Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya

>Selamat datang Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya. Jangan khawatir, karena dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu bisa mengganti tampilan dinding rumahmu dengan mudah dan praktis.

Mengenal Wallpaper Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu wallpaper dinding. Wallpaper dinding adalah bahan dekoratif yang biasanya digunakan untuk menutupi dinding ruangan agar lebih indah dan menarik. Wallpaper dinding terbuat dari bahan kertas atau vinyl, yang memiliki berbagai macam pola dan warna.

Kelebihan Wallpaper Dinding

Selain menambahkan nilai estetika pada interior rumah, pemasangan wallpaper dinding juga memiliki beberapa kelebihan, seperti:

Kelebihan Keterangan
Tahan Lama Wallpaper dinding memiliki daya tahan yang cukup lama, sehingga kamu tidak perlu sering mengganti.
Menyembunyikan Kerusakan Dinding Jika dinding rumahmu memiliki kerusakan, kamu bisa menutupinya dengan wallpaper dinding yang indah.
Mudah Dibersihkan Wallpaper dinding mudah dibersihkan, sehingga kamu tidak perlu khawatir dengan noda atau kotoran yang menempel.

FAQ tentang Wallpaper Dinding

Berikut beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang wallpaper dinding:

1. Apakah wallpaper dinding sulit dipasang?

Tidak, wallpaper dinding sangat mudah dipasang, asalkan kamu mengikuti langkah-langkah yang benar.

2. Berapa lama daya tahannya?

Wallpaper dinding memiliki daya tahan yang cukup lama, sekitar 5-7 tahun dengan perawatan yang baik.

3. Apakah wallpaper dinding mudah rusak?

Tidak, wallpaper dinding memiliki ketahanan yang cukup baik dan sulit rusak.

Langkah-Langkah Memasang Wallpaper Dinding

Berikut langkah-langkah memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya:

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memasang wallpaper dinding, kamu perlu menyiapkan bahan dan alat terlebih dahulu. Beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan antara lain:

  • Wallpaper dinding
  • Lem wallpaper
  • Kertas amplas
  • Penggaris
  • Gunting
  • Alat pengukur
  • Kuas
  • Sabun pembersih
  • Ember

2. Mengukur Luas Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding, kamu perlu mengukur luas dinding terlebih dahulu. Dalam mengukur luas dinding, pastikan untuk mengukur dengan akurat agar wallpaper dinding yang dipasang sesuai dengan ukuran dinding.

3. Membersihkan Dinding

Setelah mengukur luas dinding, langkah selanjutnya adalah membersihkan dinding dari debu dan kotoran. Bersihkan dinding dengan menggunakan kain lap basah atau sabun pembersih agar dinding bersih dan lembab.

4. Mengamplas Dinding

Jika dinding memiliki sisa lem atau cat, kamu perlu mengamplasnya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar wallpaper dinding dapat menempel dengan sempurna pada dinding.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Uban dengan Kopi

5. Memotong Wallpaper Dinding

Jika kamu membeli wallpaper dinding dalam ukuran roll, kamu perlu memotongnya sesuai dengan ukuran dinding yang telah diukur sebelumnya. Pastikan untuk memotong wallpaper dinding dengan ukuran yang tepat agar pas dan tidak berlebihan.

6. Melembabkan Wallpaper Dinding

Sebelum memasang wallpaper dinding, kamu perlu melembabkannya terlebih dahulu. Gunakan ember berisi air untuk melembabkan wallpaper dinding selama beberapa menit agar lebih mudah dipasang.

7. Memasang Wallpaper Dinding

Setelah semua persiapan selesai, kamu bisa mulai memasang wallpaper dinding. Oleskan lem wallpaper pada bagian dinding dengan menggunakan kuas, lalu tempelkan wallpaper dinding yang telah dipotong sesuai dengan ukuran dinding yang telah diukur sebelumnya.

8. Menyusun Wallpaper Dinding

Setelah wallpaper dinding dipasang, kamu bisa menyusunnya agar lebih rapi dan terlihat indah. Pastikan tidak ada gelembung udara pada wallpaper dinding dan atur pola wallpaper dinding agar sesuai dengan selera.

9. Finishing Touch

Setelah memasang wallpaper dinding, kamu bisa melakukan finishing touch agar lebih rapi dan indah. Gunakan gunting untuk menyempurnakan pinggiran wallpaper dinding, dan bersihkan wallpaper dinding dengan kain lap bersih agar tampak bersih dan mulus.

Kesimpulan

Demikianlah cara memasang wallpaper dinding yang sudah ada lemnya. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, kamu bisa mengubah tampilan dinding rumahmu menjadi lebih indah dan menarik. Jangan lupa untuk memilih kualitas wallpaper dinding yang baik agar memiliki daya tahan yang baik dan tidak mudah rusak.

Cara Memasang Wallpaper Dinding yang Sudah Ada Lemnya