Cara Membedakan Jenis Murai

>Hello Sohib EditorOnline, kembali lagi dengan kami di artikel kali ini tentang cara membedakan jenis murai. Murai merupakan salah satu jenis burung kicau yang banyak diincar oleh para penggemar burung. Murai terkenal dengan suaranya yang merdu dan indah. Namun, tidak semua murai memiliki penampilan dan suara yang sama. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membedakan jenis murai agar dapat memilih murai yang sesuai dengan keinginan kita.

1. Membedakan Murai Batu Liar dan Burung Kicau

Murai batu liar (MBL) dan burung kicau memiliki penampilan yang hampir sama. Kedua jenis burung ini memiliki warna bulu yang serupa, yaitu hitam kebiruan dengan pola bintik-bintik putih di bagian bawah. Namun, MBL biasanya lebih besar dan berat dari burung kicau. Selain itu, ciri khas MBL adalah kepala yang besar dan leher yang kuat. Sedangkan burung kicau memiliki ukuran lebih kecil dan cenderung ramping.

Berikut adalah tabel perbedaan antara MBL dan burung kicau:

Murai Batu Liar Burung Kicau
Ukuran besar dan berat Ukuran lebih kecil dan ramping
Kepala besar dan leher kuat Kepala dan leher cenderung kecil
Lebih aktif di alam liar Lebih sering dipelihara sebagai burung hias

FAQ: Apakah MBL dapat dipelihara sebagai burung hias?

MBL jarang dipelihara sebagai burung hias karena mereka lebih aktif di alam liar dan sulit untuk ditangkap. Selain itu, MBL membutuhkan perawatan khusus yang berbeda dengan burung kicau seperti tempat yang lebih besar dan banyak ruang untuk terbang.

2. Mengenali Jenis Murai Berdasarkan Warna Bulu

Salah satu cara untuk membedakan jenis murai adalah melalui warna bulu mereka. Ada beberapa jenis murai yang memiliki warna bulu yang berbeda dan unik. Berikut adalah beberapa jenis murai berdasarkan warna bulu mereka:

a. Murai Batu Medan (MBM)

MBM memiliki warna bulu hitam pekat dengan bagian bawah bulu yang berwarna putih. Di bagian kepala, MBM memiliki pola bintik-bintik putih yang khas. Selain itu, MBM juga memiliki suara kicau yang merdu dan panjang.

b. Murai Batu Nias (MBN)

MBN memiliki warna bulu hitam yang cerah dengan bintik-bintik putih yang terdapat di bagian kepala dan lehernya. Selain itu, MBN juga memiliki suara kicau yang panjang dan merdu.

c. Murai Batu Lampung (MBL)

MBL memiliki warna bulu hitam kebiruan dengan pola bintik-bintik putih yang terdapat di bagian bawah. MBL juga memiliki suara kicau yang panjang dan indah.

d. Murai Batu Ekor Hitam (MBEH)

MBEH memiliki warna bulu hitam kebiruan dengan bagian bawah bulu yang berwarna putih. Ciri khas MBEH adalah ekornya yang hitam dan panjang. Selain itu, MBEH juga memiliki suara kicau yang merdu dan panjang.

Berikut adalah tabel perbedaan antara jenis-jenis murai berdasarkan warna bulu:

Murai Batu Medan Murai Batu Nias Murai Batu Lampung Murai Batu Ekor Hitam
Warna hitam pekat Warna hitam cerah Warna hitam kebiruan Warna hitam kebiruan
Pola bintik-bintik putih di kepala Bintik-bintik putih di kepala dan leher Bintik-bintik putih di bawah Bintik-bintik putih di bawah dan ekor hitam panjang
Suara kicau merdu dan panjang Suara kicau panjang dan merdu Suara kicau panjang dan indah Suara kicau merdu dan panjang
TRENDING 🔥  Cara Mendapatkan Super Crescent Moon Token

FAQ: Apakah ada murai dengan warna bulu yang lain selain hitam?

Ya, ada beberapa jenis murai dengan warna bulu yang berbeda seperti murai jambul kuning dan murai borneo yang memiliki warna bulu cokelat kehitaman.

3. Membedakan Jenis Murai Berdasarkan Suara Kicau

Selain melalui warna bulu, kita juga dapat membedakan jenis murai berdasarkan suara kicau mereka. Setiap jenis murai memiliki suara kicau yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa jenis murai berdasarkan suara kicau mereka:

a. Murai Batu Medan (MBM)

MBM memiliki suara kicau yang panjang dan merdu. Suara kicau MBM cenderung lebih lembut dan halus dibandingkan dengan jenis murai lainnya.

b. Murai Batu Nias (MBN)

MBN memiliki suara kicau yang panjang dan merdu seperti MBM. Namun, suara kicau MBN cenderung lebih nyaring dan terdengar jelas.

c. Murai Batu Lampung (MBL)

MBL memiliki suara kicau yang panjang dan indah. Suara kicau MBL cenderung lebih keras dan energik dibandingkan dengan jenis murai lainnya.

d. Murai Batu Ekor Hitam (MBEH)

MBEH memiliki suara kicau yang merdu seperti jenis murai lainnya. Namun, suara kicau MBEH cenderung lebih serak dan terdengar kasar.

Berikut adalah tabel perbedaan antara jenis-jenis murai berdasarkan suara kicau:

Murai Batu Medan Murai Batu Nias Murai Batu Lampung Murai Batu Ekor Hitam
Suara kicau panjang dan merdu Suara kicau panjang dan nyaring Suara kicau panjang dan energik Suara kicau merdu dan serak

FAQ: Bagaimana cara melatih murai agar memiliki suara kicau yang merdu?

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melatih murai agar memiliki suara kicau yang merdu adalah memberikan makanan yang baik, perawatan yang teratur, dan latihan mengeluarkan suara kicau. Selain itu, memilih murai dengan jenis suara kicau yang sudah bagus juga dapat menjadi pilihan yang tepat.

4. Membedakan Murai Jantan dan Betina

Selain membedakan jenis murai, kita juga dapat membedakan antara murai jantan dan betina. Berikut adalah beberapa ciri-ciri murai jantan dan betina:

a. Murai Jantan

Murai jantan memiliki postur tubuh yang lebih besar dan tegap dibandingkan dengan betina. Selain itu, murai jantan memiliki suara kicau yang lebih panjang dan kuat daripada betina. Pada umumnya, murai jantan memiliki warna bulu yang lebih cerah dan mencolok.

b. Murai Betina

Murai betina memiliki postur tubuh yang lebih kecil dan ramping dibandingkan dengan jantan. Selain itu, murai betina memiliki suara kicau yang lebih pendek dan lembut dibandingkan dengan jantan. Pada umumnya, murai betina memiliki warna bulu yang lebih pudar dan kurang mencolok.

Berikut adalah tabel perbedaan antara murai jantan dan betina:

Murai Jantan Murai Betina
Postur tubuh besar dan tegap Postur tubuh kecil dan ramping
Suara kicau panjang dan kuat Suara kicau pendek dan lembut
Warna bulu lebih cerah dan mencolok Warna bulu lebih pudar dan kurang mencolok

FAQ: Bagaimana cara membedakan murai jantan dan betina pada murai muda?

Pada murai muda, sulit untuk membedakan antara murai jantan dan betina karena belum terbentuk ciri-ciri yang jelas pada tubuh mereka. Namun, beberapa petunjuk yang dapat diperhatikan adalah suara kicau yang keluar dan postur tubuhnya yang cenderung lebih besar jika jantan dan lebih kecil jika betina.

5. Membedakan Jenis Murai Berdasarkan Ukuran Tubuh

Terakhir, kita juga dapat membedakan jenis murai berdasarkan ukuran tubuh mereka. Ada beberapa jenis murai yang memiliki ukuran tubuh yang lebih besar atau kecil. Berikut adalah beberapa jenis murai berdasarkan ukuran tubuh:

a. Murai Batu Medan (MBM)

MBM merupakan jenis murai dengan ukuran tubuh yang paling besar dan berat. MBM dapat mencapai panjang hingga 25 cm dengan berat mencapai 300-400 gram.

b. Murai Batu Nias (MBN)

MBN memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan MBM. MBN dapat mencapai panjang hingga 22 cm dengan berat mencapai 200-300 gram.

c. Murai Batu Lampung (MBL)

MBL memiliki ukuran tubuh yang sedang, tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. MBL dapat mencapai panjang hingga 23 cm dengan berat mencapai 250-300 gram.

TRENDING 🔥  5 Cara Menjaga Kebersihan Tubuh

d. Murai Batu Ekor Hitam (MBEH)

MBEH memiliki ukuran tubuh yang hampir sama dengan MBL. MBEH dapat mencapai panjang hingga 23 cm dengan berat mencapai 250-300 gram.

Berikut adalah tabel perbedaan antara jenis-jenis murai berdasarkan ukuran tubuh:

Murai Batu Medan Murai Batu Nias Murai Batu Lampung Murai Batu Ekor Hitam
Ukuran tubuh paling besar dan berat Ukuran tubuh lebih kecil dibandingkan dengan MBM Ukuran tubuh sedang Ukuran tubuh hampir sama dengan MBL
Panjang hingga 25 cm Panjang hingga 22 cm Panjang hingga 23 cm Panjang hingga 23 cm
Berat mencapai 300-400 gram Berat mencapai 200-300 gram Berat mencapai 250-300 gram Berat mencapai 250-300 gram

FAQ: Apakah ada jenis murai yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil?

Ya, ada beberapa jenis murai yang memiliki ukuran tubuh sangat kecil seperti murai kampung dan murai air.

Kesimpulan

Itu dia beberapa cara untuk membedakan jenis murai. Mulai dari membedakan antara murai batu liar dan burung kicau, mengenali jenis murai berdasarkan warna bulu, suara kicau, jenis kelamin, dan ukuran tubuh. Dengan memahami perbedaan antara jenis murai, kita dapat memilih murai yang sesuai dengan keinginan kita. Semoga informasi ini bermanfaat dan happy birding!

Cara Membedakan Jenis Murai