Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Kental

>Halo Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas bagaimana cara membuat bubur kacang hijau kental yang enak dan lezat. Bubur kacang hijau merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang banyak disukai karena rasanya yang manis dan lembut. Selain itu, bubur kacang hijau juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes. Untuk itu, mari kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat bubur kacang hijau kental, kita membutuhkan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan Jumlah
Kacang hijau 250 gram
Gula pasir 150 gram
Santan kental 500 ml
Garam 1/4 sendok teh
Air 1 liter

Pastikan semua bahan yang digunakan sudah tersedia. Selanjutnya, kita akan mulai membuat bubur kacang hijau kental.

Langkah-langkah Membuat Bubur Kacang Hijau Kental

1. Mencuci dan Merendam Kacang Hijau

Langkah pertama dalam membuat bubur kacang hijau kental adalah mencuci kacang hijau dengan bersih. Setelah itu, rendam kacang hijau dalam air selama minimal 2 jam atau hingga kacang hijau mengembang dan empuk.

2. Merebus Kacang Hijau

Setelah kacang hijau direndam, masak kacang hijau dalam air bersih hingga empuk dan matang. Perhatikan agar air tidak terlalu banyak atau kacang hijau akan terlalu encer. Setelah matang, tiriskan kacang hijau dan sisihkan.

3. Membuat Kuah Santan

Masak santan bersama gula pasir dan garam hingga mendidih. Setelah itu, kecilkan api dan masak hingga santan matang dan melekat. Jangan lupa terus diaduk agar tidak gosong.

4. Menghaluskan Kacang Hijau

Masukkan kacang hijau yang sudah matang ke dalam blender. Tambahkan sedikit air dan blender hingga halus. Setelah itu, saring kacang hijau yang sudah dihaluskan agar tidak ada serat yang tersisa.

5. Mencampurkan Kuah Santan dan Kacang Hijau

Masukkan kacang hijau yang sudah dihaluskan ke dalam kuah santan. Aduk rata dan masak hingga bubur kacang hijau kental dan matang. Pastikan terus diaduk agar tidak gosong dan tidak menggumpal.

Tips Membuat Bubur Kacang Hijau Kental yang Enak

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan agar bubur kacang hijau kental yang kita buat menjadi lebih enak dan lezat:

1. Gunakan Kacang Hijau yang Berkualitas

Pilih kacang hijau yang bagus dan berkualitas untuk menghasilkan bubur kacang hijau yang enak. Pastikan kacang hijau yang dipilih tidak terlalu tua atau terlalu muda.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Panu dengan Minyak Kayu Putih

2. Cicipi dan Sesuaikan Rasa

Sebelum matang, cicipi bubur kacang hijau terlebih dahulu dan sesuaikan rasa sesuai dengan selera. Jika terlalu manis, tambahkan sedikit garam. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air.

3. Jangan Biarkan Santan Mendidih Terlalu Lama

Pastikan santan tidak terlalu lama mendidih agar tidak pecah atau terpisah dari kacang hijau. Campurkan santan ke dalam kacang hijau ketika masih panas agar keduanya bisa melebur dengan sempurna.

4. Tambahkan Topping Sesuai Keinginan

Untuk membuat bubur kacang hijau kental yang lebih lezat, tambahkan topping seperti kelapa parut atau biji selasih. Topping bisa kita sesuaikan dengan selera dan keinginan kita.

FAQ (Frequently Asked Questions)

Apa Manfaat dari Bubur Kacang Hijau?

Bubur kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan, seperti serat, kalium, protein, vitamin B, dan magnesium. Konsumsi bubur kacang hijau secara teratur dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, hingga kanker.

Apakah Bubur Kacang Hijau Aman untuk Dikonsumsi Setiap Hari?

Ya, bubur kacang hijau aman untuk dikonsumsi setiap hari. Namun, perlu diingat bahwa konsumsi bubur kacang hijau yang terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan karena mengandung banyak gula.

Bisakah Bubur Kacang Hijau Disimpan di Kulkas?

Ya, bubur kacang hijau bisa disimpan di kulkas selama 1-2 hari. Simpan dalam wadah tertutup dan jangan lupa panaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi kembali.

Apakah Saya Harus Menggunakan Blender untuk Menghaluskan Kacang Hijau?

Tidak, Anda juga bisa menghaluskan kacang hijau secara manual dengan menggosokkan kacang hijau yang sudah matang di antara telapak tangan. Namun, blender akan menghasilkan bubur kacang hijau yang lebih halus dan lembut.

Bisakah Saya Menggunakan Santan Cair?

Ya, Anda bisa menggunakan santan cair untuk membuat bubur kacang hijau. Namun, konsistensi bubur kacang hijau cenderung lebih encer dibandingkan menggunakan santan kental.

Demikian cara membuat bubur kacang hijau kental yang enak dan lezat. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin membuat bubur kacang hijau di rumah.

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Kental