Cara Membasmi Cicak

>Halo Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel kami yang membahas tentang cara membasmi cicak. Cicak memang serangga yang cukup mengganggu, terutama jika mereka berkeliaran di dalam rumah. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara untuk membasmi cicak dengan mudah dan efektif. Mari kita mulai!

Mengapa Cicak Bisa Mengganggu?

Cicak adalah serangga kecil yang sebenarnya cukup bermanfaat bagi lingkungan sekitar kita. Mereka merupakan predator dari serangga-serangga kecil lainnya yang bisa merusak tanaman atau bahan makanan kita. Namun, ketika cicak mulai berkeliaran di dalam rumah, mereka bisa menjadi sangat mengganggu. Terutama jika mereka terus menerus berbunyi atau bahkan jatuh dari langit-langit.

Untuk itu, kami akan memberikan beberapa cara mudah untuk membasmi cicak dari lingkungan rumah kita.

Cara-Cara Membasmi Cicak

Menggunakan Repellent

Repellent seringkali dipakai untuk mengusir serangga dan hama lain dari lingkungan rumah kita. Ada berbagai jenis repellent yang bisa kita gunakan untuk mengusir cicak dari rumah kita. Salah satunya adalah repellant elektronik yang bisa memancarkan suara ultrasonik yang tidak disukai oleh cicak.

Tapi ada beberapa repellant yang harus diperhatikan ketika digunakan, seperti:

Repellent Bahaya
Baygon Bisa berbahaya jika terhirup
Bangau Bisa menyebabkan iritasi kulit
Cairan kayu putih Tidak cocok untuk kulit sensitif

Membersihkan Tempat Berkumpul Cicak

Cicak sering berkumpul di tempat yang lembab dan gelap seperti di bawah pancuran air, lubang saluran air yang tersumbat, atau tempat lain di dalam rumah yang jarang dibersihkan. Membersihkan tempat-tempat tersebut secara teratur bisa mengurangi jumlah cicak yang berkeliaran di dalam rumah kita.

Menggunakan Jala Serangga

Jala serangga bisa menjadi cara efektif untuk menangkap cicak di dalam rumah. Pastikan jala tersebut cukup besar untuk menampung cicak dewasa, dan jangan lupa untuk mengosongkan jala tersebut secara teratur.

Menggunakan Lem Serangga

Untuk cicak-cicak yang berada di langit-langit, lem serangga bisa menjadi pilihan yang cukup efektif. Tempelkan lem tersebut di atas karton atau potongan kayu yang cukup besar, dan tempelkan di langit-langit. Cicak akan tertarik oleh lem tersebut dan lengket di atas permukaannya.

Menggunakan Cairan Pembersih

Beberapa jenis cairan pembersih seperti cuka atau air perasan jeruk nipis, bisa digunakan untuk membersihkan rumah dan mengusir cicak. Campurkan cairan tersebut dengan air, dan gunakan untuk membersihkan permukaan di dalam rumah kita. Bau dari cuka atau jeruk nipis akan membuat cicak tidak nyaman dan menghindar dari rumah kita.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Mengatasi Pengangguran

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apa yang menyebabkan cicak masuk ke dalam rumah?

Cicak masuk ke dalam rumah karena mereka mencari tempat yang lembab dan gelap untuk berlindung. Mereka juga mencari makanan seperti serangga kecil dan debu.

2. Apakah semua cicak berbahaya?

Tidak semua cicak berbahaya. Cicak adalah predator dari serangga-serangga kecil lainnya yang bisa merusak tanaman atau bahan makanan kita. Namun, jika cicak berkeliaran di dalam rumah, mereka bisa menjadi sangat mengganggu.

3. Apa yang harus dilakukan jika cicak tertelan?

Jika cicak tertelan, biasanya tidak akan berbahaya bagi kesehatan kita. Namun, jika terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal atau sesak napas, segera konsultasikan dengan dokter.

4. Apakah mengusir cicak dengan repellant aman untuk kesehatan manusia?

Mengusir cicak dengan repellant aman jika digunakan dengan benar. Namun, sebaiknya hindari terlalu banyak atau terlalu sering menggunakannya.

5. Apakah cicak bisa menyebabkan penyakit?

Tidak, cicak tidak menyebabkan penyakit. Namun, jika cicak terkontaminasi oleh serangga lain yang membawa penyakit, maka cicak bisa saja menjadi pembawa penyakit tersebut.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mudah dan efektif untuk membasmi cicak dari lingkungan rumah kita. Dengan menjaga kebersihan rumah dan mengikuti tips-tips yang telah kami berikan, diharapkan kita bisa hidup lebih nyaman tanpa kehadiran cicak yang mengganggu.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sohib EditorOnline dan pembaca lainnya. Terima kasih telah membaca!

Cara Membasmi Cicak