Cara Memasak Tempe

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara memasak tempe. Tempe merupakan salah satu bahan makanan yang populer di Indonesia. Banyak sekali jenis olahan tempe yang bisa kita nikmati seperti tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, dan masih banyak lagi. Mari kita simak beberapa cara mudah memasak tempe.

Cara Memasak Tempe Goreng

Tempe goreng merupakan salah satu olahan tempe yang paling populer di Indonesia. Berikut adalah cara memasak tempe goreng yang lezat dan garing:

1. Persiapan

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti tempe, minyak goreng, bawang putih, garam, dan merica. Kemudian, iris tempe sesuai dengan selera dan ukuran yang diinginkan.

2. Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga cukup panas. Setelah itu, masukkan irisan tempe ke dalam minyak panas. Goreng tempe hingga matang dan berubah warna menjadi kecoklatan. Jangan lupa untuk membalik tempe agar matang merata.

3. Pelengkap

Sajikan tempe goreng dalam piring saji dan taburi garam, merica, dan bawang putih yang sudah dihaluskan. Tempe goreng siap untuk dinikmati sebagai pelengkap makanan atau sebagai camilan.

Cara Memasak Tempe Mendoan

Tempe mendoan merupakan olahan tempe yang sangat terkenal di daerah Jawa Tengah. Tempe mendoan memiliki cita rasa yang gurih dan renyah. Berikut adalah cara memasak tempe mendoan yang mudah:

1. Persiapan

Siapkan bahan-bahan seperti tempe, bawang putih, bawang merah, daun bawang, tepung beras, air, garam, dan merica. Kemudian, iris tempe tipis-tipis sesuai dengan selera.

2. Pembuatan Adonan

Haluskan bawang putih, bawang merah, daun bawang, garam, dan merica. Campurkan tepung beras dan air secukupnya sampai adonan kental dan tidak terlalu cair.

3. Penggorengan

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah itu, celupkan irisan tempe ke dalam adonan tepung beras dan goreng dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Penyelesaian

Sajikan tempe mendoan dalam piring saji dan taburi bawang goreng dan daun seledri sebagai pelengkap. Tempe mendoan siap untuk dinikmati sebagai camilan atau sebagai lauk.

Cara Memasak Tempe Bacem

Tempe bacem merupakan olahan tempe yang berasal dari Jawa Timur yang memiliki rasa manis dan gurih. Berikut adalah cara memasak tempe bacem yang lezat:

1. Persiapan

Siapkan bahan-bahan seperti tempe, air asam jawa, kecap manis, gula merah, bawang putih, garam, daun salam, dan air secukupnya.

TRENDING 🔥  Cara Download Video dari Youtube ke Galeri Tanpa Aplikasi

2. Pengolahan

Panaskan air dalam panci dan masukkan tempe. Tambahkan air asam jawa, kecap manis, gula merah, bawang putih yang sudah dihaluskan, garam, dan daun salam. Aduk rata dan masak tempe dalam bumbu hingga matang.

3. Penyelesaian

Sajikan tempe bacem dalam piring saji dan siap untuk dinikmati bersama dengan lauk lainnya.

FAQ

1. Apa itu tempe?

Tempe adalah bahan makanan yang terbuat dari kedelai yang difermentasi.

2. Apa saja jenis olahan tempe yang populer di Indonesia?

Beberapa jenis olahan tempe yang populer di Indonesia antara lain tempe goreng, tempe mendoan, tempe bacem, tempe penyet, dan masih banyak lagi.

3. Bagaimana cara memilih tempe yang baik?

Untuk memilih tempe yang baik, pilih tempe yang masih dalam keadaan segar dan berwarna putih. Pastikan juga tidak terdapat bercak hitam pada tempe.

4. Apa saja manfaat mengkonsumsi tempe?

Beberapa manfaat mengkonsumsi tempe antara lain membantu menjaga kesehatan tulang, meningkatkan fungsi pencernaan, dan membantu menurunkan kolesterol.

Conclusion

Itulah beberapa cara memasak tempe yang bisa kita coba di rumah. Tempe merupakan bahan makanan yang sangat bergizi dan sehat bagi tubuh. Selain itu, tempe juga mudah diolah dan sangat cocok sebagai lauk atau camilan. Yuk, coba resep tempe di atas dan nikmati kelezatannya!

Cara Memasak Tempe