cepat menurunkan demam adalah dengan mandi air hangat. Namun, hindari mandi air dingin, karena bisa meningkatkan suhu tubuh. Mandi air hangat dapat membantu meredakan otot yang sakit dan menurunkan suhu tubuh.

Berkompres Dingin

Berkompres dingin di dahi atau bagian belakang leher juga bisa membantu menurunkan suhu tubuh. Gunakan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin. Kompres ini membantu meredakan gejala demam, seperti sakit kepala dan meriang.

Minum Obat

Jika suhu tubuh terus meningkat atau demam disertai gejala lain seperti sakit kepala, maka minum obat penurun demam adalah pilihan tepat. Obat-obatan seperti paracetamol atau ibuprofen sangat efektif menurunkan suhu tubuh dan meredakan gejala demam.

Istirahat yang Cukup

Cobalah untuk tidur yang cukup dan istirahat yang cukup. Ini akan membantu tubuh untuk menyerang dan melawan infeksi penyebab demam. Jangan terlalu berlebihan dalam aktivitas sampai pulih sepenuhnya.

TRENDING 🔥  Cara Memisah Halaman PDF

Kapan Harus Periksakan Diri ke Dokter?

Jika demam tidak menurun setelah melakukan langkah-langkah penurunan suhu tubuh selama 24-48 jam, segeralah periksakan diri ke dokter. Ada beberapa kondisi medis yang memerlukan pemeriksaan medis darurat ketika demam terus meningkat, misalnya:

  • Demam tinggi di atas 40 derajat Celcius
  • Demam disertai kedinginan dan menggigil
  • Demam disertai sakit kepala yang berat
  • Demam disertai kesulitan bernafas
  • Demam disertai ruam kulit yang tak biasa

Pertanyaan yang Sering Diajukan tentang Demam

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah bisa demam tanpa gejala lain? Ya, bisa. Demam tanpa gejala lain mungkin disebabkan oleh kondisi medis seperti banding bungal, atau infeksi virus. Meskipun tidak ada gejala lain yang terlihat, tetap periksakan diri pada dokter untuk diagnosis yang akurat.
2 Apakah saya harus minum antibiotik ketika demam? Tidak selalu demikian. Jika demam disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter mungkin akan meresepkan antibiotik. Tapi jika demam disebabkan oleh virus, antibiotik tidak akan membantu.
3 Apakah demam bisa sembuh sendiri? Ya, bisa. Demam biasanya merupakan gejala dari kondisi medis yang lebih serius. Namun, jika demam disebabkan oleh infeksi virus, biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari.
4 Berapa lama demam biasanya berlangsung? Waktu penyembuhan demam tergantung pada penyebabnya. Namun, demam biasanya akan sembuh dalam waktu satu atau dua minggu.

Kesimpulan

Sekarang Anda tahu bahwa ada berbagai cara cepat menurunkan demam, seperti minum banyak air, mandi air hangat, berkompres dingin, minum obat, dan istirahat yang cukup. Jika demam tidak menurun, periksakan diri pada dokter untuk diagnosis dan perawatan medis yang tepat.

Cara Cepat Menurunkan Demam