Cara Diet DEBM dengan Mudah dan Sehat

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara diet dengan DEBM atau Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. DEBM adalah salah satu metode diet yang mengedepankan kebahagiaan dan kesehatan. Tujuan utamanya bukan hanya menurunkan berat badan, tapi juga membuat tubuh lebih sehat dan terasa lebih ringan. Nah, apa saja sih cara diet DEBM yang bisa kamu coba? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Apa Itu DEBM?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara diet DEBM, ada baiknya kita tahu dulu apa itu DEBM. DEBM sebenarnya adalah singkatan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan. DEBM adalah sebuah metode diet yang diusung oleh Yunita Triwardani, seorang penulis buku yang juga seorang ahli diet. Konsep DEBM adalah menjadikan proses diet sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan dan membuat tubuh merasa bahagia. Alhasil, tubuh pun akan lebih sehat dan berat badan bisa turun secara alami.

Apakah DEBM Efektif?

Tentu saja. Meskipun konsep DEBM terlihat lebih santai dan tidak terlalu membatasi makanan yang dikonsumsi, metode ini cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Lampung menunjukkan bahwa peserta yang mengikuti diet DEBM mampu menurunkan berat badan lebih dari 5% dalam waktu 8 minggu. Selain itu, metode DEBM juga sangat cocok bagi mereka yang ingin mempertahankan berat badan setelah berhasil menurunkannya.

20 Cara Diet DEBM yang Bisa Kamu Coba

Berikut ini adalah 20 cara diet DEBM yang bisa kamu coba:

No Cara Diet DEBM
1 Makan secara perlahan
2 Nikmati makanan
3 Pilih makanan yang sehat dan bergizi
4 Jangan makan di depan televisi atau layar gadget
5 Minum air putih yang cukup
6 Aktif bergerak
7 Tidur yang cukup
8 Jangan melewatkan sarapan
9 Makanan ringan yang sehat
10 Hindari makanan cepat saji atau junk food
11 Makan dalam porsi kecil tapi sering
12 Hindari mengonsumsi minuman beralkohol
13 Jangan terlalu sering ngemil
14 Jangan makan malam terlalu larut
15 Masak sendiri makananmu
16 Jangan makan terlalu banyak di restoran all you can eat
17 Tambahkan sayuran dalam menu makanmu
18 Jangan menghindari lemak sepenuhnya
19 Konsumsi makanan yang mengandung serat
20 Perbanyak konsumsi buah-buahan segar

1. Makan Secara Perlahan

Cara diet DEBM yang pertama adalah makan secara perlahan. Mengapa harus makan secara perlahan? Ketika kita makan terlalu cepat, kita cenderung mengabaikan sinyal kenyang yang diberikan oleh tubuh. Alhasil, kita makan terlalu banyak dan merasa kenyang yang berlebihan. Makan secara perlahan akan membantu tubuh untuk memberikan sinyal kenyang tepat waktu sehingga kita tidak makan terlalu banyak dan kelebihan kalori.

Lalu, bagaimana cara makan secara perlahan? Ada beberapa cara yang bisa kamu coba:

  • Makan dalam porsi kecil
  • Mastikan makanan sampai halus sebelum menelan
  • Taruh garpu atau sendok setelah mengunyah makanan
  • Bicara dengan teman atau keluarga saat makan

Dengan makan secara perlahan, kamu juga bisa menikmati makanan dengan lebih baik dan merasa lebih puas.

2. Nikmati Makanan

Cara diet DEBM yang kedua adalah nikmati makanan. Alih-alih hanya fokus pada nutrisi dan kalori, DEBM mengajarkan kamu untuk menikmati makanan yang kamu makan. Menikmati makanan akan membuat kamu merasa lebih bahagia dan puas sehingga kamu tidak perlu makan terlalu banyak.

Untuk menikmati makanan, kamu bisa mencoba beberapa hal berikut:

  • Nikmati aroma makanan sebelum memakannya
  • Rasakan tekstur dan rasa makanan
  • Makan dengan porsi kecil
  • Jangan terlalu banyak berbicara saat makan

Menikmati makanan juga akan membuat kamu lebih puas dan kurang mengidamkan makanan yang tidak sehat.

TRENDING 🔥  Berkembang Biak dengan Cara Bertelur dan Beranak Disebut

3. Pilih Makanan yang Sehat dan Bergizi

Cara diet DEBM yang ketiga adalah pilih makanan yang sehat dan bergizi. Meskipun kamu diizinkan untuk makan apa saja, itu tidak berarti kamu harus makan sembarangan. Pilihlah makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh mendapatkan nutrisi yang cukup dan berat badan tetap terkontrol.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang sehat dan bergizi:

  • Protein tinggi seperti ayam, ikan, dan daging sapi tanpa lemak
  • Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kacang hijau
  • Buah-buahan segar seperti apel, pisang, dan stroberi
  • Biji-bijian seperti beras merah, quinoa, dan oatmeal
  • Produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yogurt rendah lemak

Jangan lupa untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung gula dan lemak jenuh seperti kue, permen, dan makanan cepat saji.

4. Jangan Makan di Depan Televisi atau Layar Gadget

Cara diet DEBM yang keempat adalah hindari makan di depan televisi atau layar gadget. Saat kita makan sambil menonton televisi atau browsing smartphone, kita cenderung mengabaikan jumlah makanan yang telah kita konsumsi. Selain itu, kita juga cenderung makan terlalu cepat sehingga tubuh tidak bisa memberikan sinyal kenyang dengan tepat waktu.

Untuk itu, sebaiknya kamu makan dengan fokus pada makanan itu sendiri. Nikmatilah makanan dan beri perhatian pada sinyal kenyang yang diberikan oleh tubuh.

5. Minum Air Putih yang Cukup

Cara diet DEBM yang kelima adalah minum air putih yang cukup. Air putih sangat penting bagi tubuh karena membantu menjaga keseimbangan cairan dan membuang racun dari dalam tubuh. Selain itu, minum air putih juga bisa membantu mengurangi nafsu makan sehingga kamu tidak makan terlalu banyak.

Sebaiknya kamu minum air putih setidaknya 8 gelas sehari. Jika kamu sulit untuk minum air putih, kamu bisa mencoba beberapa trik berikut:

  • Tambahkan irisan jeruk atau lemon pada air putih
  • Minum air putih setelah bangun tidur
  • Gunakan botol minum yang bisa diisi ulang untuk memudahkan kamu minum air putih

6. Aktif Bergerak

Cara diet DEBM yang keenam adalah aktif bergerak. Bergerak aktif sangat penting bagi tubuh karena membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, berolahraga juga bisa membantu mengurangi stres dan membuat tubuh terasa lebih sehat dan bugar.

Tidak perlu berolahraga dengan intensitas tinggi, kamu bisa mencoba beberapa aktivitas fisik ringan seperti:

  • Berjalan-jalan di sekitar rumah atau kantor
  • Bersepeda
  • Berenang
  • Tari atau aerobik
  • Angkat beban kecil

Cobalah untuk aktif bergerak setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

7. Tidur yang Cukup

Cara diet DEBM yang ketujuh adalah tidur yang cukup. Tidur yang cukup sangat penting bagi tubuh karena membantu memulihkan tenaga dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, tidur yang cukup juga bisa membantu mengontrol nafsu makan dan membuat tubuh terasa lebih segar dan bugar.

Sebaiknya kamu tidur setidaknya 7-8 jam setiap malam. Jangan sampai kurang tidur karena hal ini bisa membuat kamu stres dan merasa lapar yang berlebihan.

8. Jangan Melewatkan Sarapan

Cara diet DEBM yang kedelapan adalah jangan melewatkan sarapan. Sarapan sangat penting bagi tubuh karena membantu memberikan energi untuk memulai hari. Selain itu, sarapan yang sehat dan bergizi juga bisa membantu mengontrol nafsu makan sehingga kamu tidak makan terlalu banyak di siang hari.

Coba konsumsi sarapan yang kaya akan serat dan protein seperti oatmeal dengan buah segar atau telur rebus dengan sayuran hijau. Hindari sarapan yang tinggi gula seperti roti tawar dan selai karena ini bisa membuat tubuh cepat lapar dan kelebihan kalori.

9. Makanan Ringan yang Sehat

Cara diet DEBM yang kesembilan adalah mengonsumsi makanan ringan yang sehat. Ketika merasa lapar di antara waktu makan, sebaiknya kamu memilih makanan ringan yang sehat dan rendah kalori untuk mengurangi rasa lapar.

Berikut ini adalah beberapa contoh makanan ringan yang sehat:

  • Alpukat
  • Yogurt rendah lemak dengan buah segar
  • Kentang rebus
  • Smoothie buah-buahan segar

Hindari makanan ringan yang tinggi gula seperti permen atau kue kering karena ini bisa membuat kita cepat lapar dan kelebihan kalori.

10. Hindari Makanan Cepat Saji atau Junk Food

Cara diet DEBM yang kesepuluh adalah hindari makanan cepat saji atau junk food. Makanan cepat saji atau junk food selalu menjadi pilihan yang mudah dan cepat saat kita ingin makan. Namun, makanan ini mengandung banyak lemak jenuh dan gula yang bisa membuat tubuh cepat lapar dan kelebihan kalori.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Kerja Jantung?

Sebaiknya kamu mengurangi makanan cepat saji atau junk food dan lebih memilih makanan yang sehat dan bergizi.

11. Makan dalam Porsi Kecil Tapi Sering

Cara diet DEBM yang kesebelas adalah makan dalam porsi kecil tapi sering. Makan dalam porsi besar akan membuat tubuh lebih mudah merasa lapar dan kelebihan kalori. Oleh karena itu, sebaiknya kamu makan dalam porsi kecil tapi sering agar tubuh bisa memproses makanan dengan lebih baik.

Cobalah untuk makan dalam 6 porsi kecil sehari. Jangan sampai melewatkan waktu makan agar tubuh tidak merasa lapar yang berlebihan.

12. Hindari Mengonsumsi Minuman Beralkohol

Cara diet DEBM yang keduabelas adalah hindari mengonsumsi minuman beralkohol. Minuman beralkohol mengandung banyak kalori yang bisa membuat berat badan naik. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa mempengaruhi nafsu makan sehingga kita cenderung makan lebih banyak.

Sebaiknya kamu mengganti minuman beralkohol dengan air putih atau jus buah segar.

13. Jangan Terlalu Sering Ngemil

Cara diet DEBM yang ketigabelas adalah jangan terlalu sering ngemil. Ngemil biasanya dilakukan saat merasa bosan atau stres. Namun, ngemil bisa membuat tubuh kelebihan kalori dan berat badan semakin naik.

Sebaiknya kamu makan dalam waktu yang teratur dan hindari ngemil terlalu sering. Jika merasa lapar di antara waktu makan, cobalah mengonsumsi makanan ringan yang sehat seperti buah-buahan atau yogurt rendah lemak.

14. Jangan Makan Malam Terlalu Lar

Cara Diet DEBM dengan Mudah dan Sehat