Cara Download Musik di TikTok

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu pengguna TikTok yang sering terpukau dengan video-video menarik yang ada di platform tersebut? Salah satu keunikan TikTok adalah penggunaannya yang sangat fokus pada konten audio visual. Banyak orang yang mencari musik atau suara tertentu di aplikasi ini untuk kemudian dibuat menjadi video pendek yang menarik. Namun, bagaimana cara mengunduh musik yang ada di TikTok? Mari kita bahas bersama-sama dalam artikel ini!

1. Apa itu TikTok?

Pertama-tama, bagi yang belum tahu, TikTok adalah platform media sosial yang memungkinkan pengguna untuk membuat video pendek dengan durasi 15 atau 60 detik. TikTok populer di kalangan anak muda dan seringkali digunakan untuk menampilkan bakat atau kreativitas. Di TikTok, pengguna juga bisa menambahkan musik atau suara pada videonya.

1.1 Sejarah TikTok

TikTok awalnya diluncurkan pada tahun 2016 oleh perusahaan Cina yang bernama ByteDance. Aplikasi ini didesain untuk pasar Cina dan disebut Douyin. Pada tahun 2017, ByteDance kemudian meluncurkan versi global dari Douyin yang diberi nama TikTok. TikTok kemudian semakin populer dan akhirnya melejit di seluruh dunia pada tahun 2019 dan 2020.

1.2 Bagaimana Cara Menggunakan TikTok?

Untuk menggunakan TikTok, kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play atau App Store. Setelah berhasil mengunduh, buatlah akun TikTok dengan menggunakan email atau nomor telepon. Kamu juga bisa mendaftar dengan menggunakan akun Facebook atau Google milikmu. Setelah berhasil mendaftar, kamu bisa langsung mulai membuat video pendek dengan menambahkan musik atau suara di dalamnya.

2. Bagaimana Cara Download Musik di TikTok?

Sekarang mari kita masuk ke inti artikel ini, yaitu bagaimana cara mengunduh musik dari TikTok. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengunduh musik dari aplikasi ini. Berikut adalah beberapa caranya:

2.1 Gunakan Fitur Download yang Ada di TikTok

TikTok sebenarnya menyediakan fitur untuk mengunduh video beserta musik yang ada di dalamnya. Namun, kamu perlu memastikan bahwa video yang kamu unduh tidak melanggar hak cipta. Untuk menggunakan fitur download TikTok, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Buka video TikTok yang ingin kamu unduh musiknya Carilah video yang ingin kamu unduh di aplikasi TikTok dan buka videonya.
2. Klik tombol “tiga titik” yang ada di sebelah kanan bawah video Tombol “tiga titik” adalah tombol yang berfungsi untuk membuka menu pada video TikTok. Tombol ini bisa kamu temukan di sebelah kanan bawah video.
3. Pilih opsi “Save Video” Setelah memilih tombol “tiga titik”, kamu akan melihat beberapa opsi menu. Pilihlah opsi “Save Video” untuk mengunduh video beserta musiknya.
4. Tunggu hingga proses unduhan selesai Proses unduhan video beserta musiknya akan memakan waktu sesuai dengan ukuran video tersebut. Tunggulah hingga proses unduhan selesai.
TRENDING 🔥  What is a fraction?

2.2 Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain fitur download yang disediakan oleh TikTok, kamu juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunduh musik dari aplikasi ini. Namun, kamu perlu berhati-hati karena beberapa aplikasi pihak ketiga ini tidak terpercaya dan bisa membahayakan smartphone kamu. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu gunakan:

Nama Aplikasi Kelebihan Kekurangan
TikMate – Gratis
– Tidak perlu login akun TikTok
– Banyak iklan
– Tidak selalu berhasil mengunduh musik
TikTok Downloader – Mudah digunakan
– Bisa mengunduh video atau musik
– Tidak selalu berhasil mengunduh musik
TikTok Video Downloader – Gratis
– Bisa mengunduh video atau musik
– Banyak iklan
– Tidak selalu berhasil mengunduh musik

Untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga ini, kamu perlu mengunduh aplikasinya terlebih dahulu di Google Play atau App Store. Setelah berhasil mengunduh, buka aplikasinya dan masukkan link video TikTok yang ingin kamu unduh musiknya. Setelah itu, kamu bisa memilih opsi untuk mengunduh musik saja atau video beserta musiknya.

3. Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengunduh musik dari aplikasi TikTok. Kamu bisa memilih cara yang paling mudah dan aman untuk digunakan. Namun, perlu diingat bahwa kamu harus memastikan bahwa musik yang kamu unduh tidak melanggar hak cipta. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu. Terima kasih sudah membaca!

FAQ

1. Apakah Bisa Mengunduh Musik dari Setiap Video TikTok?

Tidak semua video TikTok bisa diunduh musiknya menggunakan fitur download atau aplikasi pihak ketiga. Beberapa video mungkin memiliki pembatasan hak cipta atau tidak memungkinkan untuk diunduh. Namun, kamu bisa mencoba menggunakan cara lain atau mencari video TikTok yang tidak memiliki pembatasan hak cipta.

2. Apakah Aplikasi Pihak Ketiga Aman Digunakan?

Sebagian besar aplikasi pihak ketiga memiliki risiko penggunaan yang tidak aman. Beberapa aplikasi mungkin mengandung virus atau malware yang dapat membahayakan smartphone kamu. Pastikan untuk mengunduh aplikasi dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menggunakannya.

3. Apakah Saya Harus Login Akun TikTok untuk Mengunduh Musik?

Tidak selalu. Beberapa aplikasi pihak ketiga memungkinkan kamu untuk mengunduh musik dari video TikTok tanpa harus login akun TikTok. Namun, beberapa aplikasi mungkin meminta kamu untuk masuk menggunakan akun TikTok agar bisa mengunduh musik atau video.

Cara Download Musik di TikTok