Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung

>Halo Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah mengalami masalah di mesin cuci Anda? Tidak hanya membersihkan bagian luar mesin cuci, tetapi juga bagian dalamnya juga sangat penting. Mesin cuci 2 tabung sering digunakan di rumah-rumah Indonesia, dan perlu perawatan yang tepat agar tetap dapat berfungsi optimal. Pada kali ini, kami akan membahas tentang cara membersihkan mesin cuci 2 tabung.

1. Kenali komponen mesin cuci 2 tabung

Sebelum membersihkan mesin cuci Anda, Anda harus memahami bagian-bagian dari mesin cuci 2 tabung. Mesin cuci ini memiliki dua tabung, satu untuk mencuci dan yang satu lagi untuk merendam pakaian yang nanti akan dipindahkan ke tabung pencuci. Selain itu, bagian mesin cuci yang lain adalah pompa air, kawat penghubung, dan motor. Anda perlu memahami bagian-bagian ini untuk dapat melaksanakan perawatan secara tepat dan berkala.

1.1 Tabung Pencuci

Merupakan tempat dimana pakaian dicuci. Tabung ini dilengkapi dengan alat pencuci seperti penggosok dan pengaduk. Bagian ini perlu dibersihkan dengan cara yang berbeda dari bagian lain pada mesin cuci 2 tabung. Kami akan membahas tentang cara membersihkan setiap bagian pada mesin cuci 2 tabung.

1.2 Tabung Rendam

Bagian drum kedua memiliki mekanisme penahan dan bilah yang membantu membilas dan merendam pakaian. Terkadang, bagian ini terlupakan pada saat perawatan mesin cuci. Bagian ini juga perlu dibersihkan secara berkala agar tidak rusak.

1.3 Pompa Air

Pompa air pada mesin cuci berfungsi untuk memasok air ke dalam mesin. Terkadang, bagian ini dapat tersumbat, dan menyebabkan mesin cuci tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, perlu dibersihkan secara berkala.

1.4 Kawat Penghubung

Kawat penghubung pada mesin cuci 2 tabung berfungsi untuk menyediakan arus listrik ke mesin cuci. Bagian ini perlu dijaga agar tidak rusak atau terkelupas. Pastikan bagian ini selalu kering dan bersih.

1.5 Motor

Motor mesin cuci adalah bagian keseluruhan yang berfungsi untuk menggerakkan tabung pencuci dan tabung rendam. Bagian ini perlu dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Pastikan kondisi motor selalu kering dan bersih.

2. Cara Membersihkan Tabung Pencuci

Tabung pencuci pada mesin cuci 2 tabung sering terkena kotoran yang tidak terlihat, seperti sisa detergen, serat kain, dan kotoran lainnya. Berikut adalah cara membersihkan tabung pencuci Anda:

2.1 Menggunakan Campuran Air dan Cuka

Cuka adalah bahan yang ampuh untuk membersihkan tabung pencuci. Campurkan 1 bagian cuka dengan 2 bagian air hangat. Taruh campuran tersebut ke dalam tabung pencuci, biarkan selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih.

2.2 Menggunakan Baking Soda

Anda juga dapat membersihkan tabung pencuci dengan baking soda. Campurkan 1/2 cangkir baking soda dengan air hangat dan taruh ke dalam tabung pencuci. Biarkan selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih.

2.3 Menggunakan Lemon

Lemon juga dapat membantu membersihkan tabung pencuci. Iris lemon dan tempelkan ke dalam tabung pencuci. Nyalakan mesin cuci selama 30 menit, dan kemudian bilas dengan air bersih.

TRENDING 🔥  Cara Ubah Word ke PDF di Laptop

2.4 Membersihkan Filter

Sebelum membersihkan bagian dalam mesin cuci, pastikan Anda membersihkan filter terlebih dahulu. Filter mesin cuci terletak di dekat pintu mesin cuci, dan perlu dibersihkan secara rutin.

2.5 Membersihkan Bagian Luar Mesin Cuci

Setelah membersihkan bagian dalam mesin cuci, pastikan Anda juga membersihkan bagian luar mesin cuci. Bersihkan bagian luar mesin cuci dengan kain lembut dan detergen, dan bilas dengan air bersih.

3. Cara Merawat Tabung Rendam

Tabung rendam pada mesin cuci 2 tabung perlu dirawat agar tetap bersih dan tidak rusak. Berikut adalah cara merawat tabung rendam Anda:

3.1 Bersihkan Bagian Luar Tabung Rendam

Bagian luar tabung rendam perlu dibersihkan secara rutin dengan kain lembut dan detergen. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering.

3.2 Bersihkan Bagian Dalam Tabung Rendam

Bagian dalam tabung rendam sering terkena kotoran seperti serat kain dan sisa detergen. Bersihkan bagian dalam tabung rendam dengan campuran air dan detergen, dan bilas dengan air bersih.

3.3 Periksa Bilah di Tabung Rendam

Periksa bilah yang ada di sekitar tabung rendam, apakah ada yang patah atau rusak. Jika ada yang rusak, segera ganti agar tidak menyebabkan kerusakan pada mesin cuci.

4. Cara Merawat Pompa Air

Pompa air pada mesin cuci berfungsi untuk menyuplai air ke dalam mesin cuci. Pastikan pompa air dalam keadaan baik agar mesin cuci tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara merawat pompa air Anda:

4.1 Bersihkan Filter Pompa Air

Filter pompa air pada mesin cuci sering tersumbat oleh kotoran atau serat kain yang lupa dibersihkan. Bersihkan filter pompa air secara rutin agar pompa air bekerja dengan baik.

4.2 Bersihkan Lubang Pengalir Air

Terkadang lubang pengalir air pada pompa air tersumbat oleh serat kain atau kotoran. Bersihkan lubang pengalir air secara berkala agar air dapat mengalir dengan baik.

4.3 Periksa Tabung Sirkulasi

Tabung sirkulasi pada pompa air perlu diperiksa secara berkala agar tidak ada yang rusak dan kotoran tidak menumpuk di dalamnya.

5. Cara Merawat Kawat Penghubung dan Motor

Kawat penghubung dan motor mesin cuci 2 tabung perlu dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Berikut adalah cara merawat kawat penghubung dan motor Anda:

5.1 Pastikan Kawat Penghubung Selalu Kering dan Bersih

Kawat penghubung pada mesin cuci perlu dijaga agar tetap kering dan bersih. Pastikan tidak ada yang terkelupas atau rusak pada kawat penghubung.

5.2 Bersihkan Motor Mesin Cuci

Motor mesin cuci perlu dibersihkan secara rutin agar tetap membantu menggerakkan tabung pencuci dan tabung rendam. Pastikan motor mesin cuci dalam kondisi kering dan bersih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Pertanyaan Jawaban
1. Apakah saya harus membersihkan mesin cuci 2 tabung setiap kali setelah mencuci? Anda tidak perlu membersihkan mesin cuci setiap kali setelah mencuci. Namun, disarankan untuk membersihkan mesin cuci secara berkala agar tetap berfungsi dengan baik.
2. Apakah saya bisa membersihkan mesin cuci dengan campuran air dan deterjen? Tidak disarankan untuk membersihkan mesin cuci dengan campuran air dan detergen. Gunakan bahan-bahan alami seperti cuka atau baking soda untuk membersihkan mesin cuci Anda.
3. Bagaimana saya bisa membersihkan bagian dalam tabung rendam yang sulit dijangkau? Anda bisa menggunakan sikat khusus untuk membersihkan bagian dalam tabung rendam yang sulit dijangkau.
4. Apakah saya bisa membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan air jet? Tidak disarankan untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci dengan air jet karena dapat merusak bagian dalam mesin cuci.
5. Bagaimana saya bisa merawat motor pada mesin cuci? Motor pada mesin cuci perlu dibersihkan secara rutin dan dipastikan selalu kering dan bersih agar tetap berfungsi dengan baik.
TRENDING 🔥  Cara Background Zoom di HP

Itulah cara membersihkan dan merawat mesin cuci 2 tabung yang dapat Anda lakukan. Pastikan Anda melakukan perawatan secara rutin agar mesin cuci tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Cara Membersihkan Mesin Cuci 2 Tabung