Cara Kerja Mesin 4 Tak

>Halo Sohib EditorOnline! Apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara kerja mesin 4 tak? Jika iya, kamu berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, kita akan membahas tentang cara kerja mesin 4 tak secara lengkap dan detail. Mari simak bersama!

Pengertian Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak merupakan jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan pada kendaraan bermotor. Mesin ini bekerja melalui empat langkah atau tahap, yaitu:

  1. Intake Stroke: Piston turun membuka intake valve dan menghisap campuran udara dan bahan bakar ke dalam ruang bakar. Klep intake ditutup saat piston naik.
  2. Compression Stroke: Piston naik dan menekan campuran udara dan bahan bakar ke atas, menciptakan tekanan yang tinggi di dalam ruang bakar.
  3. Power Stroke: Bahan bakar yang terkompresi di dalam ruang bakar dihidupkan oleh api dari busi, menciptakan tekanan yang sangat tinggi yang mendorong piston turun.
  4. Exhaust Stroke: Piston naik dan membuka exhaust valve, membuang gas buang dari ruang bakar. Klep exhaust ditutup saat piston turun.

Proses tersebut terjadi secara berulang-ulang dengan kecepatan yang sangat tinggi, menciptakan tenaga yang diperlukan untuk menggerakkan kendaraan.

Cara Kerja Mesin 4 Tak Secara Detail

Untuk memahami lebih lanjut tentang cara kerja mesin 4 tak, mari kita bahas secara detail setiap tahapan prosesnya.

Intake Stroke

Pada tahap intake stroke, piston turun dan membuka intake valve, membuat campuran udara dan bahan bakar masuk ke dalam ruang bakar melalui manifold intake. Campuran tersebut kemudian mengisi ruang bakar melalui intake valve yang terbuka. Klep intake ditutup saat piston naik pada akhir tahap ini.

Intake valve terbuka dan ditutup oleh camshaft, yang terhubung dengan crankshaft melalui timing belt atau timing chain. Camshaft mengontrol kapan intake valve terbuka dan ditutup, sehingga memastikan campuran bahan bakar dan udara masuk ke dalam ruang bakar pada saat yang tepat.

Compression Stroke

Pada tahap compression stroke, piston naik dan menekan campuran udara dan bahan bakar ke atas, menciptakan tekanan yang tinggi di dalam ruang bakar. Klep intake dan exhaust ditutup pada tahap ini.

Compression ratio, atau perbandingan volume antara ruang bakar pada saat intake stroke dan pada saat compression stroke, sangat mempengaruhi performa mesin. Semakin tinggi compression ratio, semakin efisien mesin dan menghasilkan tenaga yang lebih baik.

Power Stroke

Campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi dihidupkan oleh api dari busi pada tahap power stroke, menciptakan tekanan yang sangat tinggi yang mendorong piston turun. Tenaga yang dihasilkan saat ini akan digunakan untuk menggerakkan roda kendaraan.

Seperti halnya pada tahap intake stroke, camshaft mengontrol kapan exhaust valve terbuka dan ditutup, memungkinkan gas buang dikeluarkan dari ruang bakar pada saat yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Menabung Lewat ATM BRI

Exhaust Stroke

Pada tahap exhaust stroke, piston naik dan membuka exhaust valve, membuang gas buang dari ruang bakar melalui manifold exhaust. Klep exhaust ditutup saat piston turun.

Gas buang mengandung sejumlah besar panas dan energi, yang dapat dimanfaatkan kembali dalam proses yang disebut dengan recirculation of exhaust gas. Proses ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi mesin dan mengurangi emisi.

Keuntungan dan Kerugian Mesin 4 Tak

Mesin 4 tak memiliki sejumlah keuntungan dan kerugian. Mari kita bahas secara singkat tentang kelebihan dan kekurangannya.

Keuntungan Mesin 4 Tak

  • Mesin 4 tak memiliki lebih sedikit emisi dan lebih efisien dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Mesin 4 tak memiliki tenaga yang lebih baik pada rpm yang lebih rendah.
  • Mesin 4 tak lebih tahan lama dan membutuhkan perawatan yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin 2 tak.

Kerugian Mesin 4 Tak

  • Mesin 4 tak lebih berat dan lebih kompleks dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Mesin 4 tak membutuhkan bahan bakar yang lebih mahal dibandingkan dengan mesin 2 tak.
  • Mesin 4 tak memiliki performa yang lebih buruk pada rpm yang lebih tinggi dibandingkan dengan mesin 2 tak.

FAQ tentang Mesin 4 Tak

Pertanyaan Jawaban
Apa itu mesin 4 tak? Mesin 4 tak merupakan jenis mesin pembakaran dalam yang paling umum digunakan pada kendaraan bermotor.
Berapa tahapan proses pada mesin 4 tak? Mesin 4 tak bekerja melalui empat tahap atau langkah, yaitu intake stroke, compression stroke, power stroke, dan exhaust stroke.
Apa yang membedakan mesin 4 tak dengan mesin 2 tak? Mesin 4 tak bekerja melalui empat tahap atau langkah, sementara mesin 2 tak hanya bekerja melalui dua tahap atau langkah.
Apakah mesin 4 tak lebih efisien dibandingkan dengan mesin 2 tak? Ya, mesin 4 tak memiliki lebih sedikit emisi dan lebih efisien dibandingkan dengan mesin 2 tak.

Demikianlah artikel tentang cara kerja mesin 4 tak. Semoga informasi yang disajikan dapat bermanfaat bagi pembaca. Jangan ragu untuk memberikan komentar atau pertanyaan di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah membaca!

Cara Kerja Mesin 4 Tak