Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara membuat bakso ayam dengan bantuan blender. Bakso ayam adalah salah satu jenis bakso yang terbuat dari daging ayam yang lembut dan kenyal. Proses membuatnya memang tidak terlalu sulit, apalagi dengan bantuan blender, prosesnya menjadi lebih mudah dan cepat. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan bakso, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang diperlukan:

Bahan Jumlah
Daging ayam 500 gram
Tepung sagu 100 gram
Tepung terigu 50 gram
Bawang putih, haluskan 3 siung
Tepung maizena 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Gula pasir 1 sendok teh
Kecap manis 1 sendok makan
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Minyak goreng secukupnya

Setelah semua bahan siap, langkah selanjutnya adalah mengolah bahan-bahan tersebut menjadi bakso ayam yang lezat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Membuat Bakso Ayam dengan Blender

Langkah 1: Cuci Daging Ayam

Bersihkan daging ayam terlebih dahulu dengan air mengalir. Setelah itu, potong daging ayam kecil-kecil agar mudah di-blender.

Langkah 2: Blender Daging Ayam

Setelah potongan daging ayam siap, letakkan dalam blender dan blender hingga halus. Pastikan blender yang digunakan dalam keadaan bersih dan kering, agar hasil blenderan tidak terkontaminasi.

Langkah 3: Tambahkan Bahan Tepung dan Bumbu

Selanjutnya, tambahkan tepung sagu, tepung terigu, bawang putih yang telah dihaluskan, tepung maizena, garam, gula pasir, kecap manis, dan merica bubuk ke dalam daging ayam yang sudah halus. Blender lagi hingga semua bahan tercampur rata.

Langkah 4: Uleni Adonan Bakso

Sesudah adonan tercampur rata, uleni adonan hingga adonan bakso menjadi kenyal. Jika dirasa adonan masih terlalu cair, bisa ditambahkan tepung sagu sedikit-sedikit hingga adonan kalis dan mudah dibentuk.

Langkah 5: Bentuk Adonan Menjadi Bakso

Setelah adonan kalis dan kenyal, ambil sejumput adonan lalu bentuk menjadi bola-bola kecil atau sesuai selera. Cara ini dapat dilakukan dengan bantuan sendok atau tangan.

Langkah 6: Rebus Bakso Ayam

Langkah terakhir adalah merebus bakso ayam yang telah dibentuk pada air mendidih hingga matang dan terapung. Tuangkan minyak goreng secukupnya agar bakso tidak lengket satu sama lain saat direbus.

TRENDING 🔥  Cara Melacak KTP yang Hilang

FAQ tentang Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender

1. Apakah bisa menggunakan daging ayam fillet?

Bisa, namun sebaiknya gunakan daging ayam yang memiliki sedikit lemak agar hasil baksonya lebih kenyal.

2. Apakah tepung sagu bisa diganti dengan tepung tapioka?

Bisa, karena keduanya memiliki bahan dasar yang sama. Namun, rasanya sedikit berbeda.

3. Bisakah adonan bakso disimpan di dalam kulkas?

Bisa, simpan adonan dalam wadah tertutup di dalam kulkas agar lebih awet. Biasanya adonan bisa bertahan hingga 2-3 hari dalam kulkas.

4. Apakah bisa membuat bakso ayam tanpa blender?

Bisa, namun prosesnya lebih lama dan melelahkan. Biasanya daging ayam dihaluskan dengan menggunakan alat penghalus daging atau pisau.

5. Bisakah menggunakan blender yang biasa digunakan untuk membuat jus?

Bisa, namun pastikan blender tersebut dalam keadaan bersih dan kering agar hasil bakso tidak terkontaminasi dengan bahan lain.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat bakso ayam dengan blender yang mudah dan cepat. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan proses yang simpel, kamu bisa mencoba membuat bakso ayam sendiri di rumah. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu dan rempah yang sesuai dengan selera, agar bakso yang dihasilkan semakin lezat dan nikmat.

Cara Membuat Bakso Ayam dengan Blender