Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara yang tepat untuk melamar pekerjaan lewat email. Dalam zaman digital seperti sekarang, email memang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mencari pekerjaan. Namun, mengirim email untuk melamar pekerjaan tidak semudah yang Anda kira. Anda harus memperhatikan banyak hal mulai dari cara menulis email hingga cara membuat lamaran kerja yang baik. Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda dalam melamar pekerjaan lewat email.

1. Mencari Informasi Lowongan Pekerjaan

Sebelum Anda melamar pekerjaan lewat email, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari informasi tentang lowongan pekerjaan yang tersedia. Banyak situs web atau aplikasi yang menyediakan informasi tentang lowongan pekerjaan. Anda bisa mencarinya melalui situs karir, grup Facebook, atau memfollow akun-akun Instagram perusahaan. Pastikan bahwa informasi yang Anda dapatkan bisa dipercaya dan jangan sampai terkecoh dengan informasi palsu.

Setelah menemukan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai, perhatikan informasi detail yang diberikan. Pastikan bahwa kualifikasi dan persyaratan yang diberikan sesuai dengan keahlian dan pengalaman Anda.

2. Menulis Email Lamaran Kerja yang Baik

Menulis email lamaran kerja yang baik dan menarik adalah kunci utama dalam mencari pekerjaan. Pastikan bahwa email yang Anda kirimkan menarik perhatian dari pihak perusahaan dan menjelaskan keahlian dan pengalaman Anda dengan jelas.

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis email lamaran kerja:

A. Subjek Email

Subjek merupakan hal pertama yang dilihat oleh penerima email. Pastikan subjek yang Anda buat menarik dan mencerminkan isi email Anda. Contoh subjek: Lamaran Kerja – Nama Lengkap – Posisi Yang Dilamar

B. Greeting

Salam pembuka yang tepat sangat penting dalam menulis email. Pastikan Anda mencantumkan nama penerima dengan benar. Jangan hanya menuliskan “Halo/Salam,” tetapi tuliskan juga nama penerima email. Contoh: “Halo Ibu Fulanah,”

C. Pengenalan Diri

Kenalkan diri Anda dengan jelas dan singkat. Tulis nama, pendidikan terakhir, keahlian, dan pengalaman kerja yang dimiliki. Pastikan informasi yang diberikan sesuai dengan persyaratan yang ditentukan oleh perusahaan.

D. Alasan Melamar Pekerjaan

Jelaskan alasan mengapa Anda tertarik untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut dan apa yang membuat Anda cocok untuk posisi yang dilamar.

E. Lampiran

Lampirkan CV atau resume Anda, dan pastikan formatnya mudah dibaca dan menarik perhatian. Jangan lupa untuk memeriksa kembali CV atau resume Anda agar tidak ada kesalahan.

3. Membuat Lamaran Kerja yang Baik

Setelah menulis email, Anda perlu membuat lamaran kerja yang baik. Lamaran kerja yang baik harus mencerminkan kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki oleh pelamar. Berikut adalah beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam membuat lamaran kerja:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sabun: Panduan Praktis untuk Pemula

A. Headline Lamaran Kerja

Headline yang tepat akan membuat surat lamaran kerja Anda terlihat menarik dan berbeda dari surat lamaran kerja lainnya. Headline yang baik biasanya terdiri dari satu atau dua kalimat yang mencerminkan kualifikasi dan pengalaman Anda.

B. Pengenalan Diri

Setelah headline, lanjutkan dengan pengenalan diri dan kemampuan yang dimiliki. Jangan lupa mencantumkan pengetahuan dan pengalaman yang relevan dengan posisi yang dilamar.

C. Alasan Melamar Pekerjaan

Jelaskan mengapa posisi tersebut sangat penting untuk Anda dan bagaimana Anda dapat membantu organisasi dalam mencapai tujuannya.

D. Pengalaman Kerja

Tuliskan pengalaman kerja terakhir Anda secara singkat dan jelas, sebutkan posisi dan tanggung jawab Anda, dan apa yang Anda lakukan untuk mencapai target perusahaan.

E. Kualifikasi dan Keahlian

Biasakan mencantumkan kualifikasi dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Contohnya, jika Anda melamar posisi sebagai desainer grafis, sebutkan keahlian dan pengalaman yang dimiliki dalam bidang desain grafis.

F. Penutup

Tutup surat lamaran kerja tersebut dengan kalimat positif dan singkat. Misalnya, “Saya siap melalui tahap wawancara selanjutnya bila diperlukan.” Jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon atau email yang dapat dihubungi jika pihak perusahaan ingin menghubungi Anda.

4. FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email lamaran pekerjaan? Waktu yang tepat untuk mengirimkan email lamaran pekerjaan adalah di pagi hari pada hari kerja.
2. Apa yang harus saya tulis di subjek email? Tulis subjek email yang berisi lamaran pekerjaan dan posisi yang dilamar. Contoh: Lamaran Kerja – Nama Lengkap – Posisi Yang Dilamar
3. Apakah saya perlu menulis surat lamaran kerja secara terpisah? Tidak selalu. Beberapa perusahaan mengizinkan pelamar untuk melamar pekerjaan lewat email saja, tanpa melampirkan surat lamaran kerja terpisah.
4. Apakah saya harus mencantumkan foto dalam CV? Tidak selalu. Beberapa perusahaan meminta pelamar untuk mencantumkan foto dalam CV, tetapi ada juga yang tidak.
5. Bagaimana cara menulis email lamaran kerja yang menarik perhatian? Pastikan email lamaran kerja yang Anda kirimkan menarik perhatian pihak perusahaan, dengan subjek email yang menarik, pengenalan diri yang jelas, dan penjelasan keahlian dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam melamar pekerjaan lewat email. Ingatlah bahwa cara yang tepat dalam melamar pekerjaan mempengaruhi kesuksesan Anda dalam mencari pekerjaan. Selamat mencoba!

Cara Melamar Pekerjaan Lewat Email