Cara Membesarkan Layar Laptop

>Halo Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas cara membesarkan layar laptop. Laptop yang memiliki layar besar tentunya lebih nyaman digunakan untuk berbagai keperluan, baik itu untuk bekerja, menonton film, atau bermain game. Namun, tidak semua laptop memiliki layar yang besar. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui cara membesarkan layar laptop supaya kita bisa mendapatkan pengalaman penggunaan yang lebih nyaman dan menyenangkan.

1. Menggunakan Fitur Scaling pada Windows 10

Windows 10 memiliki fitur scaling yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar tampilan layar pada laptop. Fitur ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada laptop yang memiliki resolusi layar tinggi namun ukuran layar yang kecil. Berikut langkah-langkahnya:

1.1. Klik kanan pada desktop dan pilih Display Settings

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah klik kanan pada desktop dan pilih Display Settings. Kemudian, scroll ke bawah hingga menemukan opsi Scale and Layout dan klik pada pilihan Change the size of text, apps, and other items.

1.2. Pilih Ukuran Tampilan

Pada opsi Change the size of text, apps, and other items, pilih ukuran tampilan yang diinginkan. Terdapat tiga jenis ukuran tampilan yang tersedia, yakni 100%, 125%, dan 150%. Setelah memilih ukuran tampilan, klik pada Apply agar perubahan dapat disimpan.

1.3. Restart Laptop

Setelah mengatur ukuran tampilan pada Windows 10, pastikan untuk me-restart laptop. Hal ini dilakukan agar pengaturan ukuran tampilan dapat diterapkan secara maksimal pada laptop.

1.4. Cek Hasilnya

Setelah laptop selesai di-restart, cek hasilnya pada desktop atau aplikasi yang biasa digunakan. Pastikan ukuran tampilan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan. Jika masih belum puas dengan ukuran tampilan yang dipilih, pengguna dapat mengulang langkah-langkah di atas untuk memilih ukuran tampilan yang lain.

2. Menggunakan Zoom pada Web Browser

Zoom pada web browser merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk membesarkan atau memperkecil tampilan pada halaman web. Fitur ini sering digunakan untuk membaca artikel atau melihat gambar dengan lebih jelas. Berikut langkah-langkah untuk menggunakan Zoom pada web browser:

2.1. Tekan Tombol Ctrl dan Tahan

Untuk menggunakan Zoom pada web browser, tekan tombol Ctrl pada keyboard dan tahan. Kemudian, gunakan tombol scroll pada mouse untuk memperbesar atau memperkecil tampilan pada halaman web. Jika tidak memiliki mouse dengan tombol scroll, pengguna dapat menggunakan tombol + dan – pada keyboard untuk melakukan Zoom.

2.2. Reset Zoom

Jika pengguna ingin mengembalikan tampilan halaman web ke ukuran semula, klik pada tombol Reset Zoom yang biasanya terletak pada pojok kanan bawah pada halaman web.

2.3. Cek Hasilnya

Setelah melakukan Zoom pada web browser, pastikan untuk mengecek hasilnya. Jika tampilan halaman web terlalu kecil atau terlalu besar, pengguna dapat mengulang langkah-langkah di atas untuk melakukan Zoom yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

TRENDING 🔥  Cara Mereset HP Vivo: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

3. Menggunakan Eksternal Monitor

Jika ingin mendapatkan layar yang lebih besar pada laptop, pengguna dapat menggunakan eksternal monitor. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

3.1. Sambungkan Kabel HDMI

Sambungkan kabel HDMI pada port HDMI yang ada pada laptop dan port HDMI yang ada pada eksternal monitor. Jika eksternal monitor tidak memiliki port HDMI, pengguna bisa menggunakan adaptor HDMI agar dapat tersambung pada laptop.

3.2. Pilih Mode Tampilan

Jika kabel HDMI sudah tersambung, pilih mode tampilan pada laptop. Ada beberapa jenis mode tampilan yang bisa dipilih, seperti Duplicate, Extend, dan Second Screen Only. Mode Duplicate akan menampilkan tampilan yang sama pada laptop dan eksternal monitor, sedangkan mode Extend akan memperbesar tampilan laptop pada eksternal monitor. Mode Second Screen Only akan menampilkan tampilan pada eksternal monitor saja.

3.3. Cek Hasilnya

Setelah memilih mode tampilan yang sesuai, cek hasilnya pada eksternal monitor. Pastikan tampilan yang ditampilkan pada eksternal monitor sesuai dengan kebutuhan.

FAQ

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah semua laptop bisa menggunakan fitur scaling pada Windows 10? Tidak semua laptop bisa menggunakan fitur scaling pada Windows 10. Fitur ini hanya tersedia pada laptop yang menggunakan sistem operasi Windows 10 dan memiliki resolusi layar tinggi.
2 Berapa jenis ukuran tampilan yang tersedia pada fitur scaling pada Windows 10? Terdapat tiga jenis ukuran tampilan yang tersedia pada fitur scaling pada Windows 10, yakni 100%, 125%, dan 150%.
3 Bagaimana cara mengembalikan tampilan halaman web ke ukuran semula? Pada web browser, klik pada tombol Reset Zoom yang biasanya terletak pada pojok kanan bawah pada halaman web.
4 Apakah semua eksternal monitor bisa tersambung pada laptop? Tidak semua eksternal monitor bisa tersambung pada laptop karena tergantung pada jenis port yang ada pada laptop dan eksternal monitor. Namun, pengguna bisa menggunakan adaptor untuk menyesuaikan jenis port yang ada pada laptop dan eksternal monitor.

Demikianlah cara membesarkan layar laptop yang bisa Anda lakukan. Setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga dianjurkan untuk memilih cara yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Cara Membesarkan Layar Laptop