Cara Hapus Background: Tutorial Mudah untuk Pemula

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering terjebak dalam urusan editing foto? Terutama ketika harus menghapus background foto yang kurang mendukung. Jangan khawatir, di artikel ini, kami akan memberikan tutorial lengkap tentang cara hapus background dengan mudah. Tanpa perlu keahlian khusus atau aplikasi berbayar, kamu dapat mengedit foto layaknya seorang profesional.

Apa itu Background?

Background merupakan latar belakang dari sebuah foto atau gambar. Terkadang, background yang kurang mendukung dapat merusak kualitas sebuah foto. Oleh karena itu, menghapus background dan menggantinya dengan latar belakang lain dapat meningkatkan kualitas foto tersebut.

Berbagai Jenis Background

No Jenis Background Keterangan
1 Background Warna Solid Background dengan warna yang solid dan tidak memiliki efek
2 Background Grainy Background dengan efek butiran kecil atau granul
3 Background Bokeh Background dengan efek blur yang membentuk titik-titik kecil
4 Background Gradient Background dengan efek gradasi warna yang memudar

Cara Hapus Background Bukti

Bagaimana cara hapus background pada sebuah foto atau gambar? Berikut tutorial mudah untuk pemula:

1. Langkah Pertama: Siapkan Foto atau Gambar

Siapkan foto atau gambar yang ingin kamu hapus background-nya. Pastikan foto tersebut memiliki kualitas yang baik dan tidak terlalu kompleks. Sebaiknya gunakan foto dengan latar belakang yang solid dan kontras agar lebih mudah dihapus.

2. Langkah Kedua: Buka Aplikasi Editing

Gunakan aplikasi editing yang kamu sudah terbiasa gunakan atau bisa juga menggunakan aplikasi online seperti Canva, Photopea, atau Fotor. Pilih fitur “Hapus Background” atau “Background Eraser” yang tersedia pada aplikasi tersebut.

3. Langkah Ketiga: Pilih Area Background

Pilih area background yang ingin dihapus dengan menggunakan fitur “Lasso Tool” atau “Magic Wand Tool”. Pastikan memilih area yang ingin dihapus dengan cermat dan teliti.

4. Langkah Keempat: Hapus Background

Saat area background sudah terpilih, klik fitur “Hapus Background” atau “Background Eraser” pada aplikasi. Secara otomatis, area background akan terhapus dan diganti dengan latar belakang transparan.

5. Langkah Kelima: Ganti Latar Belakang

Ganti latar belakang dengan menggunakan fitur “Ganti Background” atau “Change Background” pada aplikasi. Pilih latar belakang yang sesuai dengan tema atau foto yang kamu edit. Kamu bisa menggunakan latar belakang solid, gradasi, atau bahkan gambar lain yang sudah disiapkan sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Copy Tulisan di Gambar untuk EditorOnline

Cara Hapus Background dengan Aplikasi Online

Bagi kamu yang tidak memiliki aplikasi editing atau tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan, kamu bisa menggunakan aplikasi online untuk menghapus background. Berikut beberapa aplikasi online yang bisa kamu coba:

1. Canva

Canva adalah salah satu aplikasi online yang menyediakan fitur “Background Remover”. Dalam satu aplikasi, kamu bisa menghapus background dan membuat desain lainnya seperti poster, undangan, dan lain-lain.

2. Photopea

Photopea adalah aplikasi online gratis yang memiliki fitur serupa dengan Photoshop. Kamu bisa menghapus background dengan mudah dan juga melakukan editing lainnya seperti crop, resize, dan lain-lain.

3. Fotor

Fotor adalah aplikasi editing online yang juga menyediakan fitur hapus background. Selain itu, aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai filter dan efek untuk membuat foto kamu lebih menarik.

FAQ

Apa itu Background?

Background merupakan latar belakang dari sebuah foto atau gambar.

Bagaimana cara menghapus background?

Kamu bisa menggunakan aplikasi editing atau aplikasi online yang menyediakan fitur hapus background. Kemudian, pilih area background yang ingin dihapus dan klik fitur “Hapus Background”. Ganti latar belakang dengan latar belakang yang kamu inginkan.

Apakah menghapus background sulit dilakukan?

Tidak, menghapus background dapat dilakukan dengan mudah. Terlebih dengan adanya aplikasi online yang memudahkan kamu dalam menghapus background dengan cepat dan praktis.

Apakah aku memerlukan keahlian khusus untuk menghapus background?

Tidak, kamu tidak memerlukan keahlian khusus. Dalam artikel ini, kami memberikan tutorial lengkap tentang cara hapus background untuk pemula.

Apakah aplikasi online dapat menghasilkan kualitas gambar yang sama dengan aplikasi editing?

Ya, aplikasi online juga dapat menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik. Seperti halnya aplikasi editing, kamu hanya perlu memastikan memilih aplikasi online yang memiliki fitur lengkap dan memadai.

Cara Hapus Background: Tutorial Mudah untuk Pemula