Cara Membuat Cimol Goreng

>Hello Sohib EditorOnline, we are excited to share with you our recipe for the delicious and crispy cimol goreng. Cimol goreng is a popular snack in Indonesia, especially in the West Java region. It is made by frying small dough balls made of tapioca flour and served with a spicy dipping sauce. In this article, we will walk you through the step-by-step process to make this crunchy snack at home. Let’s get started!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses membuat cimol goreng, pastikan semua bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tersedia. Berikut adalah daftar bahan-bahan yang dibutuhkan:

Daftar Bahan-Bahan Jumlah
Tepung tapioka 250 gram
Bawang putih, haluskan 2 siung
Bawang merah, haluskan 2 siung
Ketumbar, bubuk 1 sendok teh
Garam 1 sendok teh
Air 150 ml
Minyak untuk menggoreng Sesuai kebutuhan

Pastikan bahan-bahan telah terukur dengan baik sehingga proses membuat cimol goreng dapat berjalan dengan lancar. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah 1: Membuat Adonan Cimol

Langkah pertama adalah membuat adonan cimol. Campurkan tepung tapioka, bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk-aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Selanjutnya, tuangkan air sedikit-sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket. Pastikan adonan tidak terlalu lembek atau terlalu kering. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit.

Langkah 2: Membentuk Cimol

Setelah adonan istirahat, ambil sejumput adonan dan bulatkan seperti bola kecil dengan diameter sekitar 2-3 cm. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis. Jika adonan masih terlalu lengket, taburi sedikit tepung tapioka pada tangan sebelum membentuk adonan.

Langkah 3: Menggoreng Cimol

Panaskan minyak dalam wajan dengan api medium hingga cukup panas. Masukkan cimol satu per satu ke dalam wajan dan goreng hingga kecokelatan. Setelah itu, angkat cimol dan tiriskan minyak yang berlebih.

Setelah semua cimol digoreng, cimol goreng siap disajikan. Cimol goreng biasanya disajikan dengan saus pedas, namun Anda juga dapat membuat saus sesuai selera.

FAQ

Apa penyebab adonan menjadi terlalu lembek?

Penyebab adonan menjadi terlalu lembek mungkin karena terlalu banyak air yang ditambahkan. Pastikan untuk menambahkan air sedikit-sedikit dan adonan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Menulis CV yang Tepat dan Efektif

Apakah cimol harus disimpan dalam kulkas?

Tidak perlu menyimpan cimol di dalam kulkas. Cimol dapat disimpan dalam wadah kedap udara atau dalam kantong plastik di tempat yang sejuk dan kering.

Bagaimana cara membuat saus pedas?

Untuk membuat saus pedas, campurkan cabe rawit, bawang putih, gula, garam, dan air dalam blender. Haluskan hingga semua bahan tercampur rata. Saus pedas siap disajikan bersama cimol goreng.

Itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat cimol goreng yang gurih dan renyah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Cimol Goreng