Cara Cetak Kartu Nuptk 2019

>Selamat datang, Sohib EditorOnline! Apakah Anda sedang mencari informasi tentang cara cetak kartu NUPTK 2019? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara lengkap tentang cara cetak kartu NUPTK 2019.

Apa itu Kartu NUPTK?

Kartu NUPTK adalah kartu identitas untuk guru yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Kartu ini berfungsi sebagai bukti bahwa seorang guru telah terdaftar di database NUPTK.

NUPTK sendiri adalah kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK diberikan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang terdaftar di database NUPTK.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu NUPTK? NUPTK adalah kependekan dari Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan. NUPTK diberikan kepada seluruh pendidik dan tenaga kependidikan yang terdaftar di database NUPTK.
Apa fungsi kartu NUPTK? Kartu NUPTK berfungsi sebagai bukti bahwa seorang guru telah terdaftar di database NUPTK.
Bagaimana cara mendapatkan NUPTK? NUPTK dapat didaftarkan secara online melalui website PMP Kemendikbud.

Cara Cetak Kartu NUPTK 2019

1. Buka Website PMP Kemendikbud

Langkah pertama untuk mencetak kartu NUPTK adalah membuka website PMP Kemendikbud di https://pmp.kemdikbud.go.id/. Kemudian, klik tombol “Login” untuk masuk ke akun Anda.

2. Masuk ke Akun PMP Kemendikbud

Jika Anda sudah memiliki akun di PMP Kemendikbud, masuklah ke akun tersebut dengan memasukkan username dan password yang sudah Anda buat sebelumnya. Jika Anda belum memiliki akun, daftarlah terlebih dahulu dengan klik tombol “Daftar”.

3. Cetak Kartu NUPTK

Setelah berhasil masuk ke akun PMP Kemendikbud, klik menu “Profil” dan pilih “Cetak Kartu NUPTK”. Kemudian, ikuti instruksi yang diberikan untuk mencetak kartu NUPTK Anda.

4. Selesai

Setelah mencetak kartu NUPTK, pastikan untuk menyimpannya dengan baik. Kartu ini akan sangat berguna untuk berbagai keperluan administrasi di masa depan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa syarat untuk mendapatkan NUPTK? Syarat untuk mendapatkan NUPTK adalah sudah terdaftar sebagai pendidik atau tenaga kependidikan di database NUPTK.
Bagaimana cara mengubah data di kartu NUPTK? Anda dapat mengubah data di kartu NUPTK dengan mengakses akun PMP Kemendikbud dan memperbarui data tersebut.
Apakah perlu cetak ulang kartu NUPTK jika ada perubahan data? Ya, Anda perlu mencetak ulang kartu NUPTK jika ada perubahan data pada kartu tersebut.
TRENDING 🔥  Cara Cek Tekanan Darah di HP

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai cara cetak kartu NUPTK 2019. Kartu NUPTK sangat penting bagi seorang guru karena berfungsi sebagai bukti bahwa mereka telah terdaftar di database NUPTK. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mencetak kartu NUPTK dengan mudah dan cepat.

Cara Cetak Kartu Nuptk 2019