Cara Membuat Dapus dari Web

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah mendengar tentang dapus? Dapus merupakan sistem yang dapat digunakan untuk mengambil data dari sebuah website dengan cara otomatis. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat dapus dari web dengan 20 langkah mudah.

1. Mempersiapkan Alat-alat yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat dapus, pastikan Anda sudah menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Beberapa alat yang harus disiapkan adalah:

Alat Keterangan
Komputer/Laptop Sebuah komputer atau laptop yang dapat digunakan untuk menjalankan program dapus.
Program Dapus Program dapus dapat diunduh secara gratis di website tertentu.
Text Editor Text editor digunakan untuk menulis kode program.

2. Menyiapkan Website yang akan di-dapus

Langkah kedua adalah menyiapkan website yang akan diambil datanya. Pastikan website tersebut dapat diakses secara publik dan memiliki data yang dapat diambil. Sebagai contoh, kita akan menggunakan website www.example.com.

3. Membuat Struktur Kode HTML

Setelah menyiapkan website, langkah selanjutnya adalah membuat struktur kode HTML untuk dapus. Struktur ini akan digunakan untuk menentukan elemen apa saja yang akan diambil datanya. Berikut adalah contoh struktur kode HTML yang dapat digunakan:

<html><head><title>Judul Halaman</title></head><body><div class="container"><!-- Isi Halaman --></div></body></html>

4. Menentukan URL Website

Setelah membuat struktur kode HTML, langkah selanjutnya adalah menentukan URL website yang akan diambil datanya. Misalnya, kita akan mengambil data dari halaman https://www.example.com/produk.

5. Membuat Koneksi ke Website

Jangan lupa untuk membuat koneksi ke website yang akan diambil datanya. Cara ini dapat dilakukan dengan menggunakan HTTP request. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsurl = 'https://www.example.com/produk'response = requests.get(url)print(response)

6. Membuat Loop untuk Menelusuri Halaman

Jika halaman yang akan diambil datanya memiliki lebih dari satu halaman, maka dibutuhkan sebuah loop untuk menelusuri halaman tersebut. Berikut adalah contoh loop yang dapat digunakan:

import requestsfor page in range(1, 6):url = 'https://www.example.com/produk?page=' + str(page)response = requests.get(url)print(response)

7. Menentukan Elemen yang akan Diambil Data

Setelah koneksi berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah menentukan elemen yang akan diambil datanya. Elemen ini dapat ditentukan dengan menggunakan CSS selector atau XPath. Berikut adalah contoh code yang dapat digunakan:

import requestsfrom bs4 import BeautifulSoupurl = 'https://www.example.com/produk'response = requests.get(url)soup = BeautifulSoup(response.content, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')print(results)

8. Menentukan Data yang akan Diambil

Setelah menentukan elemen yang akan diambil datanya, langkah selanjutnya adalah menentukan data yang akan diambil dari elemen tersebut. Misalnya, kita akan mengambil judul produk, harga produk, dan gambar produk. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsfrom bs4 import BeautifulSoupurl = 'https://www.example.com/produk'response = requests.get(url)soup = BeautifulSoup(response.content, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']print(judul, harga, gambar)

9. Menyimpan Data ke Database

Setelah mengambil data, langkah selanjutnya adalah menyimpan data tersebut ke database. Database dapat digunakan untuk menyimpan data dengan lebih teratur dan mudah diakses. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsfrom bs4 import BeautifulSoupimport sqlite3conn = sqlite3.connect('produk.db')c = conn.cursor()c.execute('''CREATE TABLE produk(judul text, harga text, gambar text)''')url = 'https://www.example.com/produk'response = requests.get(url)soup = BeautifulSoup(response.content, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']c.execute("INSERT INTO produk VALUES (?, ?, ?)", (judul, harga, gambar))conn.commit()conn.close()

10. Menampilkan Data dari Database

Setelah menyimpan data ke database, kita dapat menampilkan data tersebut dengan menggunakan program Python. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import sqlite3conn = sqlite3.connect('produk.db')c = conn.cursor()for row in c.execute('SELECT * FROM produk'):print(row)conn.close()

11. Menambahkan Fitur Scraping Otomatis

Agar scraping dapat dilakukan secara otomatis, maka dibutuhkan sebuah program yang dapat dijalankan pada interval tertentu. Misalnya, program dapat dijalankan setiap 24 jam sekali. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import timeimport scheduledef job():# Kode scrapingschedule.every(24).hours.do(job)while True:schedule.run_pending()time.sleep(1)

12. Menambahkan Fitur Notifikasi

Jika terdapat perubahan pada data yang diambil, maka kita dapat menambahkan fitur notifikasi. Notifikasi dapat dikirim ke email atau media sosial tertentu. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import smtplibdef send_email():from_address = 'email@example.com'to_address = 'receiver@example.com'subject = 'Notifikasi Perubahan Data'body = 'Data terbaru sudah tersedia. Silahkan cek database.'server = smtplib.SMTP('smtp.gmail.com', 587)server.starttls()server.login(from_address, 'password')message = 'Subject: {}nn{}'.format(subject, body)server.sendmail(from_address, to_address, message)server.quit()# Kode scrapingsend_email()

13. Menggunakan API untuk Mendapatkan Data

Scraping bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan data dari website. Dalam beberapa kasus, website tersebut menyediakan API yang dapat digunakan untuk mendapatkan data. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsurl = 'https://api.example.com/produk'response = requests.get(url)print(response.json())

14. Menentukan Parameter Request API

Jika API memiliki parameter, maka kita harus menentukan parameter tersebut dalam request API. Parameter dapat digunakan untuk menentukan filter pada data yang dihasilkan. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsurl = 'https://api.example.com/produk?kategori=makanan'response = requests.get(url)print(response.json())

15. Menyimpan Data dari API ke Database

Sama seperti saat melakukan scraping, kita dapat menyimpan data dari API ke database. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsimport sqlite3conn = sqlite3.connect('produk.db')c = conn.cursor()c.execute('''CREATE TABLE produk(judul text, harga text, gambar text)''')url = 'https://api.example.com/produk'response = requests.get(url)for produk in response.json():judul = produk['judul']harga = produk['harga']gambar = produk['gambar']c.execute("INSERT INTO produk VALUES (?, ?, ?)", (judul, harga, gambar))conn.commit()conn.close()

16. Menampilkan Data dari API

Sama seperti saat menampilkan data dari scraping, kita dapat menampilkan data dari API dengan menggunakan program Python. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsurl = 'https://api.example.com/produk'response = requests.get(url)for produk in response.json():print(produk)

17. Menambahkan Fitur Scraping untuk Website yang Memerlukan Login

Tidak semua website dapat diakses secara publik. Beberapa website memerlukan login terlebih dahulu sebelum bisa diakses. Untuk scraping website seperti ini, kita harus menambahkan fitur login pada program yang akan kita buat. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsfrom bs4 import BeautifulSouppayload = {'username': 'username','password': 'password'}session = requests.Session()login_url = 'https://www.example.com/login'session.post(login_url, data=payload)url = 'https://www.example.com/produk'response = session.get(url)soup = BeautifulSoup(response.content, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']print(judul, harga, gambar)

18. Menyimpan Data dari Website yang Memerlukan Login ke Database

Sama seperti saat melakukan scraping pada website yang dapat diakses secara publik, kita dapat menyimpan data dari website yang memerlukan login ke database. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

import requestsfrom bs4 import BeautifulSoupimport sqlite3payload = {'username': 'username','password': 'password'}conn = sqlite3.connect('produk.db')c = conn.cursor()c.execute('''CREATE TABLE produk(judul text, harga text, gambar text)''')session = requests.Session()login_url = 'https://www.example.com/login'session.post(login_url, data=payload)url = 'https://www.example.com/produk'response = session.get(url)soup = BeautifulSoup(response.content, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']c.execute("INSERT INTO produk VALUES (?, ?, ?)", (judul, harga, gambar))conn.commit()conn.close()

19. Menambahkan Fitur Scraping dengan Selenium

Jika website yang akan di-scraping dilengkapi dengan JavaScript, maka kita harus menggunakan Selenium untuk melakukan scraping. Selenium adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi browser. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

from selenium import webdriverfrom bs4 import BeautifulSoupdriver = webdriver.Chrome('chromedriver.exe')url = 'https://www.example.com/produk'driver.get(url)soup = BeautifulSoup(driver.page_source, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']print(judul, harga, gambar)driver.quit()

20. Menyimpan Data dari Selenium ke Database

Sama seperti saat melakukan scraping pada website yang bisa diakses secara publik, kita dapat menyimpan data dari Selenium ke database. Berikut adalah contoh kode yang dapat digunakan:

from selenium import webdriverfrom bs4 import BeautifulSoupimport sqlite3driver = webdriver.Chrome('chromedriver.exe')conn = sqlite3.connect('produk.db')c = conn.cursor()c.execute('''CREATE TABLE produk(judul text, harga text, gambar text)''')url = 'https://www.example.com/produk'driver.get(url)soup = BeautifulSoup(driver.page_source, 'html.parser')results = soup.select('div.container > ul > li')for result in results:judul = result.select_one('h3.judul').textharga = result.select_one('span.harga').textgambar = result.select_one('img.gambar')['src']c.execute("INSERT INTO produk VALUES (?, ?, ?)", (judul, harga, gambar))conn.commit()conn.close()driver.quit()

FAQ

Apa itu dapus? Dapus adalah sistem yang dapat digunakan untuk mengambil data dari sebuah website secara otomatis.
Alat-alat apa saja yang dibutuhkan untuk membuat dapus? Beberapa alat yang harus disiapkan adalah computer/laptop, program dapus, dan text editor.
Bagaimana cara menyiapkan website untuk diambil datanya? Pastikan website tersebut dapat diakses secara publik dan memiliki data yang dapat diambil.
Bagaimana cara menentukan elemen yang akan diambil datanya? Elemen ini dapat ditentukan dengan menggunakan CSS selector atau XPath.
Bag

Cara Membuat Dapus dari Web

TRENDING 🔥  Jelaskan Cara Mencari Kata Kunci Dalam Sebuah Paragraf