Cara Membuat Gorengan Tempe

>Hello Sohib EditorOnline! Siapa yang tidak suka gorengan tempe? Gorengan tempe adalah salah satu makanan ringan populer di Indonesia. Memiliki rasa yang enak, mudah dibuat dan ekonomis. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat gorengan tempe yang lezat dan renyah. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Bahan-bahan

Pertama-tama, persiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Anda siapkan:

Bahan Jumlah
Tempe 250 gram
Tepung terigu 200 gram
Bawang putih 2 siung
Bawang merah 2 siung
Merica bubuk 1/2 sendok teh
Garam 1/2 sendok teh
Air 200 ml
Minyak goreng secukupnya

Pastikan semua bahan yang Anda gunakan sudah terkumpul dan siap digunakan.

2. Potong-potong Tempe

Selanjutnya, potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil. Potongan tempe sebaiknya memilik ketebalan kurang lebih 1 cm. Setelah dipotong, letakkan tempe di wadah dan sisihkan.

3. Haluskan Bawang Putih dan Bawang Merah

Bawang putih dan bawang merah harus dihaluskan terlebih dahulu sebelum digunakan. Anda dapat menggunakan blender atau cobek untuk menghaluskannya. Jangan terlalu halus karena kita ingin bawang putih dan bawang merah tetap terasa saat menggoreng gorengan tempe. Setelah dihaluskan, sisihkan.

4. Campurkan Tepung Terigu, Bumbu dan Air

Ambil mangkuk besar, campurkan tepung terigu, merica bubuk, dan garam. Aduk hingga rata. Kemudian, tambahkan bawang putih dan bawang merah yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung terigu. Setelah itu, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga adonan terlihat kental dan merata.

5. Celup Tempe ke dalam Adonan Tepung

Dalam adonan tepung terigu yang sudah dibuat, celupkan potongan tempe satu per satu. Pastikan setiap sisi tempe terbalut dengan adonan tepung secara merata.

6. Goreng Tempe dalam Minyak Panas

Setelah adonan tepung melekat pada tempe, goreng tempe dalam minyak panas. Pastikan minyak sudah panas sebelum menggoreng tempe. Goreng tempe hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

7. Sajikan Gorengan Tempe

Setelah selesai digoreng, angkat tempe dan tiriskan minyak. Tempatkan gorengan tempe di atas wadah tisu agar menghilangkan minyak berlebih. Gorengan tempe siap disajikan.

FAQ

1. Apa itu tempe?

Tempe adalah makanan yang terbuat dari kedelai yang diolah dengan teknik fermentasi. Tempe kaya akan protein, serat, dan berbagai nutrisi penting lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Bayi Sungsang Usia 7 Bulan

2. Apakah gorengan tempe sehat?

Gorengan tempe mengandung banyak kalori dan lemak, sehingga sebaiknya Anda mengonsumsinya secara terbatas. Tapi, gorengan tempe adalah alternatif yang lebih sehat dibandingkan dengan gorengan dan camilan yang lain karena kandungan protein dan serat yang tinggi pada tempe.

3. Apakah cara membuat gorengan tempe ini sulit dilakukan?

Tidak, cara membuat gorengan tempe ini cukup mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan sedikit kesabaran dan keahlian dalam menggoreng agar gorengan tempe Anda merata dan sempurna.

4. Dapatkah saya menggunakan tepung beras sebagai pengganti tepung terigu?

Tentu saja. Tepung beras dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam beberapa resep gorengan tempe. Namun, perlu diingat bahwa adonan dengan tepung beras mungkin akan terasa lebih kriuk dan berbeda dari gorengan tempe yang biasanya.

5. Bagaimana jika saya ingin menambahkan bahan lain pada gorengan tempe?

Tentu saja. Anda dapat menambahkan bahan lain seperti daun bawang atau cabai rawit untuk menambah rasa dan aroma pada gorengan tempe. Namun, pastikan bahan tambahan tersebut tidak membuat gorengan tempe menjadi terlalu asin atau pedas.

Mudah bukan cara membuat gorengan tempe? Silakan coba resep ini di rumah dan nikmati gorengan tempe yang lezat dan renyah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Gorengan Tempe