Cara Memakai Bedak Lotong: Panduan Lengkap untuk Kulit Cantik

>Salam hangat, Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat? Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan bedak lotong. Bedak lotong merupakan bedak tradisional yang sudah digunakan sejak zaman dulu untuk menjaga kecantikan kulit. Namun, untuk menggunakan bedak lotong dengan benar, kamu perlu mengetahui beberapa hal. Simak panduan cara memakai bedak lotong berikut ini.

Apa Itu Bedak Lotong?

Bedak lotong merupakan bedak yang terbuat dari beras ketan putih yang dihaluskan. Bedak ini biasanya dipakai di wajah untuk membuat kulit terlihat lebih putih dan cerah. Bedak lotong juga dapat digunakan sebagai pengganti bedak tabur pada makeup.

Kelebihan Bedak Lotong

Salah satu kelebihan bedak lotong adalah bahannya yang alami dan aman untuk digunakan pada kulit. Selain itu, bedak lotong juga dikenal dapat menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Kekurangan Bedak Lotong

Salah satu kekurangan bedak lotong adalah teksturnya yang cenderung lengket dan berminyak. Hal ini dapat membuat pengguna merasa tidak nyaman saat memakainya. Selain itu, bedak lotong juga tidak dapat digunakan untuk kontur atau shading pada makeup karena warnanya yang terlalu putih.

Cara Memakai Bedak Lotong

Persiapan Alat dan Bahan

Pertama-tama, pastikan kamu sudah menyiapkan semua alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggunakan bedak lotong. Berikut ini adalah alat dan bahan yang kamu perlukan:

Alat Bahan
Kuas bedak Bedak lotong
Wadah bedak Air mawar
Handuk kecil Minyak kelapa
Bedak tabur (jika diperlukan)

Langkah-Langkah Memakai Bedak Lotong

Berikut ini adalah langkah-langkah cara memakai bedak lotong:

1. Bersihkan Wajah

Langkah pertama sebelum menggunakan bedak lotong adalah membersihkan wajah dengan benar. Kamu dapat membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka dan air hangat. Setelah itu, keringkan wajah dengan handuk kecil.

2. Siapkan Wadah Bedak

Siapkan wadah bedak dan tuangkan bedak lotong secukupnya. Tambahkan sedikit air mawar ke dalam bedak dan aduk hingga merata. Jangan terlalu banyak menambahkan air mawar agar bedak tidak menjadi terlalu basah.

3. Siapkan Kuas Bedak

Siapkan kuas bedak dan celupkan ke dalam bedak lotong yang sudah disiapkan. Pastikan kuas telah terlapisi bedak secara merata.

4. Aplikasikan Bedak Lotong

Setelah kuas terlapisi bedak, aplikasikan bedak lotong ke seluruh wajah dengan gerakan memutar. Hindari penggunaan bedak terlalu tebal atau terlalu tipis.

TRENDING 🔥  Cara Cek Nomor Taspen

5. Tunggu Hingga Kering

Tunggu bedak lotong hingga kering sebelum melanjutkan dengan makeup selanjutnya. Kamu dapat menggunakan waktu ini untuk memijat wajah dengan minyak kelapa agar kulit tetap lembap.

6. Gunakan Bedak Tabur (Jika Diperlukan)

Jika kamu merasa bedak lotong terlalu lengket atau berminyak, kamu dapat menggunakan bedak tabur sebagai pengganti di atas bedak lotong.

FAQ Cara Memakai Bedak Lotong

1. Berapa Sering Sebaiknya Menggunakan Bedak Lotong?

Sebaiknya kamu menggunakan bedak lotong tidak lebih dari dua kali sehari. Gunakan pada pagi hari sebagai basis makeup, dan sebelum tidur sebagai perawatan kulit.

2. Apakah Bedak Lotong Cocok untuk Semua Jenis Kulit?

Bedak lotong cocok untuk semua jenis kulit, terutama kulit kering dan normal. Namun, bagi yang memiliki kulit berminyak, sebaiknya menghindari penggunaan bedak lotong karena dapat membuat kulit semakin berminyak.

3. Bisakah Bedak Lotong Digunakan Sebagai Foundation?

Bedak lotong dapat digunakan sebagai basis makeup, namun tidak dapat digunakan sebagai pengganti foundation. Kamu dapat menggunakan bedak tabur atau foundation dengan warna yang sesuai untuk membuat makeup terlihat lebih sempurna.

4. Apakah Bedak Lotong Mengandung Bahan Kimia Berbahaya?

Bedak lotong terbuat dari bahan alami, sehingga aman untuk digunakan pada kulit. Namun, perlu diperhatikan bahwa bedak lotong yang mengandung pewarna atau parfum buatan dapat membahayakan kulit. Pastikan memilih bedak lotong yang terbuat dari bahan-bahan alami atau organik tanpa tambahan bahan kimia.

5. Bagaimana Cara Menghapus Bedak Lotong?

Untuk menghapus bedak lotong, cukup bersihkan wajah dengan sabun pencuci muka dan air hangat. Kamu juga dapat menggunakan micellar water untuk membersihkan sisa-sisa bedak lotong.

Kesimpulan

Nah, itu tadi panduan lengkap cara menggunakan bedak lotong untuk kulit cantik. Ingat, penggunaan bedak lotong yang tepat dapat membantu menjaga kecantikan kulitmu. Namun, pastikan memilih bedak lotong yang aman dan sesuai dengan jenis kulitmu ya, Sohib EditorOnline!

Cara Memakai Bedak Lotong: Panduan Lengkap untuk Kulit Cantik