Cara Membuat Artikel dan Contohnya

>

Cara Membuat Artikel dan Contohnya – Sohib EditorOnline

Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kamu mungkin sedang mencari cara membuat artikel yang baik dan contohnya agar bisa meningkatkan SEO dan peringkat Google. Nah, di artikel ini aku akan memberikan panduan lengkap untuk itu. Yuk, langsung disimak!

Pendahuluan

Sebelum memulai, alangkah baiknya kamu mengetahui apa itu artikel. Artikel adalah tulisan yang dibuat untuk memberikan informasi yang berguna dan bisa dibaca oleh banyak orang. Kebanyakan orang membuat artikel untuk tujuan bisnis atau blogging, namun bisa juga untuk tugas kuliah atau kegiatan lainnya.

Baiklah, kita mulai saja cara membuat artikel yang baik dan contohnya.

Menentukan Topik

Langkah awal dalam membuat artikel adalah menentukan topik yang akan kamu tulis. Pastikan topik tersebut sesuai dengan minatmu atau memiliki relevansi dengan bisnis atau blog yang kamu kelola.

Contohnya, jika kamu memiliki blog tentang travelling, kamu bisa menulis artikel tentang tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Namun, pastikan topik yang kamu pilih sudah tidak terlalu umum atau sudah banyak dibahas orang lain. Cobalah untuk memberikan sudut pandang yang berbeda agar pembaca merasa tertarik dengan apa yang kamu tulis.

Setelah menentukan topik yang akan dijadikan artikel, langkah berikutnya adalah membuat outline atau kerangka tulisan. Hal ini akan membantu kamu dalam mengorganisir ide-ide yang akan dituliskan.

Outline atau Kerangka Tulisan

Outline atau kerangka tulisan adalah suatu gambaran umum tentang isi artikel yang ingin kamu tulis. Dalam pembuatan outline, kamu bisa menentukan struktur tulisan yang sesuai dengan topik yang akan dibahas.

Contohnya, jika topik yang akan kamu tulis adalah tentang tips menghemat uang, kamu bisa membuat outline berdasarkan kategori-kategori seperti tips menghemat uang di supermarket, tips menghemat uang di restoran, tips menghemat uang untuk belanja online, dan sebagainya.

Setelah membuat outline, kamu sudah memiliki gambaran umum tentang isi artikel yang ingin kamu tulis. Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi yang akan dituliskan dalam artikel.

Mengumpulkan Informasi

Langkah selanjutnya adalah mengumpulkan informasi yang akan kamu tulis dalam artikel. Informasi tersebut bisa berupa data, fakta, contoh, atau gambar yang mendukung topik yang akan kamu tulis.

Untuk mengumpulkan informasi, kamu bisa melakukan riset melalui internet, buku, atau wawancara dengan ahli atau narasumber terkait topik yang akan kamu tulis.

Pastikan informasi yang kamu kumpulkan relevan dan bisa dipercaya. Sebelum menggunakan informasi tersebut dalam artikel, pastikan kamu sudah melakukan verifikasi dan validasi terlebih dahulu.

Membuat Judul yang Menarik

Judul yang menarik adalah hal yang penting dalam membuat artikel. Judul yang baik akan membuat pembaca tertarik dan ingin membaca seluruh isi artikel.

Contohnya, jika kamu menulis artikel tentang tips menghemat uang, judul yang menarik bisa seperti “5 Tips Menghemat Uang Secara Efektif untuk Generasi Millennial”.

Pastikan judul yang kamu buat singkat, jelas, menarik, dan sesuai dengan isi artikel. Selain itu, gunakan keyword yang relevan agar artikel dapat ditemukan oleh mesin pencari.

Membuat Pengantar

Pengantar atau intro adalah bagian awal artikel yang berfungsi untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas dan menarik minat pembaca untuk terus membaca. Pengantar yang baik akan membuat pembaca tertarik dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang isi artikel.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Menghormati dan Menghargai Hak Orang Lain

Dalam membuat pengantar, kamu bisa menggunakan kalimat yang singkat, padat, menarik, dan menggambarkan topik yang akan dibahas.

Contoh

Salam semua! Sudahkah kamu menghemat uang hari ini? Di era digital seperti sekarang, gaya hidup yang serba konsumtif kadang-kadang membuat kita kehilangan kendali dalam pengeluaran. Nah, di artikel ini aku akan memberikan 5 tips menghemat uang secara efektif untuk generasi Millennial. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

Menulis Isi Artikel

Setelah menentukan topik, membuat outline, mengumpulkan informasi, membuat judul dan pengantar, langkah selanjutnya adalah menulis isi artikel.

Isi artikel haruslah jelas, padat, dan mudah dipahami oleh pembaca. Pastikan artikel memiliki struktur yang jelas dan mudah diikuti. Gunakan kalimat yang singkat dan mudah dipahami agar pembaca tidak merasa bosan saat membaca artikel.

Contoh Artikel

Berikut ini adalah contoh artikel tentang tips menghemat uang:

5 Tips Menghemat Uang Secara Efektif untuk Generasi Millennial

Salam semua! Sudahkah kamu menghemat uang hari ini? Di era digital seperti sekarang, gaya hidup yang serba konsumtif kadang-kadang membuat kita kehilangan kendali dalam pengeluaran. Nah, di artikel ini aku akan memberikan 5 tips menghemat uang secara efektif untuk generasi Millennial. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Aplikasi Keuangan

Salah satu cara untuk menghemat uang adalah dengan menggunakan aplikasi keuangan. Aplikasi keuangan bisa membantumu dalam melakukan pengaturan keuangan secara lebih efektif dan teratur. Kamu bisa mencoba aplikasi seperti Money Lover, Finansialku, atau Mobills.

2. Belanja di E-commerce

Belanja di e-commerce bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang. Kamu bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh e-commerce atau mencari diskon khusus untuk produk yang kamu butuhkan.

3. Menggunakan Transportasi Publik

Menggunakan transportasi publik bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang. Kamu bisa mencari informasi tentang rute dan jadwal transportasi publik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan promo-promo yang ditawarkan oleh operator transportasi

4. Menabung di Bank Syariah

Menabung di bank syariah bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menghemat uang. Bank syariah memiliki produk simpanan yang memberikan keuntungan lebih dari pada bank konvensional. Selain itu, kamu juga mendapat keuntungan berupa pahala dari Allah SWT.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan tubuh juga bisa menjadi cara yang efektif untuk menghemat uang. Dengan menjaga kesehatan tubuh, kamu bisa menghindari biaya pengobatan yang mahal. Kamu bisa melakukan olahraga secara teratur, makan makanan yang sehat, dan istirahat yang cukup.

Nah, itu dia 5 tips menghemat uang secara efektif untuk generasi Millennial. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu. Jangan lupa untuk terus mengikuti artikel-artikel menarik lainnya di blog ini.

FAQ

Question Answer
1. Apa itu artikel? Artikel adalah tulisan yang dibuat untuk memberikan informasi yang berguna dan bisa dibaca oleh banyak orang.
2. Apa saja langkah-langkah dalam membuat artikel? Langkah-langkah dalam membuat artikel antara lain menentukan topik, membuat outline, mengumpulkan informasi, membuat judul dan pengantar, menulis isi artikel, dan melakukan editing dan proofreading.
3. Apa yang harus diperhatikan dalam membuat judul artikel? Judul artikel harus singkat, jelas, menarik, sesuai dengan isi artikel, dan menggunakan keyword yang relevan.
4. Apa itu pengantar atau intro? Pengantar atau intro adalah bagian awal artikel yang berfungsi untuk memperkenalkan topik yang akan dibahas dan menarik minat pembaca untuk terus membaca.
5. Apa yang harus diperhatikan dalam menulis isi artikel? Isi artikel harus jelas, padat, mudah dipahami, memiliki struktur yang jelas, dan mengikuti outline yang sudah dibuat sebelumnya.
TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Menjaga Keutuhan NKRI

Cara Membuat Artikel dan Contohnya