Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10

>Halo Sohib EditorOnline, jika kamu sedang membaca artikel ini, kemungkinan kamu salah satu dari mereka yang sedang mengalami masalah keluar dari safe mode pada Windows 10. Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan kamu cara mudah untuk keluar dari safe mode pada Windows 10. Simak semua langkahnya dengan baik ya!

Apa itu Safe Mode pada Windows 10?

Sebelum membahas cara keluar dari safe mode pada Windows 10, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu apa itu safe mode. Safe mode pada Windows 10 adalah mode yang digunakan untuk memperbaiki sistem komputer yang rusak atau bermasalah. Dalam mode ini, sistem hanya akan memuat driver dan program esensial saja, sehingga memudahkan pengguna untuk mengatasi masalah yang terjadi.

Kenapa Saya Tidak Bisa Keluar dari Safe Mode?

Saat kamu memasuki safe mode pada Windows 10, kamu harus keluar dari mode ini dengan cara yang benar agar sistem kembali normal. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah saat akan keluar dari safe mode. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kamu tidak bisa keluar dari safe mode pada Windows 10 diantaranya:

No Penyebab Solusi
1 Driver yang rusak atau tidak kompatibel Update atau uninstall driver yang menyebabkan masalah
2 Kerusakan sistem operasi Lakukan scan dan perbaiki sistem operasi
3 Virus atau malware Scan dan hapus virus atau malware yang ada

Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10

1. Gunakan Tombol F8

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari safe mode pada Windows 10 adalah dengan menggunakan tombol F8. Caranya sebagai berikut:

A. Restart Komputer

Pertama, restart komputer kamu dengan menekan tombol power. Tunggu beberapa detik hingga komputer benar-benar mati.

B. Tekan Tombol F8

Selanjutnya, tekan tombol F8 sesaat setelah kamu menekan tombol power. Jangan lepas tombol ini hingga layar masuk safe mode muncul.

C. Keluar dari Safe Mode

Setelah masuk ke safe mode, kamu bisa keluar dengan cara sama seperti saat kamu masuk ke safe mode. Tekan tombol F8 dan pilih opsi “Normal Startup”. Kemudian tekan tombol Enter dan komputer akan restart dengan mode normal.

2. Gunakan MSCONFIG

Metode kedua yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan MSCONFIG. Caranya sebagai berikut:

TRENDING 🔥  Cara Mengecek Nomor HP XL

A. Buka MSCONFIG

Pertama, buka MSCONFIG dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard. Ketik “msconfig” tanpa tanda kutip dan tekan tombol Enter pada keyboard.

B. Pilih Opsi Normal Startup

Selanjutnya, klik tab “Boot” dan pastikan opsi “Safe boot” tidak dicentang. Kemudian pilih opsi “Normal startup” dan klik “Apply” dan “OK”.

C. Restart Komputer

Terakhir, restart komputer kamu dan masuk ke mode normal kembali.

3. Menggunakan Command Prompt

Metode ketiga yang dapat kamu coba adalah dengan menggunakan Command Prompt. Caranya sebagai berikut:

A. Buka Command Prompt

Pertama, buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R pada keyboard. Ketik “cmd” tanpa tanda kutip dan tekan tombol Enter pada keyboard.

B. Ketik Perintah untuk Keluar dari Safe Mode

Setelah itu, ketik perintah “bcdedit /deletevalue {default} safeboot” tanpa tanda kutip pada Command Prompt. Kemudian tekan tombol Enter pada keyboard.

C. Restart Komputer

Terakhir, restart komputer kamu dan masuk ke mode normal kembali.

FAQ

1. Apa Itu Safe Mode Pada Windows 10?

Safe mode pada Windows 10 adalah mode yang digunakan untuk memperbaiki sistem komputer yang rusak atau bermasalah. Dalam mode ini, sistem hanya akan memuat driver dan program esensial saja, sehingga memudahkan pengguna untuk mengatasi masalah yang terjadi.

2. Kenapa Saya Tidak Bisa Keluar dari Safe Mode?

Saat kamu memasuki safe mode pada Windows 10, kamu harus keluar dari mode ini dengan cara yang benar agar sistem kembali normal. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah saat akan keluar dari safe mode, seperti driver yang rusak atau tidak kompatibel, kerusakan sistem operasi, atau virus dan malware.

3. Bagaimana Cara Keluar Dari Safe Mode Pada Windows 10?

Terdapat tiga cara yang dapat kamu lakukan untuk keluar dari safe mode pada Windows 10, yaitu menggunakan tombol F8, menggunakan MSCONFIG, atau menggunakan Command Prompt.

4. Apakah Aman Menggunakan Safe Mode Pada Windows 10?

Ya, penggunaan safe mode pada Windows 10 tidak akan merusak sistem komputer kamu. Namun, pastikan kamu sudah memperbaiki masalah yang ada dan keluar dari safe mode dengan cara yang benar.

5. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Masih Tidak Bisa Keluar Dari Safe Mode?

Jika kamu masih tidak bisa keluar dari safe mode pada Windows 10 setelah melakukan langkah-langkah di atas, kamu dapat mencoba untuk melakukan restore sistem atau reinstalasi sistem operasi.

Cara Keluar dari Safe Mode Windows 10