Cara Make Up Sendiri Beserta Gambarnya

>Hello Sohib EditorOnline, ketika mendengar kata make up pasti yang terpikirkan adalah tampil cantik dan menawan. Kini, make up tidak hanya menjadi kebutuhan bagi para wanita yang ingin tampil cantik, tetapi juga menjadi bagian dari gaya hidup yang banyak diminati oleh para pria. Memakai make up bisa mempengaruhi perasaan kita sepanjang hari. Namun, bagi sebagian orang, make up harus dilakukan oleh seorang make up artist agar hasilnya optimal. Padahal, setiap orang bisa melakukan make up sendiri dengan teknik yang benar. Melalui artikel ini, kami akan membahas cara make up sendiri beserta gambarnya bagi kamu yang ingin tampil cantik dengan hasil yang sempurna.

1. Menentukan Jenis Kulit

Sebelum melakukan make up, kamu harus mengetahui jenis kulitmu. Jenis kulit bisa dibedakan menjadi kulit kering, normal, berminyak, dan kombinasi. Memiliki pengetahuan tentang jenis kulitmu sangatlah penting untuk memilih produk make up yang tepat dan hasil yang maksimal. Jika kamu bingung menentukan jenis kulitmu, kamu bisa meminta bantuan dari ahli kecantikan atau melakukan tes sendiri di rumah dengan cara sebagai berikut:

Cara Menentukan Jenis Kulit sendiri
1. Bersihkan wajahmu dengan air bersih dan sabun wajah
2. Tunggu 30 menit sampai kulitmu kembali normal
3. Basuh wajahmu dengan air bersih, lalu keringkan dengan handuk bersih
4. Letakkan sehelai tisu tipis di seluruh wajahmu
5. Perhatikan hasilnya:
– Jika tisu tidak menunjukkan minyak, kamu memiliki kulit kering
– Jika tisu menunjukkan sedikit minyak di bagian T-zone, kamu memiliki kulit normal
– Jika tisu menunjukkan banyak minyak di seluruh wajah, kamu memiliki kulit berminyak
– Jika tisu menunjukkan minyak di bagian T-zone dan kering di area lainnya, kamu memiliki kulit kombinasi

Setelah mengetahui jenis kulitmu, kamu bisa memilih produk make up yang sesuai. Jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sebelum menggunakan make up agar hasilnya maksimal dan tidak menyebabkan iritasi kulit.

2. Rutin Menggunakan Pelembap

Sebelum melakukan make up, pastikan kulitmu terhidrasi dengan baik. Gunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Pelembap akan membuat kulitmu lembut dan siap menerima make up dengan baik. Selain itu, penggunaan pelembap secara rutin juga bisa menjaga kesehatan kulitmu dan mencegah penuaan dini.

3. Memilih Foundation yang Sesuai

Foundation adalah produk make up yang digunakan untuk meratakan warna kulit. Memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu sangatlah penting agar hasilnya maksimal dan tidak terlihat berlebihan. Untuk kulit kering, pilihlah foundation yang mengandung pelembap. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilihlah foundation yang mengandung bahan anti minyak. Selain itu, pilihlah warna yang sesuai dengan warna kulitmu agar tidak terlihat berbeda dengan leher atau bagian lain dari tubuhmu. Untuk memudahkan dalam memilih foundation yang sesuai dengan kulitmu, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau mencoba beberapa produk terlebih dahulu.

4. Menggunakan Concealer untuk Menutupi Noda pada Wajah

Concealer digunakan untuk menutupi noda pada wajah seperti lingkaran hitam di bawah mata, jerawat, atau bekas luka. Pilihlah concealer yang sesuai dengan warna foundationmu atau sedikit lebih terang. Gunakan concealer dengan ujung jari atau kuas kecil, lalu ratakan secara perlahan. Ingat, jangan gunakan concealer terlalu banyak agar terlihat natural.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Ikan Hias yang Mudah

5. Menggunakan Bedak Tabur

Bedak tabur digunakan untuk membuat make up lebih tahan lama dan mengurangi kilap di wajah. Pilihlah bedak tabur yang tepat untuk jenis kulitmu. Untuk kulit kering, pilihlah bedak yang mengandung pelembap. Sedangkan untuk kulit berminyak, pilihlah bedak yang mengandung formula anti minyak. Gunakan kuas besar untuk mengaplikasikan bedak secara merata di seluruh wajah. Jangan lupa untuk membersihkan kuas secara rutin untuk menghindari penumpukan bakteri.

6. Membentuk Alis

Alis yang terawat dan terbentuk rapi akan membuat wajahmu terlihat lebih cantik dan menawan. Gunakan pensil alis atau produk alis lainnya untuk membentuk alismu. Pastikan warna yang kamu pilih sesuai dengan warna rambut dan kulitmu. Gunakan kuas alis untuk meratakan produk alis dan membuatnya terlihat natural.

7. Menggunakan Eye Shadow

Eye shadow digunakan untuk membuat mata lebih terlihat hidup dan berwarna. Pilihlah warna eye shadow yang sesuai dengan warna kulit dan pakaianmu. Gunakan kuas eye shadow untuk mengaplikasikan eye shadow secara merata di kelopak mata. Untuk membuat tampilan lebih dramatis, tambahkan warna lebih gelap pada bagian sudut luar mata.

8. Menggunakan Eyeliner

Eyeliner digunakan untuk menegaskan bentuk dan ukuran mata. Pilihlah eyeliner yang sesuai dengan gaya make upmu. Untuk tampilan yang natural, gunakan eyeliner pensil dengan warna hitam atau cokelat. Sedangkan untuk tampilan yang lebih dramatis, gunakan eyeliner cair atau gel dengan warna lebih terang seperti biru atau ungu. Gunakan eyeliner secara perlahan dan ratakan agar tidak terlihat berlebihan.

9. Menggunakan Maskara

Maskara digunakan untuk membuat bulu mata lebih panjang dan tebal. Pilihlah maskara yang sesuai dengan jenis bulu matamu. Untuk bulu mata yang pendek, pilihlah maskara yang memberikan efek penebalan. Sedangkan untuk bulu mata yang tipis, pilihlah maskara yang memberikan efek pemanjangan. Aplikasikan maskara dari pangkal bulu mata hingga ujung secara perlahan untuk hasil yang maksimal.

10. Menggunakan Blush On

Blush on digunakan untuk memberikan efek segar dan cerah pada wajah. Pilihlah warna blush on yang sesuai dengan warna kulit dan make upmu. Gunakan kuas blush on untuk mengaplikasikan blush on pada bagian pipimu. Untuk tampilan yang natural, gunakan blush on dengan warna soft dan aplikasikan secara merata. Sedangkan untuk tampilan yang lebih bold, gunakan blush on dengan warna yang lebih terang dan aplikasikan sedikit di bagian tengah pipimu.

11. Menggunakan Lipstik

Lipstik digunakan untuk memberikan warna pada bibirmu. Pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan warna kulit, make up, dan pakaianmu. Gunakan lipstik dengan ujung jari atau kuas bibir untuk hasil yang maksimal. Untuk tampilan yang natural, gunakan lipstik dengan warna soft seperti nude atau pink muda, sedangkan untuk tampilan yang bold, gunakan lipstik dengan warna yang lebih terang seperti merah atau ungu tua.

12. Menggunakan Setting Spray

Setting spray digunakan untuk membuat make up lebih tahan lama dan mengurangi kilap di wajah. Gunakan setting spray setelah selesai melakukan make up agar make upmu tetap tahan lama sepanjang hari. Aplikasikan secara merata di seluruh wajah dan biarkan mengering selama beberapa detik.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan sebelum melakukan make up?

Sebelum melakukan make up, pastikan kulitmu terhidrasi dengan baik dengan menggunakan pelembap yang sesuai dengan jenis kulitmu. Selain itu, bersihkan wajahmu terlebih dahulu agar make up bisa menempel dengan baik pada wajahmu.

2. Bagaimana cara memilih foundation yang sesuai?

Memilih foundation yang sesuai sangatlah penting agar hasilnya maksimal dan tidak terlihat berlebihan. Pilihlah foundation yang sesuai dengan jenis kulitmu dan warna kulitmu. Untuk memudahkan dalam memilih foundation yang sesuai dengan kulitmu, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli kecantikan atau mencoba beberapa produk terlebih dahulu.

3. Apa yang harus dilakukan jika make up tidak tahan lama?

Jika make upmu tidak tahan lama, gunakan setting spray untuk membuat make up lebih tahan lama. Selain itu, gunakan bedak tabur untuk mengurangi kilap di wajah dan jangan lupa untuk selalu membersihkan wajah sebelum mengaplikasikan make up.

TRENDING 🔥  Cara Install Windows 11

4. Bagaimana cara membentuk alis yang rapi?

Gunakan pensil alis atau produk alis lainnya untuk membentuk alismu. Pastikan warna yang kamu pilih sesuai dengan warna rambut dan kulitmu. Gunakan kuas alis untuk meratakan produk alis dan membuatnya terlihat natural.

5. Apa yang harus dilakukan jika terjadi iritasi kulit setelah menggunakan make up?

Jika terjadi iritasi kulit setelah menggunakan make up, hentikan penggunaan make up tersebut dan bersihkan wajah dengan sabun yang lembut. Gunakan pelembap untuk melembabkan kulit dan hindari penggunaan make up sementara waktu. Jika iritasi masih berlanjut, segera konsultasikan dengan dokter kulit.

Cara Make Up Sendiri Beserta Gambarnya