Cara Membuat Cheese Cream

>Hello Sohib EditorOnline, siapa yang tidak suka dengan kelezatan dari cream cheese yang ringan dan gurih? Cheese cream sering digunakan sebagai topping pada kue, roti, atau bahkan minuman. Namun, tidak semua orang tahu cara membuat cheese cream yang enak dan lembut. Kebanyakan orang berpikir bahwa cara membuat cheese cream itu sulit dan memakan waktu, padahal sebenarnya tidak. Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana cara membuat cheese cream yang enak dengan langkah yang mudah diikuti.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda memiliki alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cheese cream. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat yang Dibutuhkan Bahan yang Dibutuhkan
Mixer listrik 250 gram cream cheese
Mangkuk besar 125 ml whipping cream
Whisk 75 gram gula pasir
Spatula 1/2 sendok teh vanilla extract
Loaf pan 1/2 sendok teh air jeruk nipis

Pastikan bahwa alat dan bahan yang Anda gunakan telah bersih dan steril.

2. Langkah Pertama: Mempersiapkan Cream Cheese

Langkah pertama dalam membuat cheese cream adalah mempersiapkan cream cheese. Ambil 250 gram cream cheese dan letakkan di dalam mangkuk besar. Biarkan cream cheese agak lunak pada suhu ruangan selama sekitar 30-60 menit sebelum digunakan.

Setelah cream cheese agak lunak, gunakan mixer listrik untuk mengocok cream cheese selama sekitar 1-2 menit pada kecepatan rendah. Setelah itu, tingkatkan kecepatan mixer menjadi sedang dan kocok selama sekitar 2-3 menit hingga cream cheese menjadi lembut dan halus.

Selanjutnya, tambahkan 75 gram gula pasir ke dalam mangkuk mixer dengan cream cheese yang sudah dikocok halus. Kocok selama 1-2 menit hingga gula tercampur rata dengan cream cheese.

3. Langkah Kedua: Membuat Whipping Cream

Setelah cream cheese siap, saatnya membuat whipping cream. Ambil 125 ml whipping cream dan tambahkan ke dalam mangkuk mixer yang baru. Kocok whipping cream menggunakan mixer listrik pada kecepatan sedang hingga cream menjadi kaku dan membentuk puncak yang lembut. Jangan terlalu lama mengocok agar whipping cream tidak terlalu kaku dan terlalu padat.

4. Langkah Ketiga: Menggabungkan Cream Cheese dan Whipping Cream

Selanjutnya, tuangkan cream cheese yang sudah dicampur dengan gula ke dalam mangkuk yang berisi whipping cream. Gunakan spatula untuk mengaduk kedua bahan tersebut hingga tercampur rata. Aduk perlahan dengan gerakan memutar dari bawah ke atas untuk menghindari kehilangan kaku dan volume dari whipping cream.

5. Langkah Keempat: Menambahkan Vanilla Extract dan Air Jeruk Nipis

Tambahkan 1/2 sendok teh vanilla extract dan 1/2 sendok teh air jeruk nipis ke dalam adonan cheese cream. Vanilla extract akan menambahkan aroma dan rasa yang lezat, sementara air jeruk nipis akan memberikan rasa yang segar dan menghilangkan rasa terlalu manis.

6. Langkah Kelima: Mengaduk dengan Lembut

Aduk cheese cream dengan gerakan memutar perlahan dari bawah ke atas hingga semua bahan tercampur rata. Pastikan tidak mengocok terlalu keras agar cheese cream tidak kehilangan kaku dan teksturnya yang lembut.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Page di Word

7. Langkah Keenam: Menyimpan Cheese Cream

Saat cheese cream sudah tercampur rata, tuangkan ke dalam loaf pan dan ratakan permukaannya dengan spatula. Tutup dengan plastik wrap dan simpan di dalam kulkas selama minimal 2 jam atau sampai cheese cream mengeras.

8. Cara Menggunakan Cheese Cream

Setelah cheese cream sudah mengeras, Anda dapat menggunakan cheese cream sebagai topping pada kue atau roti. Anda juga dapat menambahkan cheese cream pada minuman seperti kopi atau teh untuk menambahkan rasa yang lezat. Cheese cream juga dapat dijadikan filling atau lapisan pada kue atau roti.

9. FAQ: Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

1. Apakah Saya Bisa Menggunakan Cream Cheese yang Sudah Dicampur dengan Topping?

Tidak disarankan untuk menggunakan cream cheese yang sudah dicampur dengan topping seperti buah-buahan atau cokelat karena dapat mempengaruhi tekstur dan rasa dari cheese cream yang dibuat. Gunakan cream cheese yang polos dan berkualitas baik untuk hasil yang maksimal.

2. Haruskah Saya Menggunakan Mixer Listrik?

Anda dapat mengocok cream cheese dan whipping cream secara manual menggunakan whisk, namun mengocok dengan mixer listrik akan lebih cepat dan efektif. Mixer listrik juga dapat menghasilkan kaku dan tekstur yang lebih baik daripada mengocok secara manual.

3. Bisakah Saya Mengganti Sugar dengan Bahan Pengganti Gula?

Anda dapat mengganti gula pasir dengan bahan pengganti gula seperti stevia atau xylitol, namun rasanya mungkin sedikit berbeda dari aslinya.

4. Berapa Lama Cheese Cream Dapat Disimpan?

Anda dapat menyimpan cheese cream di dalam kulkas selama 3-4 hari. Setelah itu, cheese cream mungkin akan mulai kehilangan kekuatan dan teksturnya yang lembut.

5. Bisakah Saya Membuat Cheese Cream Tanpa Whipping Cream?

Tidak disarankan untuk membuat cheese cream tanpa whipping cream karena whipping cream memberikan kaku dan tekstur yang penting untuk cheese cream. Jika Anda tidak memiliki whipping cream, maka lebih baik menunda membuat cheese cream daripada membuat dengan bahan yang kurang lengkap.

10. Tips dalam Membuat Cheese Cream

Berikut adalah beberapa tips dalam membuat cheese cream yang enak dan lembut:

1. Gunakan cream cheese berkualitas baik. Pilih cream cheese yang berkualitas baik agar hasil cheese cream yang dihasilkan lebih maksimal.

2. Pastikan whipping cream dalam keadaan dingin. Whipping cream harus dalam keadaan dingin sebelum digunakan untuk memastikan kaku dan teksturnya yang membentuk puncak yang lembut.

3. Jangan terlalu lama mengocok whipping cream. Mengocok whipping cream terlalu lama dapat membuatnya kaku dan terlalu padat.

4. Jangan terlalu lama mengocok cream cheese. Mengocok cream cheese terlalu lama dapat membuat cheese cream kehilangan kekakuan dan teksturnya yang lembut.

5. Tambahkan vanilla extract dan air jeruk nipis secara perlahan. Pastikan untuk menambahkan vanilla extract dan air jeruk nipis secara perlahan dan aduk dengan lembut agar tidak kehilangan kaku dan teksturnya yang lembut.

11. Variasi Cheese Cream

Tersedia banyak variasi cheese cream yang bisa Anda coba. Berikut adalah beberapa variasi cheese cream yang populer:

1. Cheese Cream dengan Matcha: Tambahkan 1-2 sendok teh bubuk matcha ke dalam adonan cheese cream untuk menambahkan aroma dan rasa matcha yang lezat.

2. Cheese Cream dengan Buah-Buahan: Tambahkan potongan buah seperti stroberi atau blueberry ke dalam adonan cheese cream untuk menambahkan rasa dan tekstur buah-buahan pada cheese cream.

3. Cheese Cream dengan Cokelat: Tambahkan 50 gram cokelat yang sudah dilelehkan ke dalam adonan cheese cream untuk menambahkan rasa dan aroma cokelat yang lezat.

TRENDING 🔥  Cara Minum Susu Beruang untuk Asam Lambung

12. Kesimpulan

Bagaimana cara membuat cheese cream? Membuat cheese cream sebenarnya mudah dan tidak memakan waktu. Dalam artikel ini, Anda telah mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan dalam membuat cheese cream yang enak dan lembut. Dari mempersiapkan cream cheese, membuat whipping cream, menggabungkan kedua bahan tersebut, hingga menambahkan vanilla extract dan air jeruk nipis, semuanya dijelaskan secara detail dalam artikel ini. Jangan lupa untuk menyimpan cheese cream di dalam kulkas selama minimal 2 jam atau sampai cheese cream mengeras sebelum digunakan sebagai topping pada kue, roti, atau bahkan minuman. Selamat mencoba!

Cara Membuat Cheese Cream