Cara Membuat Akun Bisnis di WA

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda ingin mendapatkan peluang bisnis yang lebih luas dengan cara yang mudah dan efektif? Jika iya, maka membuat akun bisnis di WhatsApp (WA) bisa menjadi pilihan yang tepat. WA adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer di Indonesia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif di seluruh dunia. Dengan membuat akun bisnis di WA, Anda bisa terhubung dengan pelanggan potensial Anda dan memperluas jangkauan bisnis Anda dengan mudah.

Apa Itu Akun Bisnis di WA?

Akun bisnis di WA adalah jenis akun yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis. Dengan akun bisnis, Anda bisa menyediakan informasi lengkap tentang bisnis Anda, seperti alamat, jam operasional, portfolio produk atau jasa, dan kontak bisnis yang bisa dihubungi. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur-fitur khusus yang tidak tersedia di akun personal, seperti quick replies, greeting messages, dan automated messages.

Kelebihan dari menggunakan akun bisnis di WA adalah kemampuannya untuk meningkatkan keterlibatan pelanggan dan memperluas jangkauan bisnis Anda. Dengan fitur-fitur yang tersedia di akun bisnis, Anda bisa memastikan pelanggan Anda merasa dihargai dan mendapatkan respon yang cepat dari bisnis Anda.

Cara Membuat Akun Bisnis di WA

Untuk membuat akun bisnis di WA, Anda perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1 Setujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
2 Verifikasi nomor telepon bisnis Anda. Pastikan nomor telepon yang digunakan masih aktif dan bisa dihubungi.
3 Isi profil bisnis Anda dengan informasi lengkap, seperti nama bisnis, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi. Anda juga bisa menambahkan logo dan foto cover untuk menarik perhatian pelanggan.
4 Siapkan pesan sambutan atau greeting message untuk pelanggan yang baru. Pesan ini bisa diedit kapan saja dan akan muncul saat pelanggan menghubungi bisnis Anda untuk pertama kalinya.
5 Menambahkan produk atau jasa yang ditawarkan pada katalog dan menyesuaikan tampilan katalog Anda dengan theme yang tepat
6 Siapkan template pesan untuk memudahkan respon cepat pada customer atau sekedar memberikan informasi pada customer
7 Kirim pesan untuk pelanggan Anda dan buka fitur-fitur khusus seperti quick replies, greeting messages dan automated messages untuk memudahkan bisnis Anda.

1. Persyaratan Untuk Membuat Akun Bisnis di WA

Sebelum membuat akun bisnis di WA, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi terlebih dahulu. Persyaratan-persyaratan tersebut antara lain:

1. Nomor Telepon Bisnis yang Valid

Untuk membuat akun bisnis di WA, Anda membutuhkan nomor telepon bisnis yang masih aktif dan bisa dihubungi. Nomor telepon ini akan digunakan untuk verifikasi akun dan juga akan menjadi kontak yang bisa dihubungi oleh pelanggan Anda. Pastikan nomor telepon yang digunakan benar dan valid, sehingga pelanggan bisa menghubungi Anda dengan mudah.

TRENDING 🔥  Cara Menaikkan Saturasi Oksigen

2. Smartphone yang Mendukung WhatsApp Business

WhatsApp Business hanya bisa diunduh dan diinstal di smartphone tertentu yang mendukung aplikasi ini. Pastikan smartphone yang Anda gunakan mendukung WhatsApp Business sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi ini.

3. Informasi Bisnis yang Lengkap

Sebelum membuat akun bisnis di WA, pastikan Anda sudah memiliki informasi bisnis yang lengkap, seperti nama bisnis, alamat, deskripsi bisnis, dan kontak yang bisa dihubungi. Informasi ini akan ditampilkan di profil bisnis Anda dan akan membantu pelanggan untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis Anda.

4. Koneksi Internet yang Stabil

WhatsApp Business membutuhkan koneksi internet yang stabil untuk bisa berfungsi dengan baik. Pastikan smartphone yang digunakan terhubung ke jaringan internet yang stabil sebelum menggunakan WhatsApp Business.

2. Keuntungan Membuat Akun Bisnis di WA

Membuat akun bisnis di WA memiliki banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

1. Memudahkan Komunikasi dengan Pelanggan

Dengan menggunakan WhatsApp Business, Anda bisa memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Fitur-fitur khusus yang tersedia di aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memberikan respon yang cepat dan akurat pada pelanggan, sehingga pelanggan akan merasa dihargai dan terlayani dengan baik.

2. Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan

Dengan menggunakan fitur-fitur khusus di WhatsApp Business, Anda bisa meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda. Misalnya dengan menggunakan greeting message atau quick replies, pelanggan akan merasa diperhatikan dan semakin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

3. Memperluas Jangkauan Bisnis

Dengan menggunakan WhatsApp Business, bisnis Anda bisa memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas. Pelanggan bisa menemukan bisnis Anda dengan mudah di WhatsApp dan juga bisa membagikan informasi tentang bisnis Anda kepada teman atau keluarga.

3. Fitur-fitur Unggulan di WA Business

WhatsApp Business memiliki fitur-fitur unggulan yang tidak tersedia di aplikasi personal. Beberapa fitur-fitur tersebut antara lain:

1. Quick Replies

Fitur quick replies memungkinkan Anda untuk menyimpan pesan-pesan umum yang sering digunakan dan mengirimkannya dengan cepat pada pelanggan. Misalnya, jika pelanggan sering bertanya tentang harga sebuah produk, Anda bisa menyimpan pesan yang berisi informasi tersebut dan mengirimkannya dengan cepat saat dibutuhkan.

2. Greeting Messages

Greeting messages adalah pesan sambutan yang otomatis dikirimkan kepada pelanggan yang baru menghubungi bisnis Anda. Pesan ini bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan bisa menjadi peluang untuk memberikan pemberitahuan atau informasi mengenai bisnis Anda.

3. Automated Messages

Automated messages adalah pesan yang otomatis dikirimkan sesuai dengan aturan yang sudah ditentukan. Misalnya, jika pelanggan mengirimkan pesan pada malam hari atau saat bisnis sedang tutup, maka pelanggan akan menerima pesan otomatis yang memberitahu bahwa bisnis sedang tutup dan akan segera merespon saat buka kembali.

4. Kesimpulan

Membuat akun bisnis di WA adalah cara yang mudah dan efektif untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan keterlibatan pelanggan pada bisnis Anda. Dengan fitur-fitur khusus yang tersedia di aplikasi ini, Anda bisa memberikan respon yang cepat dan akurat pada pelanggan, memperluas jangkauan bisnis, dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Jika Anda belum memiliki akun bisnis di WA, segera unduh aplikasi WhatsApp Business dan mulai terhubung dengan pelanggan potensial Anda sekarang juga!

FAQ

1. Berapakah Biaya yang Dibutuhkan Untuk Membuat Akun Bisnis di WA?

Membuat akun bisnis di WA tidak memerlukan biaya apapun. Aplikasi WhatsApp Business tersedia secara gratis di Google Play Store dan Apple App Store.

2. Apakah Saya Bisa Menggunakan Akun Sama untuk Personal dan Bisnis?

Anda tidak bisa menggunakan akun yang sama untuk personal dan bisnis di WA. Anda perlu membuat akun bisnis terpisah untuk bisa memanfaatkan fitur-fitur khusus yang tersedia di aplikasi WhatsApp Business.

3. Apakah Pelanggan Saya Perlu Mengunduh Aplikasi WhatsApp Business?

Tidak, pelanggan Anda tidak perlu mengunduh aplikasi WhatsApp Business untuk bisa berkomunikasi dengan bisnis Anda. Mereka bisa menggunakan aplikasi WhatsApp biasa untuk menghubungi bisnis Anda.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sup Matahari

4. Apakah Saya Bisa Menghapus Akun Bisnis di WA?

Ya, Anda bisa menghapus akun bisnis di WA kapan saja jika ingin menghentikan penggunaan akun tersebut. Namun, ingatlah bahwa jika akun bisnis dihapus, semua informasi yang terkait dengan akun tersebut juga akan terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi.

Cara Membuat Akun Bisnis di WA