Cara Mematikan Update Windows 10

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering merasa terganggu dengan notifikasi update Windows 10 yang muncul secara tiba-tiba? Jika iya, maka kamu berada di artikel yang tepat. Di artikel ini, kami akan membahas cara mematikan update Windows 10 agar kamu tidak lagi terganggu.

1. Apa itu Update Windows 10?

Sebelum kita membahas cara mematikan update Windows 10, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu update Windows 10. Update Windows 10 adalah pembaruan sistem operasi yang dikeluarkan oleh Microsoft untuk meningkatkan kinerja, keamanan, dan fitur pada Windows 10. Update ini dilakukan secara otomatis oleh Windows 10.

Sebenarnya update Windows 10 ini sangat penting dilakukan, namun terkadang update ini bisa sangat mengganggu aktivitas kita, terutama jika notifikasi update terus muncul di layar. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk mematikan update Windows 10.

2. Apa Risiko Mematikan Update Windows 10?

Sebelum kita membahas cara mematikan update Windows 10, kita juga perlu mengetahui risiko dari mematikan update ini. Mematikan update Windows 10 bisa berdampak pada keamanan komputer kita. Dengan tidak melakukan update, maka kita akan kehilangan patch-patch keamanan yang dirilis oleh Microsoft. Terkadang, ada juga fitur-fitur terbaru pada update Windows 10 yang bisa membantu meningkatkan kinerja komputer kita.

Namun, jika kamu merasa terganggu dengan update Windows 10 dan ingin mematikannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

3. Cara Mematikan Update Windows 10 secara Otomatis

Langkah pertama untuk mematikan update Windows 10 adalah dengan mengubah pengaturan Windows Update. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Buka Settings Buka menu Settings dari Start menu atau tekan tombol Windows + I pada keyboard.
2. Pilih Update & Security Pilih menu Update & Security pada halaman Settings.
3. Pilih Windows Update Pada halaman Update & Security, pilih menu Windows Update.
4. Pilih Advanced Options Pada halaman Windows Update, pilih menu Advanced Options.
5. Matikan Update Pada menu Advanced Options, ubah pengaturan Choose when updates are installed menjadi Defer Updates atau Pause Updates.

Dengan mengubah pengaturan tersebut, Windows 10 tidak akan lagi melakukan update secara otomatis.

4. Cara Mematikan Update Windows 10 secara Manual

Selain mengubah pengaturan Windows Update, kamu juga bisa mematikan update Windows 10 secara manual. Kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Stop Service Windows Update Klik kanan pada Start menu dan pilih Command Prompt (Admin). Ketik perintah net stop wuauserv dan tekan Enter.
2. Rename Folder Buka File Explorer dan arahkan ke folder C:WindowsSoftwareDistribution. Rename folder SoftwareDistribution menjadi SoftwareDistribution.old.
3. Start Service Windows Update Klik kanan pada Start menu dan pilih Command Prompt (Admin). Ketik perintah net start wuauserv dan tekan Enter.
TRENDING 🔥  Cara Reset HP Xiaomi: Panduan Lengkap dan Praktis

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kamu akan berhasil mematikan update Windows 10 secara manual.

5. FAQ

1. Apakah aman mematikan update Windows 10?

Mematikan update Windows 10 bisa berdampak pada keamanan komputer kita. Dengan tidak melakukan update, kita akan kehilangan patch-patch keamanan yang dirilis oleh Microsoft. Namun, jika kamu merasa terganggu dengan update Windows 10 dan ingin mematikannya, kamu bisa mematikan update secara otomatis atau manual.

2. Apa risiko dari mematikan update Windows 10?

Risiko dari mematikan update Windows 10 adalah kehilangan patch-patch keamanan yang dirilis oleh Microsoft. Terkadang, ada juga fitur-fitur terbaru pada update Windows 10 yang bisa membantu meningkatkan kinerja komputer kita.

3. Apa yang harus dilakukan jika ingin mengaktifkan kembali update Windows 10 yang sudah dimatikan?

Jika kamu ingin mengaktifkan kembali update Windows 10 yang sudah dimatikan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di atas dan mengubah pengaturan Choose when updates are installed menjadi Automatically (recommended). Kemudian, restart komputer kamu.

Demikianlah cara mematikan update Windows 10 agar kamu tidak lagi terganggu dengan notifikasi update yang muncul secara tiba-tiba. Namun, kami menyarankan untuk tetap melakukan update Windows 10 secara berkala untuk menjaga keamanan dan kinerja komputer kamu.

Cara Mematikan Update Windows 10