Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu sering merasa kesulitan dalam membuat daftar riwayat hidup? Apalagi jika harus diwajibkan untuk membuatnya dengan tulisan tangan. Tidak perlu khawatir, karena artikel ini akan memberikan tips dan cara mudah untuk membuat daftar riwayat hidup tulis tangan. Simak terus ya!

Apa itu Daftar Riwayat Hidup?

Sebelum masuk ke cara membuat daftar riwayat hidup, kita akan membahas terlebih dahulu apa itu daftar riwayat hidup atau biasa disebut dengan CV (Curriculum Vitae). Daftar riwayat hidup adalah dokumen yang berisi tentang sejarah hidup, pendidikan, pengalaman kerja, dan keterampilan seseorang. CV ini biasanya dibutuhkan saat kita melamar pekerjaan.

FAQ: Apakah Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan Masih Dibutuhkan?

Pertanyaan Jawaban
Apakah daftar riwayat hidup tulis tangan masih dibutuhkan? Iya, daftar riwayat hidup tulis tangan masih dibutuhkan dalam beberapa perusahaan yang mewajibkan calon karyawan untuk mengirimkan CV dalam bentuk tulisan tangan.
Apakah daftar riwayat hidup yang ditulis tangan lebih baik dari yang dibuat dengan komputer? Tidak ada yang lebih baik atau buruk. Semuanya tergantung dari perusahaan yang menerima aplikasi kerja. Ada perusahaan yang lebih menyukai CV yang ditulis tangan, ada juga yang lebih menyukai CV dalam bentuk digital.

Langkah-Langkah Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan

1. Persiapkan Alat Tulis yang Bagus

Langkah pertama dalam membuat daftar riwayat hidup adalah menyiapkan alat tulis yang bagus. Pastikan pensil atau bolpoin yang kamu gunakan tidak mudah pudar dan tinta tidak mudah luntur.

2. Tentukan Format Daftar Riwayat Hidup

Setelah alat tulis yang bagus sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah menentukan format daftar riwayat hidup. Ada banyak format yang bisa kamu pilih, seperti kronologis, fungsional, atau kombinasi antara keduanya.

3. Awali dengan Identitas Diri

Awali daftar riwayat hidup dengan identitas diri, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Pastikan tulisanmu mudah dibaca dan jelas.

4. Tuliskan Pendidikanmu

Setelah identitas diri, tuliskan riwayat pendidikanmu. Tuliskan mulai dari pendidikan terakhir yang kamu raih hingga yang pertama. Jangan lupa untuk mencantumkan tahun lulus dan nama institusi pendidikan.

5. Jelaskan Pengalaman Kerjamu

Setelah pendidikan, kamu dapat menuliskan pengalaman kerjamu. Jangan lupa untuk mencantumkan nama perusahaan, jabatan yang diemban, dan tahun bekerja. Jangan lupa juga untuk menjelaskan tugas dan tanggung jawab di setiap pekerjaanmu.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

6. Tuliskan Keterampilan yang Dimiliki

Terakhir, tuliskan keterampilan yang kamu miliki. Keterampilan yang dimaksud tidak hanya berkaitan dengan pekerjaanmu sebelumnya, tetapi juga kemampuan lain yang bisa mendukung pekerjaanmu di masa depan.

Tips Menulis Daftar Riwayat Hidup yang Baik

1. Jangan Membuat Daftar Riwayat Hidup Terlalu Panjang

Usahakan untuk membuat CV yang tidak terlalu panjang. Pastikan semua informasi yang kamu tuliskan relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

2. Gunakan Bahasa Yang Jelas dan Mudah Dipahami

Hindari penggunaan bahasa yang sulit dipahami atau istilah teknis yang sulit dimengerti.

3. Perhatikan Tampilan CV

CV yang rapi dan mudah dibaca akan lebih menarik perhatian para perekrut. Gunakan font yang mudah dibaca dan perhatikan jarak antar paragraf.

4. Selalu Berikan Informasi yang Terbaru

Pastikan CV yang kamu buat selalu diupdate dengan informasi yang terbaru. Jangan lupa untuk mencantumkan prestasi atau penghargaan terbaru yang kamu dapatkan.

5. Persiapkan Lebih dari Satu Format CV

Sebelum mengirimkan CVmu, persiapkan CV dalam beberapa format. Misalnya CV dalam bentuk digital dan tulisan tangan. Hal ini akan memudahkanmu saat melamar pekerjaan pada perusahaan yang menerima CV dalam format tertentu.

Kesimpulan

Membuat daftar riwayat hidup tulis tangan memang memerlukan kesabaran dan ketelitian. Namun, dengan tips dan cara yang telah disebutkan di atas, kamu dapat menghasilkan CV yang rapi dan mudah dibaca. Ingat selalu untuk menyesuaikan CV dengan pekerjaan yang kamu lamar dan tetap update dengan informasi terbaru. Semoga sukses dalam melamar pekerjaan!

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Tulis Tangan